Intip Ratusan Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMK,SMA dan S1! Paling Banyak Untuk Lulusan SMA

- Penulis

Minggu, 7 Juli 2024 - 10:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pusat dapodik – Mengintip peluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) selalu menarik perhatian, terutama di Indonesia. Tahun ini, pemerintah kembali membuka ratusan formasi CPNS dan PPPK yang bisa diisi oleh lulusan SMK, SMA, dan S1. Dari sekian banyak formasi yang ditawarkan, ternyata yang paling banyak dibuka adalah untuk lulusan SMA. Yuk, kita intip lebih dalam!

Peluang untuk Lulusan SMA

Bagi lulusan SMA, ini adalah kabar baik. Pemerintah telah menyediakan berbagai posisi yang bisa diisi oleh lulusan SMA dari berbagai jurusan. Beberapa posisi yang sering dibuka untuk lulusan SMA antara lain adalah:

  1. Tenaga Administrasi: Pekerjaan administrasi menjadi salah satu formasi yang paling banyak dibutuhkan. Tugasnya berkisar pada pengelolaan dokumen, penjadwalan, dan pekerjaan administrasi lainnya.
  2. Satpol PP: Satuan Polisi Pamong Praja membutuhkan tenaga baru untuk menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.
  3. Petugas Layanan Publik: Posisi ini mencakup berbagai pekerjaan di kantor-kantor pemerintahan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Selain itu, lulusan SMA juga memiliki peluang untuk mengikuti pelatihan dan peningkatan kompetensi yang sering diselenggarakan oleh pemerintah. Dengan begitu, mereka bisa meningkatkan keterampilan dan membuka peluang karir yang lebih luas di masa depan.

Peluang untuk Lulusan SMK

Lulusan SMK memiliki keunggulan karena mereka sudah dibekali dengan keterampilan praktis yang siap pakai di dunia kerja. Pemerintah pun menyadari hal ini dan membuka berbagai formasi yang cocok untuk lulusan SMK, seperti:

  1. Teknisi dan Operator: Lulusan SMK jurusan teknik sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi teknisi di berbagai bidang, seperti teknik listrik, mesin, dan otomotif.
  2. Tenaga Kesehatan: Jurusan kesehatan di SMK juga memiliki peluang besar, terutama untuk posisi seperti asisten apoteker dan perawat.
  3. Bidang IT: Lulusan SMK yang memiliki keterampilan di bidang teknologi informasi dan komputer juga memiliki banyak peluang di berbagai instansi pemerintah.
Baca Juga :  Rincian Formasi CASN PPPK Teknis Kabupaten Pamekasan 2022

Dengan keterampilan yang sudah dimiliki, lulusan SMK diharapkan dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan kerja dan memberikan kontribusi nyata.

Peluang untuk Lulusan S1

Lulusan S1 memiliki peluang yang lebih luas dan beragam dalam formasi CPNS dan PPPK. Beberapa posisi yang sering dibuka untuk lulusan S1 antara lain:

  1. Analis: Posisi ini mencakup berbagai bidang, mulai dari analisis kebijakan, analisis data, hingga analisis keuangan.
  2. Tenaga Pendidik: Lulusan S1 Pendidikan sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi guru di berbagai jenjang pendidikan.
  3. Tenaga Kesehatan: Selain lulusan SMK, lulusan S1 Kesehatan juga memiliki peluang besar, terutama untuk posisi dokter, bidan, dan apoteker.
  4. Posisi Manajerial: Lulusan S1 juga dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi manajerial di instansi pemerintah.

Dengan latar belakang pendidikan yang lebih tinggi, lulusan S1 diharapkan dapat membawa inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan di instansi pemerintahan.

Proses Seleksi CPNS dan PPPK

Proses seleksi CPNS dan PPPK terdiri dari beberapa tahap yang harus dilalui oleh setiap pelamar. Tahap-tahap tersebut antara lain:

  1. Pendaftaran Online: Pelamar harus mendaftar melalui portal resmi yang disediakan oleh pemerintah. Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan.
  2. Seleksi Administrasi: Pada tahap ini, berkas-berkas pelamar akan diperiksa apakah memenuhi syarat atau tidak. Hanya pelamar yang lolos seleksi administrasi yang bisa lanjut ke tahap berikutnya.
  3. Tes Kompetensi Dasar (TKD): TKD merupakan tes yang menguji kemampuan dasar pelamar, seperti tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi.
  4. Tes Kompetensi Bidang (TKB): Untuk beberapa formasi, pelamar juga harus mengikuti TKB yang menguji kemampuan spesifik sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.
  5. Wawancara: Tahap akhir biasanya adalah wawancara, di mana pelamar akan diwawancarai oleh tim seleksi untuk menilai kecocokan dengan posisi yang dilamar.
Baca Juga :  Cara Ampuh Mengatasi Error Kamera Smartphone

Tips Sukses dalam Seleksi CPNS dan PPPK

Agar sukses dalam seleksi CPNS dan PPPK, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Persiapkan Dokumen dengan Baik: Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan. Kesalahan kecil dalam dokumen bisa menyebabkan diskualifikasi.
  2. Belajar dan Berlatih: Pelajari materi TKD dan TKB dengan baik. Banyak sumber belajar online yang bisa digunakan untuk berlatih.
  3. Jaga Kesehatan: Pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan baik. Seleksi yang panjang dan melelahkan membutuhkan stamina yang prima.
  4. Percaya Diri: Tunjukkan rasa percaya diri dan profesionalisme saat mengikuti wawancara. Ini akan memberi kesan positif kepada tim seleksi.

Kesimpulan

Menjadi bagian dari CPNS atau PPPK adalah impian banyak orang di Indonesia. Dengan ratusan formasi yang dibuka untuk lulusan SMK, SMA, dan S1, peluang ini menjadi semakin terbuka lebar. Bagi lulusan SMA, peluang ini sangat menjanjikan karena banyak posisi yang bisa diisi tanpa perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lulusan SMK dan S1 juga memiliki kesempatan besar untuk bergabung dengan instansi pemerintah sesuai dengan keahlian dan latar belakang pendidikan mereka.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 23 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru