Ini Dia 9 Soft Skills yang Harus Dikuasai Siswa untuk Persiapan Masa Depan

- Penulis

Selasa, 9 Mei 2023 - 23:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

students gd46a9b1ff 1280

students gd46a9b1ff 1280

Dengan pembelajaran yang telah dilakukan selama sekolah diharapkan siswa dapat menerapkan keahlian dan keterampilan untuk meraih cita-cita di masa depan. Salah satu hal yang harus dikuasai seorang siswa untuk menghadapi masa depan adalah memiliki soft skill yang tepat.

Penggunaan soft skill memang lebih sulit daripada hard skill yang dapat diukur dan dilatih, sedangkan soft skill ini lebih sulit diukur. Namun, bukan berarti teman-teman tidak bisa mendapatkan soft skill yang baik. karena soft skill juga dapat dilatih dan dipelajari layaknya hard skill.

Lalu apa saja sih soft skill yang dibutuhkan generasi muda sekarang ini untuk menyongsong masa depan yang cerah? Simak ulasanya berikut ini.

Apa itu soft skill?

Soft skill merupakan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang berhubungan dengan kemampuan non teknis, yang merupakan ciri kepribadian seseorang baik berupa kecerdasan, emosional, sosial ataupun komunikasi.

Soft skill dapat menentukan cara dan keterampilan seseorang dalam berinteraksi, dimana hal ini sangat penting dalam dunia kerja. Menjalin sebuah hubungan dan kepercayaan  juga dibutuhkan bagi wirausaha. Dimana hal tersebut adalah dunia yang akan dimasuki oleh siswa nantinya. Oleh karena itulah mempersiapkan soft skill yang baik sangat penting bagi siswa.

Dengan memiliki soft skill yang baik maka seseorang juga akan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan mudah dna penuh kontrol diri. Apalagi di era sekarang ini dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi soft skill masih berperan banyak menentukan kesuksesan individu meraih cita-citanya.

Apa saja soft skill yang dibutuhkan siswa?

Komunikasi

Komunikasi merupakan soft skill utama yang harus dimiliki oleh seorang siswa, karena komunikasi ini berguna dimana saja. Semua hal dimulai dengan komunikasi sehingga cara seseorang berkomunikasi dapat menentukan jalinan hubungan yang akan terbentuk.

Dengan cara dan sikap komunikasi seseorang juga dapat dilihat kepribadianya, dengan dosen ataupun pimpinan saat bekerja komunikasi juga penting. Dengan mempunyai soft skill komunikasi yang baik maka akan membantu kamu membangun jaringan dan mempertajam kepribadian.

Baca Juga :  Pengertian Reaksi Redoks (Oksidasi-Reduksi): Rumus, Ciri-ciri dan Contoh Soal

Manajemen waktu yang baik

Manajemen waktu adalah soft skill yang diperlukan oleh siswa, hal ini juga telah dipelajari siswa selama sekolah misalnya dengan pengerjaan tugas yang tepat waktu. Sedangkan untuk masa depan manajemen waktu juga diperlukan agar tetap produktif dan dapat menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien.

Kreativitas

Kekreatifitasan seseorang dapat dilihat dari ide-ide yang dikemukakan apakah ide tersebut unik dan baru. Karena soft skill kreatif merupakan kemampuan seseorang menciptakan sesuatu yang baru dan belum pernah ada sebelumnya.

Hal ini sangat diperlukan siswa untuk menggapai cita-citanya dengan selalu memikirkan dna melatih ide-ide kreatif yang ia temukan.

Public speaking

Public speaking atau berbicara didepan umum adalah soft skill yang penting bagi siswa. Kemampuan ini dapat mempengaruhi penilaian orang terhadap kita. Kemampuan ini juga harus disertai dengan kepercayaan diri dalam menyampaikan atau berbicara di depan umum.

Kerjasama

Kerjasama sangat dibutuhkan untuk mencapai karir yang baik, karena kita akan dituntut untuk dapat bekerja secara tim. Siswa harus dapat memahami rasa persatuan dan menerapkan sikap kerjasama ini.

Penerapan kerjasama akan banyak ditemui siswa dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja, oleh karena itu siswa harus melatih soft skill kerjasama dengan baik misalnya dengan melakukan belajar kelompok, atau aktif dalam kerja kelompok dan diskusi.

Kemampuan beradaptasi

Salah satu soft skill yang tidak kalah penting lagi adalah kemampuan beradaptasi dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada. Tidak ada yang tahu bagaimana masa depan kita akan terjadi. 

Ditambah dengan perkembangan teknologi sehingga siswa dituntut untuk dapat beradaptasi dengan jenis lingkungan yang berbeda sehingga terbaias amenghadpamya.

Baca Juga :  Siklus Perencanaan Pengadaan ASN Formasi Seleksi PPPK 2023

Dengan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik maka akan mebantu kmau berkmebang dengan cepat pula yang akan berpengaruh dengan perkamafanmu sendiri.

Kemampuan pemecahan masalah

Permasalahan baik sedikit atau banyak pasti dilalui oleh masing-masing siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dibutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang baik untuk menghadapi segala permasalahan yang ada.

Tentunya pemecahan masala ini dilakukan dengan analisis, pengamatan dan proses yang tidak semerta-merta. Kemampuan pemecahan masalah juga harus dilandasi dengan inovasi dan kebijaksanaan yang baik pula.

Pemecahan masalah juga harus didukung dengan sikap pantang menyerah dan tetap semangat hingga menyelesaikan permasalahanya.

Kepemimpinan

Leadership atau kepemimpinan dibutuhkan tidak hanya untuk orang yang memiliki jabatan tertentu, tetapi juga semua orang. Karena secara tidak sadar setiap orang adalah pemimpin dirinya sendiri.

Jadi untuk mendapatkan soft skill ini makan siswa harus mempelajarinya mulai sekarang misla dengan melakukan tugas dan tanggung jawab semua kru.

Kemauan untuk belajar sesuatu yang baru atau fleksibilitas

Setiap siswa memiliki kemampuan, bakat dan minatnya masing-masing, namun dilihat dengan perkembangan zaman yang pesta hari ini banyak juga siswa yang memiliki keingintahuan yang tinggi.

Kemauan untuk belajar dan fleksibilitas dalam menerima perubahan merupakan sebuah soft skill yang dibutuhkan siswa.

Kemampuan interpersonal

Soft skill satunya ini adalah kemampuan seseorang untuk memahami perilaku orang lain dan merupakan salah satu soft skill yang sangat berguna dalam berbagai hal.

Tidak hanya memahami orang lain namun kemampuan ini juga merupakan keterampilan untuk memperhatikan dan memahami dirinya sendiri. 

Dengan mengenal diri kita lebih lanjut maka akan membantu seseorang untuk lebih percaya diri dan pengeluaran ide kreatifnya. 

Demikian macam-macam soft skill yang dibutuhkan siswa baik untuk sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru