Hortatory Exposition Text Pengertian, Fungsi, Struktur, & Contoh

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat pembaca mengambil tindakan atas suatu masalah, teks eksposisi hortatory bisa menjadi sumber yang bagus.

Hortatory Exposition Text adalah teks persuasif yang bertujuan meyakinkan pembaca untuk melakukan tindakan. Jenis tulisan ini biasa digunakan dalam bidang yang berkaitan dengan kepedulian sosial, seperti politik, kesehatan, dan lingkungan.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian teks, struktur dan rumus teks hortatory exposition dan contohnya.

Di akhir artikel ini, Anda akan memahami cara menulis teks hortatory exposition yang efektif. Jadi, baca sampai akhir!

Pengertian Hortatory Exposition Text

Hortatory exposition adalah jenis teks yang berusaha mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu atau membuat mereka berpikir tentang perubahan tertentu yang pada akhirnya mereka setuju dengan pernyataan tersebut.

Teks ini banyak ditemukan dalam bentuk editorial opini, pidato akademik, iklan, dan sering ditemukan di antara tulisan-tulisan tentang isu-isu sosial. Namun, teks ekspositori ini disertai dengan argumen yang mendalam karena tujuannya adalah untuk mengajak dan memaksa pembaca untuk melakukan sesuatu.

Hortatory Exposition Text terdiri dari pernyataan pengantar, alasan, dan beberapa contoh yang meyakinkan; yang semuanya berputar di sekitar topik utama untuk berbagi informasi dengan pembaca.

Tujuan akhir dari teks ini adalah untuk membuat pembaca merasa bahwa proposal tersebut masuk akal dan harus dilaksanakan.

Tujuan dan Fungsi Hortatory Exposition Text

Tujuan dari teks hortatory expository adalah untuk memberikan aliran pandangan dan menghibur pembaca dengan cara persuasif. Penulis teks ini akan menggunakan fakta, kutipan, contoh, dan alasan untuk mendukung pandangannya.

Teks ini akan berkompromi dengan alasan yang kuat untuk mempengaruhi pembaca untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan apa yang disarankan oleh penulis teks laporan ini. Fungsi teks ini adalah untuk mengajari pembaca tentang situasi tertentu, mengubah pemikirannya, atau menyarankan cara bertindak tertentu.

Secara khusus, teks hortatory exposition diarahkan pada nilai-nilai moral yang berkaitan dengan komitmen sosial. Artinya, konten harus melibatkan tindakan atau perilaku manusia yang secara etis dapat diterima di masyarakat.

Namun, teks hortatory juga memiliki tujuan praktis seperti mempromosikan produk atau layanan tertentu dan menggambarkan perasaan secara emosional.

Struktur Hortatory Exposition Text

Teks hortatory exposition biasanya disusun menjadi tiga bagian utama: pengantar, argumen, dan kesimpulan. Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak ada aturan ketat dalam menyusun teks hortatory expository.

Pendahuluan atau Tesis

Pendahuluan memberikan gambaran kepada pembaca tentang masalah yang sedang dibahas dan menyajikan pendapat penulis tentang masalah tersebut. Bagian ini harus memberikan beberapa informasi latar belakang tentang topik tersebut dan menyatakan mengapa topik tersebut layak untuk didiskusikan.

Argumen

Bagian kedua dari teks hortatory exposition terdiri dari argumen mengapa tindakan tertentu harus diambil. Bagian ini harus mencakup beberapa poin yang menjelaskan mengapa solusi yang diusulkan masuk akal dan bermanfaat bagi semua orang yang terlibat atau terpengaruh oleh masalah tersebut.

Rekomendasi

Bagian terakhir dari teks hortatory expository biasanya menyertakan rekomendasi nasihat yang memberi tahu orang-orang apa yang harus dilakukan tentang masalah yang sedang didiskusikan.

Bagian ini mungkin termasuk peringatan kepada pembaca untuk mengingat pendapat mereka sendiri ketika mempertimbangkan cara terbaik untuk mengatasi masalah yang sedang dibahas.

Elemen Linguistik Teks Hortatory Exposition

Menulis hortatory exposition text itu mudah, setelah Anda mengetahui beberapa unsur kebahasaan yang terdiri dari komponen utama berikut:

  1. Berfokus pada penulis
  2. Menggunakan kata kerja tindakan
  3. Menggunakan kata kerja berpikir
  4. Menggunakan kata keterangan modal. (misal: pasti, pasti)
  5. Menggunakan penghubung temporal. (misalnya: pertama, kedua)
  6. Menggunakan kata-kata evaluatif. (misalnya: penting, berharga, dapat dipercaya)
  7. Menggunakan suara pasif
  8. Menggunakan Simple Present Tense

Contoh kalimat Hortatory Exposition Text

Hortatory Expository Text dapat digunakan untuk menyajikan argumen dan membujuk pembaca untuk mengambil tindakan. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang digunakan dalam hortatory exposition text:

  1. Kita harus mendorong orang lain untuk bergabung melawan pemanasan global.
  2. Pemerintah harus mengalokasikan lebih banyak sumber daya keuangan untuk pendidikan.
  3. Masyarakat harus memahami pentingnya menjaga kelestarian alam untuk generasi mendatang.
  4. Mari kita berdiri dan membuat perbedaan dengan menunjukkan dukungan kita untuk amal.
  5. Kita harus berusaha untuk menciptakan masyarakat yang lebih setara di mana setiap orang diberikan kesempatan yang sama terlepas dari status sosial ekonomi atau identitas gender mereka.

Contoh Hortatory Exposition Text

Sebagian besar bentuk tulisan dapat masuk dalam kategori hortatory exposition, termasuk pidato, editorial, dan artikel.

Contoh hortatory exposition text adalah artikel yang membahas tentang pentingnya membaca bagi kehidupan. Dalam tulisan ini penulis akan menjelaskan tentang pentingnya membiasakan membaca dan pada akhir artikel penulis ingin agar pembaca dapat memahami dan mengambil tindakan untuk sebuah perubahan.

Poin-poin berikut adalah komponen umum dari teks hortatory expository:

Dampak Buruk Penggunaan Kantong Plastik

Tesis:

Anda menggunakan kantong plastik saat berbelanja, tetapi apa yang terjadi setelahnya? Anda mungkin tidak menganggap penggunaan kantong plastik sebagai masalah besar, tetapi coba pikirkan berapa banyak orang di seluruh dunia yang juga menggunakannya. Kantong plastik sangat buruk bagi lingkungan dan oleh karena itu ada alasan bagus mengapa kita harus melarang kantong plastik.

Argumen I:

Kantong plastik berkontribusi terhadap pemanasan global. Sebagian besar kantong plastik terbuat dari bahan yang disebut polietilen. Bukan hanya kantong plastik yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Mereka juga dipenuhi dengan bahan kimia beracun dan berbahaya yang mengandung zat mirip estrogen. Ini dihasilkan dari pemrosesan gas alam dan penyulingan minyak mentah, seperti yang dilaporkan Green Tumble, yang merupakan bahan bakar fosil tak terbarukan yang menghasilkan gas rumah kaca – penyebab besar perubahan iklim global!

Argumen II:

Alasan bagus lainnya untuk berhenti menggunakan kantong plastik adalah karena beracun. Dalam laporan Perspektif Kesehatan Lingkungan, ketika 450 barang plastik, termasuk tas fleksibel, dipelajari, ditemukan bahwa lebih dari 70 persen produk plastik melepaskan bahan kimia yang meniru estrogen. Ini berbahaya karena berarti plastik memiliki kualitas meniru hormon. Ini mengganggu bagaimana hormon, seperti tetapi tidak terbatas pada estrogen, berperilaku dalam tubuh kita dan ini memberi kita ketidakseimbangan hormon yang dapat berdampak serius pada kesehatan kita.

Rekomendasi:

Kita harus berhenti membeli kantong plastik dan mulai menggunakan pilihan yang ramah lingkungan. Kesehatan Anda dan planet ini akan berterima kasih.

**Contoh teks di atas kutipan dari Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Kementerian Agama.

Contoh soal Hortatory Exposition Text

Berikut beberapa contoh soal hortatory exposition text yang kami kutip Modul Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inggris SMA.

Baca teks dengan hati-hati dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

Teks 1 (Nomor 1-5)

Merokok di restoran tidak hanya berdampak buruk bagi perokok aktif tetapi juga bagi perokok pasif.

Merokok di restoran tidak sopan. Bau asap mempengaruhi semua orang dan dapat mematikan makanan mereka. Orang-orang membayar untuk mencicipi makanan enak dan tidak takut dengan asap yang berbau busuk. Selain itu, merokok merugikan orang lain, terutama perokok pasif, yaitu menghirup asap yang dibuat oleh seorang perokok dapat menyebabkan serangan asma bahkan kanker. Akhirnya, merokok berbahaya dan risiko kesehatan bagi perokok. Rokok menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru dan orang tidak merokok dimanapun, tidak hanya di restoran. Mengenai dampak buruknya, dilarang merokok di restoran mana pun.

  1. Apa judul terbaik untuk teks?
    1. Perbedaan antara perokok aktif dan pasif.
    2. Merokok seharusnya tidak diperbolehkan di restoran.
    3. Manfaat menjadi perokok pasif.
    4. Deskripsi tentang cara berhenti merokok.
    5. Hukuman untuk merokok di restoran
  2. Tujuan komunikatif teks tersebut adalah…
    1. menjelaskan bagaimana merokok dapat berbahaya
    2. menceritakan kembali tentang beberapa efek positif dari merokok
    3. meyakinkan pembaca dengan risiko merokok
    4. menjelaskan bagaimana merokok tidak diperbolehkan
    5. meyakinkan pembaca bahwa merokok harus dilarang
  3. Merokok di restoran tidak sopan. (paragraf 2). Sinonim kata yang digarisbawahi adalah…
    1. kasar
    2. peka
    3. Sopan
    4. baik
    5. Halus
  4. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan argumen yang dinyatakan dalam teks?
    1. Merokok itu berbahaya
    2. Merokok membuat kita lebih baik
    3. Merokok tidak sehat bagi perokok
    4. Merokok tidak boleh diizinkan
    5. Merokok merugikan orang lain
  5. Apa gagasan utama paragraf kedua?
    1. Merokok di restoran tidak sopan
    2. Perokok pasif dilakukan oleh seorang perokok
    3. Rokok menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru
    4. Merokok di restoran tidak boleh diperbolehkan
    5. Bau asap mempengaruhi semua orang

Itulah pembahasan materi pelajaran Bahasa Inggris tentang Hortatory Exposition Text, semoga artikel ini membantu Anda membuat jenis teks yang tepat.

www.quipper.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *