PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Fungsi Tulang Pengumpil : Pengertian, Bentuk, Letak, Jumlah dan Struktur Tulang Pengumpil Pada Manusia

Fungsi Tulang Pengumpil : Pengertian, Bentuk, Letak, Jumlah dan Struktur Tulang Pengumpil Pada Manusia

Tulang Pengumpil

Fungsi Tulang Kolektor (Radius Bone) – Apa yang dimaksud dengan tulang sendi? Apa fungsi tulang pergelangan tangan dan pergelangan tangan? Di manakah letak tulang belahan dada?

Baca Juga: Fungsi Tulang Kering

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian kolitis secara lengkap, bentuk, letak, fungsi dan bagian-bagian kolitisnya.


Isi

bersembunyi

1
Definisi tulang akumulator

2
Fungsi Tulang Tabrakan

2.1
Sebagai Tempat Penempelan Otot

2.2
Mendukung Lengan Bawah

2.3
Kelola Berbagai Gerakan Tangan Bawah

2.4
Mengatur Gerakan Siku

3
Struktur Bagian Tulang Kolom

3.1
Tulang Lutut Atas

3.2
Bagian dari Tulang Batang

3.3
Tepi Poros Tulang Vertex

Definisi tulang akumulator

Tulang crumple atau tulang radius merupakan tulang panjang atau tulang berbentuk tabung yang menyusun bagian lengan bawah yang menghubungkan siku dengan tangan pada sisi ibu jari. Jumlah sendi pada manusia ada dua, dengan satu tulang pada masing-masing lengan.

Letak tulang ulna berada di sisi lateral tulang hasta (ulna). Bentuk tubuh bagian bawah menjadi lebih besar yang kemudian membentuk sendi pergelangan tangan.


Tulang ulna merupakan salah satu jenis tulang yang berbentuk batang dan memiliki dua ujung yang lebih pendek dari tulang ulna.

Ujung atas humerus berartikulasi dengan humerus pada sendi siku dan humerus pada sendi radioulnar superior. Ujung bawah tulang belakang berartikulasi dengan tulang skafoid dan tulang bulan sabit serta ulna pada sendi radioulnar inferior.


Pada ujung atas tulang akumulator terdapat bagian yang sangat khas yang disebut caput radii (kepala radius), yaitu tonjolan tulang yang berbentuk bulat. Permukaan kepala akan berartikulasi dengan kapitulum tulang lengan atas. Di sekitar kepala itu akan berartikulasi dengan ulna. Di dekat kepala terdapat struktur kasar yang disebut tuberositas radial.

Badan ulna mempunyai tepi interoseus yang tajam (yang menghadap ulna).

Di ujung bawah terdapat tonjolan distal proses styloid. Pada permukaan posterior terdapat struktur kasar kecil yang disebut tuberkel punggung.

Pusat osifikasi utama tulang akumulator terdapat satu, yaitu di bagian tengah batang, biasanya muncul sekitar minggu ke-8 pada janin. Sedangkan pusat osifikasi sekunder rahang bawah terdapat dua, yaitu satu di ujung distal (muncul sekitar 2 tahun) dan satu lagi di ujung proksimal (muncul sekitar 5 tahun). Semua pusat ini bergabung pada usia 20 tahun.


Tulang pembelahan ini berhubungan dengan tulang lengan atas, tulang hasta, tulang skafoid, dan tulang bulan sabit.

Baca Juga: Fungsi Tulang Selangka (Klavikula)

Di bagian dalam tulang pusar terdapat sumsum tulang. Tulang hasta terletak sejajar dengan tulang hasta. Namun tulang rahang bawah sejajar dengan jari kelingking. Ulna dan ulna menempel pada tulang humerus dengan sendi siku.

Fungsi Tulang Tabrakan

Fungsi tulang sendi pergelangan tangan antara lain:

Sebagai Tempat Penempelan Otot

Tulang belahan merupakan tempat melekatnya otot, dimana otot tersebut membantu memberikan kekuatan pada tulang belahan dan tulang pergelangan tangan untuk bergerak dan menggenggam benda.

Mendukung Lengan Bawah

Lengan bawah juga membantu memberikan kekuatan pada lengan bawah sehingga mampu menopang beban tubuh utama saat bergerak.

Kelola Berbagai Gerakan Tangan Bawah

Selain memberikan kekuatan, lengan bawah juga berperan membantu pergerakan lengan bawah agar dapat bergerak lebih mudah dan leluasa.

Mengatur Gerakan Siku

Kolitis juga mengatur berbagai gerakan siku agar bisa bergerak lebih leluasa.

Struktur Bagian Tulang Kolom

Struktur tulang akumulator terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu bagian paling atas, batang dan bagian bawah.

Baca juga: Fungsi Tulang Belikat

Tulang Lutut Atas

Bagian paling atas dari humerus terdiri dari kepala, leher, dan tuberositas radial.

Kepala tersusun atas tulang-tulang yang membentuk cakram yang ditutupi oleh tulang rawan hialin. Bagian kepala ini merupakan penghubung seluruh kapitulum, sehingga menimbulkan sambungan humero radial yang menghubungkan tulang humerus dan tulang lengan atas. Struktur kepala sangat halus dan terhubung ke tulang hasta dan dikelilingi oleh ligamen annular.

Leher adalah bagian sempit yang berada tepat di bawah kepala dan diapit oleh ligamen annular. Sedangkan tuberositas radial merupakan bagian posterior yang menutupi bagian anterior polos dan memisahkannya dengan otot tendon bisep.

Bagian dari Tulang Batang

Batang tulang kolator yang panjang dan berbentuk cembung memanjang antara ujung atas dan bawah. Bagian ini meluas ke ujung distal dan membentuk bentuk cekung pada bagian distal. Batangnya terdiri dari tiga tepi dan tiga permukaan.

Tepi Poros Tulang Vertex

Daerah tepi batang anterior termasuk dalam bagian bawah anterolateral tuberositas radial menuju bagian lateral bawah styloid. Tepi atas tepi anterior membentuk garis miring anterior pada tepi lateral permukaan anterior.

Daerah tepi poros posterior terletak di sepertiga tengah panjang batang humerus. Sisi atas tepi posterior mengarah ke atas atau ke arah tuberositas radial dan membentuk garis miring.

Daerah tepi medial (interoseus) batang merupakan bagian paling tajam dari tepi batang coltus. Bagian ini tersusun dari panjang poros hingga tuberositas radial. Bagian bawahnya berbatasan dengan area segitiga di ujung bawah tulang. Di tepi medial ini, membran interoseus terhubung dengan 3/4 bagian bawah.

Baca Juga : Fungsi Sangkar Tulang Rusuk

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian kolitis lengkap, bentuk, letak, fungsi dan bagian-bagian kolitis. semoga bermanfaat


Comment
Share:

Ad