Guru Honorer yang Belum Masuk Dapodik Apa Bisa Daftar PPPK Guru 2024? Ini Penjelasannya

- Penulis

Kamis, 4 Juli 2024 - 11:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai guru honorer yang belum masuk Dapodik apa bisa daftar PPPK Guru 2024?

Adapun, pertanyaan apakah guru honorer yang belum masuk Dapodik bisa ikut PPPK 2024? Pertanyaan tersebut pada saat ini sering ditanyakan, terlebih lagi oleh para guru honorer. Menjawab pertanyaan tersebut, PUSAT DAPODIK akan memberikan informasinya bagi Anda para guru honorer. Yuk langsung saja simak penjelasannya lengkapnya bawah ini.

Apakah Guru yang Belum Masuk Dapodik Bisa Ikut PPPK 2024?

Saat ini tersedia 3 jenis PPPK, diantaranya ada PPPK guru, tenaga kesehatan, dan PPPK tenaga teknis. Khusus bagi guru, ada 4 golongan yang tidak bisa mendaftar PPPK. Adapun, dalam keempat golongan ini dapat menjawab pertanyaan terkait apakah guru yang belum masuk Dapodik bisa ikut PPPK.

Langsung saja, simak golongan yang tidak bisa mendaftar PPPK 2024 berikut ini. Penjelasan dibawah ini tertuang secara resmi dalam Permenpan RB Nomor 28 tahun 2021.

1. Tidak Terdaftar di Dapodik

Sebagai guru, Anda berhak untuk masuk ke Dapodik. Hal ini sangat penting karena salah satu persyaratan untuk bisa mendaftar PPPK adalah terdaftar di Dapodik. Jika guru honorer belum masuk Dapodik, maka sangat disayangkan guru tersebut tidak bisa ikut seleksi PPPK 2024. Hal ini secara resmi di atur dalam PermenpanRB nomor 20 Tahun 2022 pasal 5 ayat 1.

2. Tidak Memiliki Serdik

Poin pertama di atas tidak akan berlaku jika guru honorer mempunyai serdik atau sertifikat pendidik. Dengan maksud lain, meskipun tidak terdaftar di Dapodik, asalkan guru tersebut punya serdik, maka Anda bisa mengikuti seleksi PPPK 2024.

Jika tidak, maka guru honorer akan masuk ke dalam kategori tidak bisa daftar PPPK. Hal ini tentunya memunculkan pertanyaan terutama bagi para fresh graduate, lalu bagaimana agar dapat mendaftar PPPK? Nah, adapun jawabannya adalah para fresh graduate dapat mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

Baca Juga :  Catat! Pendaftaran Program Praktisi Mengajar Segera Dibuka

3. Tidak Mempunyai Ijazah S1 atau D4

Golongan yang tidak dapat mendaftar PPPK berikutnya adalah guru yang tidak mempunyai ijazah minimal S1 atau D4.

4. Telah Lolos Seleksi PPPK 2022 dan Mengundurkan Diri

Seleksi PPPK diadakan dengan serius untuk dapat memperbaiki kesejahteraan guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis lainnya. Jadi, saat Anda dinyatakan lolos di tahun 2022 namun mengundurkan diri dengan alasan apapun, maka secara otomatis Anda akan gagal dalam mengikuti seleksi PPPK 2024 dan tahun-tahun berikutnya.

Manfaat Guru Honorer Masuk Dapodik 2024

Sejak seleksi PPPK 2022, pemerintah secara resmi sudah mensyaratkan agar guru honorer terdaftar di Dapodik supaya bisa mengikuti seleksinya. Oleh sebab itu, untuk seleksi PPPK guru 2024 nanti dipastikan syarat tersebut juga masih berlaku.

Jangan sampai peluang untuk ikut serta dalam seleksi PPPK hangus hanya karena belum terdaftar di Dapodik. Mungkin ada banyak guru yang masih belum paham sebenarnya apa saja keuntungan masuk sistem ini. Berikut ini merupakan pemjelasannya secara rinci.

1. Mendapatkan Berbagai Tunjangan

Saat sudah masuk Dapodik, guru mempunyai peluang untuk mendapatkan tunjangan yang tidak didapatkan oleh guru honorer, seperti insentif tugas di daerah khusus, subsidi gaji dari BSU, sampai dengan tunjangan fungsional.

2. Bisa Ikut Program PPG Guru Dalam Jabatan

Bisa ikut serta dalam program PPG dan bertemu bersama rekan guru dari berbagai daerah tentunya menjadi suatu privilese. Selain menambah ilmu juga dapat menambah kenalan sehingga nantinya dapat berdiskusi terkait cara mengajar sampai dengan materi pengajaran bersama. Nah, program PPG dalam jabatan ini hanya dapat diikuti oleh guru yang sudah terdaftar di Dapodik.

Baca Juga :  Hanya Ada 3 SMA Terbaik di Banjarnegara Menurut LTMPT, Waduh SMA 1 Bawang Cuma Nomor 3, Juaranya Malah SMA Ini

3. Dapat Mendaftar Seleksi PPPK Guru

Bagi para guru honorer, diangkat menjadi ASN tentunya menjadi impian. Nah, untuk bisa mengikuti seleksi PPPK guru setiap tahunnya, guru honorer harus sudah terdaftar di Dapodik atau dalam database BKN.

4. Gaji Lebih Besar

Salah satu apresiasi kepada karyawan tentunya adalah pemberian gaji yang layak dan cukup sesuai dengan kinerja. Nah, apakah Anda tahu bahwa gaji guru honorer diambil dari dana BOS yang hanya maksimal sebesar 15% (sekolah negeri) dan 30% (sekolah swasta) saja dari total dana yang telah diberikan kepada sekolah.

Sedangkan gaji guru honorer yang masuk di Dapodik akan meningkat yakni maksimal 50% dari total dana BOS yang ada.

5. Tercatat di Info GTK

Guru honorer yang telah terdaftar di Dapodik nantinya akan secara otomatis tercatat dalam Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sehingga nantinya dapat mengajukan Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan (NUPTK). Dengan begitu, guru honorer dapat mengikuti PPG dalam jabatan.

6. Kompetensi Meningkat

Dipastikan, guru honorer yang telah terdaftar di Dapodik juga nantinya akan mengalami peningkatan kompetensi karena bisa mengikuti berbagai macam program dari Kemdikbud, seperti diantaranya ada program Guru Belajar dan Berbagi untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang hanya dapat diikuti oleh guru yang sudah mempunyai akun SIM PKB.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap mengenai Guru Honorer yang Belum Masuk Dapodik Apa Bisa Daftar PPPK Guru 2024? Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait Guru Honorer yang Belum Masuk Dapodik Apa Bisa Daftar PPPK Guru 2024? di atas bermanfaat.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:59 WIB

Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:15 WIB

Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?

Jumat, 12 Juli 2024 - 08:51 WIB

Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN

Berita Terbaru