Fungsi Organ Kerongkongan dan Lambung Pada Sistem Pencernaan Manusia

- Penulis

Rabu, 24 Januari 2024 - 14:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

organ tenggorokan

organ tenggorokan

Kembali lagi untuk melanjutkan materi tentang sistem pencernaan manusia yang mana pada artikel yang telah terbit sebelumnya telah membahas tentang cara mudah memahami sistem organ pencernaan manusia yang pertama yaitu mulut. Di dalam mulut terdapat tiga hal utama yang berperan dalam proses pencernaan makanan manusia, yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivalis). Ketiga komponen dasar tersebut menjadikan organ utama mulut sebagai awal mula sistem pencernaan manusia karena di dalam sistem pencernaan terjadi baik proses pencernaan yaitu proses mekanis dan proses kimia.

Tentu saja hal ini sangat mudah untuk dipahami karena merupakan hal yang utama dalam mempelajari sistem pencernaan. Oleh karena itu, yuk kita pelajari selanjutnya tentang organ tubuh manusia yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan manusia. Kali ini agar pembahasan materi ini dapat tersampaikan secara ringkas dan jelas tanpa mengurangi materinya, sekedar mempersingkat jangka waktunya saja, jika di sekolah cukup membahas dua organ yang juga merupakan bagian utama dari proses pencernaan. Organ kedua dan ketiga ini merupakan kelanjutan dari organ utama mulut.

Organ kedua yang akan dimasukkan dalam pembahasan materi biologi kelas XI adalah kerongkongan dan lambung, mungkin terdengar cukup familiar, namun

kenapa harus dibahas lagi? Sekali lagi ini merupakan penyampaian edukasi yang bertujuan untuk mempelajari atau sekedar mengulas materi yang terlupakan di sekolah dengan mudah dan sederhana melalui media online.

Baca Juga :  Karakteristik Negara Anggota ASEAN (Thailand)

Rangkuman Pendapat Para Ahli Mengenai Fungsi Kerongkongan dan Lambung.

1. Kerongkongan

Kerongkongan adalah tabung tipis dan panjangnya berkisar sekitar 25 cm. Kerongkongan berfungsi sebagai jalur masuknya gumpalan makanan (bolus) dari mulut ke lambung. Bagian dalam esofagus selalu basah dengan cairan yang diproduksi oleh kelenjar di esofagus untuk menjaga bolus tetap basah dan licin. Keadaan ini akan memudahkan bolus bergerak melalui esofagus menuju lambung. Pergerakan bolus dari mulut ke lambung melalui esofagus merupakan suatu gaya atau gerakan peristaltik pada otot-otot dinding esofagus. Gerakan peristaltik dapat terjadi akibat kontraksi otot-otot dinding esofagus secara bergantian pada lapisan otot yang tersusun memanjang dan melingkar.

organ tenggorokan

Dengan gerakan peristaltik yang terjadi akibat kontraksi otot-otot di kerongkongan, makanan akan mudah terdorong ke dalam lambung.

2. Lambung

Lambung atau ventrikulus merupakan suatu kantong besar yang terletak di sebelah kiri rongga perut. Lambung terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian jantung (bagian atas), bagian tengah yang membulat (fundus), dan bagian bawah (pilorus). Dengan adanya bagian-bagian tersebut tentunya akan menjadikan lambung mempunyai fungsi yang besar karena dengan tersusunnya ketiga bagian tersebut maka masing-masing bagian akan menjalankan tugasnya masing-masing.

organ lambung

Di lambung terjadi pencernaan mekanis dan kimiawi. Pencernaan mekanis terjadi karena adanya kontraksi otot lambung yang mengakibatkan gumpalan atau bolus makanan tercampur dan diaduk rata sehingga menjadi bubur (chyme). Sementara itu, pencernaan kimiawi terjadi dengan bantuan cairan lambung. Getah ini dihasilkan oleh kelenjar yang terletak di dinding lambung di bawah fundus.

Baca Juga :  RPP dan Silabus Terbaru ada di Blog Kherysuryawan

Cairan lambung ini dapat diproduksi karena adanya rangsangan bolus saat masuk ke lambung. Sari lambung mengandung berbagai zat seperti berikut ini:
A) Asam lambung (HCl) yang fungsinya membunuh bakteri yang terdapat pada makanan, mengubah sifat protein, merangsang pelepasan sekretin, merangsang pelepasan hormon kolesistokinin yang merangsang empedu mengeluarkan getahnya dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
B) Enzim pepsin berfungsi memecah protein menjadi pepton
C) Enzim renin berfungsi untuk mengaktifkan kaseinogen menjadi kasein
D) Hormon gastrin yang berfungsi sebagai stimulan sekresi getah lambung.

Sekian pembahasan singkat untuk kelanjutannya sistem pencernaan pada manusia. Pada postingan selanjutnya akan diberikan pembahasan lain mengenai sistem pencernaan manusia tingkat lanjut yang berkaitan dengan usus halus dan usus besar, dalam konteks sistem pencernaan makanan manusia yang berfungsi menyerap sari makanan dari sumber makanan yang dikonsumsi manusia.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB