Honorer Jadi Di Angkat Asn November Ini ?

- Penulis

Kamis, 30 Maret 2023 - 19:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PNS PPPK TNI Polri dan Pensiunan Terima THR Kata Menteri

PNS PPPK TNI Polri dan Pensiunan Terima THR Kata Menteri

Honorer Jadi Di Angkat ASN November Ini ?

hqdefault

Latar Belakang Pentingnya Honorer Diangkat Menjadi ASN.

Honorer atau tenaga honorer adalah tenaga kerja yang bekerja pada lembaga pemerintah dalam jangka waktu tertentu dan biasanya tidak memiliki status sebagai pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara).

Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, ada pentingnya pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN. Ada beberapa latar belakang mengapa pengangkatan mereka menjadi ASN menjadi hal yang penting.

Pertama, dengan diangkatnya tenaga honorer menjadi ASN, maka mereka akan mendapatkan kepastian jaminan sosial dalam pekerjaannya.

Kedua, dengan diangkatnya tenaga honorer, maka kinerja mereka juga akan lebih dihargai dan diperhatikan sehingga dapat dilakukan pengembangan dan peningkatan kapasitas secara berkesinambungan.

Ketiga, diangkatnya tenaga honorer akan meningkatkan profesionalisme dan integritas sebagai aparatur publik.

Terakhir, hal ini juga dapat mengeliminir diskriminasi pada latar belakang pendidikan, usia, dan jenis kelamin sehingga tercipta prinsip merit dalam manajemen ASN yang lebih adil dan merata.

Oleh karena itu, pengangkatan honorer menjadi ASN merupakan suatu tindakan yang sangat penting dalam menciptakan tata kelola kepegawaian yang lebih baik dan akuntabel.

Proses Pengangkatan ASN PPPK

Proses pengangkatan ASN PPPK melibatkan berbagai tahapan yang harus dilalui dengan penuh kesabaran dan ketelitian.

Tahapan-tahapan tersebut antara lain meliputi pengumuman dan pendaftaran, seleksi administrasi, ujian tertulis dan/atau ujian kecakapan, psikotes, serta wawancara.

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, calon ASN PPPK yang lolos seleksi akan diumumkan dan dilakukan pengangkatan sebagai Pegawai ASN PPPK.

Proses pengangkatan ASN PPPK harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dan tata cara yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tercipta ASN PPPK yang berkualitas dan mampu menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik.

Persyaratan ASN PPPK.

Persyaratan untuk menjadi Pegawai ASN dan PPPK di Indonesia adalah sebagai berikut:1. Warga Negara IndonesiaCalon pegawai ASN dan PPPK haruslah Warga Negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat tertentu yang berlaku .

Baca Juga :  Baterai dan Jenisnya

2. PendidikanCalon pegawai ASN dan PPPK harus memiliki pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada umumnya, syarat minimal yang harus dipenuhi adalah lulusan D3 atau S1 dari universitas terakreditasi.

3. UsiaCalon pegawai ASN dan PPPK memiliki batasan usia yang berbeda-beda tergantung pada posisi atau jabatan yang dilamar.

Untuk pegawai PPPK, usia maksimal pada saat diangkat adalah 35 tahun sedangkan pada pegawai ASN umumnya usia maksimal adalah 40 tahun.

4. KesehatanCalon pegawai ASN dan PPPK harus memenuhi syarat kesehatan yang telah ditentukan. 5. Wawasan KeumatanCalon pegawai ASN dan PPPK harus memiliki wawasan keumatan dan memahami agama yang dianutnya serta kemampuan mengamalkan nilai-nilai dasar ASN dan melaksanakan kode etik dan kode perilaku ASN.

Setiap persyaratan tersebut di atas diterapkan untuk memastikan bahwa para pegawai ASN dan PPPK yang diangkat memenuhi standar tertentu dan siap untuk bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara .

Prosedur Pengangkatan Honorer Menjadi ASN PPPK.

Prosedur pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN PPPK mengikuti ketentuan yang tertera dalam Pasal 6 huruf b.

Para tenaga honorer harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan mengikuti tata cara pengangkatan yang telah ditetapkan .

Selain itu, pelaksanaan seleksi kompetensi I untuk pengangkatan PPPK hanya diikuti oleh para tenaga honorer yang memenuhi kriteria tertentu, seperti memiliki sertifikat pendidik dan terdaftar sebagai guru non-ASN.

Prosedur pengangkatan PPPK dilaksanakan oleh instansi yang berwenang dan disertai dengan penerbitan SK Bupati sesuai dengan formasi yang tersedia.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada pengangkatan otomatis bagi tenaga honorer menjadi ASN PPPK tanpa melalui proses seleksi dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan .

Baca Juga :  Hukum Faraday: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Contoh Soalnya

Persiapan Yang Perlu Dilakukan Oleh Honorer Untuk Jadi ASN PPPK.

Honorer jadi di Angkat ASN november ini ?Untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), para Honorer harus mempersiapkan diri dengan baik .

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa lolos seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) melalui jalur PPPK.

Pertama, para Honorer harus memiliki kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh jabatan yang dibuka oleh instansi yang menawarkan lowongan PPPK.

Kedua, para Honorer perlu memastikan bahwa mereka telah melakukan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan baik , khususnya bagi para Honorer yang belum pernah mengikuti tes tersebut.

Selain itu, tidak kalah pentingnya, para Honorer perlu mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan dan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh instansi terkait.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, para Honorer memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi ASN melalui jalur PPPK.

 

Akhir Kata

Honorer yang selama ini telah menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan loyalitas akan segera mendapat kabar gembira.

Pada November ini, para honorer akan diangkat menjadi ASN, sebuah kesempatan berharga untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga kredibilitas profesi.

Proses pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN merupakan langkah penting dalam upaya reformasi birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah .

Mulai dari persyaratan yang ketat hingga seleksi yang ketat, pemerintah berusaha untuk memastikan bahwa para ASN memiliki kualitas yang mumpuni dan kompeten dalam menjalankan tugasnya.

Semoga dengan adanya pengangkatan ini, honorer dapat menjadi lebih termotivasi dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi negara dan masyarakat.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB