PusatDapodik
Home Guru HUT Ke-78 RI “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”

HUT Ke-78 RI “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”

HUT RI 78 Terus Melaju Indonesia Maju

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Sabat GTK Semua

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan dan waktu, semoga Allah selalu memberkahi kita.

HUT RI ke 78 Maju Terus Indonesia

Visualisasi HUT ke-78 RI “Terus Maju Indonesia”

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi info tentang logo dan tema
Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78. Padahal sudah banyak website yang share, tapi saya posting juga biar belajar juga.

Baiklah, tanpa panjang lebar langsung saja kita ke logo dan tema HUT ke-78 RI.

Logo Hari Jadi ke-78 Republik Indonesia

Dasarnya adalah
Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara nomor B-523/M/S/TU.00.04/06/2023 tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Keikutsertaan dalam Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di 2023.

Berikut beberapa poin isi surat edaran tersebut di atas.

Dengan hormat kami sampaikan
Tema HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 adalah
“Maju Terus Indonesia”.
Tema dan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 dapat diunduh di situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id).

Sehubungan dengan itu dan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, kami mengundang Anda untuk dapat berpartisipasi dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memasang hiasan, spanduk, poster, umbul-umbul, baliho atau hiasan lainnya, di lingkungan Anda, secara bersamaan sejak tanggal
    20 Juni 2023. Penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dan desain turunannya mengacu pada pedoman yang dapat diunduh pada situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id).

  2. Maksimalkan logo dan turunan desain HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dalam berbagai bentuk media, antara lain desain/penampilan website/media sosial, siaran di televisi dan media online, dekorasi gedung, kendaraan/kendaraan umum dan dinas /hiasan transportasi, produk/souvenir, media publikasi cetak, elektronik, dan lain-lain, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

  3. Pengibaran Bendera Merah Putih secara bersamaan di lingkungan setiap tanggal mulai 1 hingga 31 Agustus 2023.
  4. Menyelenggarakan program dan kegiatanbaik online maupun offline untuk merayakan Bulan Kemerdekaan.
  5. Pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 10.17 s/d 10.20 WIB, selama 3 menit menghentikan segala aktivitas. Berdiri tegak saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan serentak di berbagai tempat dan daerah, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi. Pengecualian penghentian sementara kegiatan berlaku bagi setiap orang yang melakukan kegiatan yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain jika dihentikan.

  6. Untuk mendukung penerapan nomor 5 di atas, jajaran TNI dan Polri, serta kantor-kantor lembaga pemerintah dan swasta, harus memainkan sirene atau penanda suara lainnya sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan.

Makna Logo HUT ke-78 RI “Terus Maju Indonesia”

Arti atau makna dalam logo HUT RI ke 78 adalah sebagai berikut :

gambar visual logo HUT ke-78 RI

Pada usianya yang ke-78, Indonesia periode 2022-2023 telah memiliki posisi penting dalam memimpin arah dan tujuan kerja sama politik, ekonomi, dan sosial budaya melalui perhelatan peran presidensi G20 tahun 2022, menerima tongkat estafet keketuaan ASEAN tahun 2022. 2023,
dan memindahkan ibu kota negara di tahun mendatang.

Peran kepemimpinan ditujukan untuk kepentingan pembangunan negara guna optimalisasi kemajuan kesejahteraan rakyat yang akan berdampak pada peningkatan kualitas dan keunggulan sumber daya manusia. Sehingga mampu menghasilkan bangsa yang berdaya saing
global,

serta berpotensi menjadikan negara Indonesia kuat secara geopolitik dan berdaya di mata dunia internasional.

Pencapaian yang telah dicapai menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerakan pembangunan negara. Ini adalah tindakan progresif yang nyata. Jangan sampai momentum ini berhenti, lanjutkan pembangunan dengan penuh semangat
‘menyampaikan’.

konsep logo hut ri 78

HUT ke-78 Republik Indonesia tahun ini
mengundang seluruh elemen bangsa untuk
melaju

bersama dan mengobarkan semangat perjuangan yang belum usai. Ibarat olahraga estafet, mencerminkan semangat kolektif, keharmonisan, kolaborasi dan sinkronisasi irama gerak serta sinergi pemikiran masing-masing pelari untuk satu tujuan. Inilah energi penggerak bangsa Indonesia agar laju momentum ini terus maju untuk Indonesia maju.

logo resmi pondok merah ri 78

Karakter visual menyiratkan rasa keteguhan, stabilitas, keterusterangan, dan mencerminkan semangat juang sebagai energi gerakan progresif. Melambangkan gagasan gotong royong, kerukunan, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai cita-cita untuk memajukan kesejahteraan rakyat, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang unggul untuk menghadapi persaingan global.

Logo HUT RI ke-78 mencerminkan rasa keteguhan, stabilitas, keterusterangan, dan persatuan. Artinya melanjutkan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak selaras menuju Indonesia Maju.

Unduh Logo HUT ke-78 RI

Logo resmi Dies Natalis ke-78 dapat diunduh melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Untuk mempercepat yang berikut, saya telah menyematkan tautan langsung
google drive.

link download logo hut ri 78

Unduh Logo HUT ke-78 RI

HUT Twibbon RI ke-78

Untuk ikut memeriahkan atau memeriahkan HUT ke-78 RI di media sosial biasanya kita memasang Twibbon. Template desain twibbon resmi telah disiapkan oleh pemerintah.

pondok twibbon resmi 78 ri

Jika Anda kesulitan menginstalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi Twibbon berbasis web mani twibbonize.com

atau twib.id

Biasanya netizen juga berkreasi sendiri agar Twiibon yang dipasang menjadi keren sesuai dengan karakter yang disukai.

Berikut contoh link twibbon yang menurut saya keren.

twibbon hut ri 78
Pasang Twibbon Resmi HUT RI ke 78

Penutupan

Itu saja yang dapat saya posting tentang
Logo dan Tema HUT ke-78 RI “Terus Maju Indonesia”

Maju Terus Indonesiaku

Mungkin ini cara saya ikut memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Bagaimana dengan Sahabat GTK? tinggalkan jejak di kolom komentar ya…

Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi: https://www.setneg.go.id/view/index/peringatan_hari_ulang_tahun_ke_78_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2023

www.tasadmin.id

Comment
Share:

Ad