PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB): Pengertian, Penerapan, Rumus, Contoh Soal & Pembahasan

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB): Pengertian, Penerapan, Rumus, Contoh Soal & Pembahasan

Gerak Lurus Berubah Beraturan GLBB Pengertian Penerapan Rumus Contoh Soal

Dalam kondisi sehari-hari, umumnya benda seperti kendaraan akan bergerak menurut prinsip Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Ini karena ketika kendaraan bergerak di jalan tidak mungkin berada pada kecepatan konstan sepanjang waktu. Kendaraan akan mengalami kecepatan sesaat.

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda atau partikel yang mempunyai kecepatan berubah beraturan dan melalui lintasan lurus. Contoh gerak benda yang termasuk Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak benda yang jatuh dari ketinggian tertentu.

Selain gerak benda jatuh dari ketinggian tertentu, gerak pesawat saat landing atau take off juga termasuk dalam jenis Alternating Straight Motion (GLBB). Dalam GLBB ada dua ciri utama yang harus dipahami yaitu melalui lintasan lurus dan kecepatan berubah secara teratur.

Agar kecepatan berubah secara teratur, komponen Percepatan (a) terlibat dalam Gerak Lurus Berubah (GLBB). Agar besaran kecepatan benda yang bergerak berubah secara teratur, berarti percepatan benda harus konstan.

Jika dibuat dalam bentuk grafik, maka kecepatan gerak GLBB dapat digambarkan dalam grafik kertas ketikan seperti gambar di bawah ini.

Gerak Lurus Berubah Beraturan GLBB Pengertian Penerapan Rumus Contoh Soal
Gambar 1. Grafik kecepatan terhadap waktu pada GLBB

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Pada mata kuliah Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) terdapat beberapa komponen yang penting untuk dihitung yaitu rumus kecepatan sesaat, jarak yang ditempuh benda dan percepatan benda.

A. Kecepatan Sesaat

Pada pokok bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diketahui bahwa hubungan antara percepatan dan juga kecepatan sesaat suatu benda dapat digambarkan dalam suatu grafik seperti pada Gambar 2. di bawah ini.

1687531349 760 Gerak Lurus Berubah Beraturan GLBB Pengertian Penerapan Rumus Contoh Soal
Gambar 2. Grafik Percepatan Benda terhadap Waktu di GLBB

Dari Gambar 2 dapat dirumuskan kecepatan sesaat suatu benda dimana luas kurva (yang diarsir) adalah perubahan kecepatan benda tersebut. Jadi jika diketahui kecepatan awal benda adalah v0, maka kelajuan sesaat benda pada waktu t akan memenuhi persamaan berikut:

v = v0 + Δv
v = v0 + luas daerah yang diarsir
v = v0 + a . T

Informasi:

t = interval waktu (s)
v = kecepatan sesaat (m/s)
v0 = kecepatan awal (m/s)
a = percepatan benda bergerak (m/s²)

B. Jarak tempuh objek

Hubungan antara jarak yang ditempuh benda dengan percepatan dan kelajuan benda pada Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dapat ditentukan dengan melihat luas daerah yang dibatasi oleh kurva kecepatan (v) dan waktu
mejakelas.com

Comment
Share:

Ad