Info Cara Mendapatkan KIP Siswa SD,SMP,SMA/SMK Terbaru

- Penulis

Sabtu, 1 Juli 2023 - 04:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

aa

aa

pusatdapodik.com – langkah-langkah yang harus diperhatikan orang tua agar anaknya bisa mendapatkan kartu Indonesia Pintar (KIP).

Seperti yang kita ketahui, Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu kartu yang sangat dibutuhkan siswa, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu. Dengan memiliki Kartu Indonesia Pintar, siswa akan dapat memperoleh bantuan pendidikan berupa uang tunai yang dananya dapat digunakan untuk membantu siswa memenuhi kebutuhan sekolahnya.
Info Cara Mendapatkan KIP Siswa SDSMPSMASMK Terbaru

 

Kartu Indonesia Pintar dapat diperoleh siswa mulai dari tingkat SD, SMP, SMA atau SMK. Bahkan saat ini calon mahasiswa yang akan kuliah juga bisa mendapatkan kartu Indonesia pintar yang diberi nama KIP KULIA. yang nantinya juga akan digunakan untuk membantu pembiayaan kebutuhan pendidikan selama mengikuti program Pendidikan selama kuliah.
Perlu diketahui bahwa Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan yang memiliki Keluarga Kartu Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/bencana.
Jika dulu bantuan untuk siswa miskin disebut BSM, kini PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).
Tujuan yang disampaikan kepada penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) tentunya sangat jelas yaitu untuk membantu siswa miskin dalam memenuhi kebutuhannya selama mengikuti program Pendidikan di sekolah sehingga tentunya siswa yang akan menerima bantuan PIP harus benar-benar aktif di sekolah. .
Perlu dipahami bahwa target utama penerima program Indonesia Pintar (PIP) adalah:
  • Mahasiswa pemegang KIP;
  • Siswa dari keluarga miskin/rentan dengan pertimbangan khusus;
  • Siswa Sekolah Menengah Kejuruan mengambil studi keahlian kelompok dalam bidang-bidang berikut: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kelautan.
Lalu apa saja cara atau langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan kartu indonesia pintar???
Untuk mengetahuinya, silahkan simak baik-baik penjelasan di bawah ini:
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan kepada siswa apabila data keluarga siswa tercantum dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ditetapkan oleh Kemensos)
  • Proses penelusuran siswa tersebut menjadi DTKS adalah dengan cara mencocokkan data dapodik dengan data DTKS. (apabila data siswa di dapodik sesuai dengan data keluarga di DTKS maka akan diberikan KIP)
Langkah-langkah yang harus dilakukan orang tua siswa agar siswa tersebut mendapatkan KIP adalah:
  1. Pastikan bahwa data keluarga termasuk dalam data DTKS dengan cara mengecek ke Dinas Sosial (Dinsos)/kelurahan apakah masuk dalam data DTKS atau tidak. (Pengecekan dilakukan dengan mengecek nomor NIK, disarankan membawa KK dan KTP)
  2. Jika masuk, minta surat keterangan berisi nomor DTKS dari NIK mahasiswa. Jika sudah memiliki nomor DTKS, mohon kepada operator dapodik untuk input dan update data dapodik (dapodik dapat diupdate sewaktu-waktu terkait data individu siswa)
  3. Saat tidak masuk, mohon saran orang tua agar bisa dimasukkan ke dalam data DTKS di desa/dinas sosial. (pastikan kalau ke dinas sosial bukan nanya cara dapetin KIP tapi cara masukin ke data DTKS. soalnya kalau nanya ke dinas sosial KIP bisa dipastikan akan dikembalikan ke dinas pendidikan kantor.)
  4. Benar tidaknya proses pemasukan data DTKS sepenuhnya menjadi kewenangan Dinas Sosial (mohon dibaca Permensos 28/2017. Mohon dibaca baik-baik agar paham prosedur dan mekanismenya)
  5. Dinas Pendidikan dapat membantu berkoordinasi dengan dinas sosial terkait hal ini karena proses verval dilakukan oleh dinas sosial kabupaten/kota.
  6. Kepala sekolah dan operator dapodik dapat membantu menandai kelayakan PIP bagi siswa yang menurut pandangan sekolah termasuk keluarga kurang mampu. Juga penginputan nomor KIP/KKS/PKH/DTKS ke dalam data individu siswa di dapodik dan pemutakhiran dapodik.
Demikian beberapa langkah atau tahapan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar siswa yang memiliki KIP dapat memperoleh bantuan dari program Indonesia Pintar.
Semoga postingan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi cara mendapatkan kartu pintar indonesia.

Demikian dan terima kasih.

Baca Juga :  Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2023 SD SMP SMA SMK

Baca Juga :  Makna Persatuan dan Persatuan dalam Berbangsa dan Bernegara

 

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB