PusatDapodik
Home Dapodik Kabar Bahagia Khusus Guru Non Sertifikasi Segera Cek Di PMM!

Kabar Bahagia Khusus Guru Non Sertifikasi Segera Cek Di PMM!

Tahun 2024 Nadiem Makarim beri tunjangan guru sertifikasi dan non sertifikasi 1949757779

– Kini ada kabar gembira yang ditunggu-tunggu oleh semua guru non sertifikasi langsung dari Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana telah rilis menu terbaru di PMM yang bisa memberikan informasi bahwa guru non sertifikasi tersebut merupakan sasaran peserta PPG Daljab 2024 atau tidak. Seperti apa informasi selengkapnya? Simak dalam artikel berikut ini.

Informasi ini bersumber dari informasi terupdate Ditjen GTK yang memberikan pengumuman bahwa : “Selamat siang bapak Ibu hebat yang sabar menantikan info PPG, dianjurkan per 6 Mei untuk selalu pantau PMM dengan cara masuk menggunakan akun belajar.id anda semua, apabila sudah muncul LMS di PMM berarti siap siap anda diundang untuk PPG Daljab  (hanya bisa diakses menggunakan laptop untuk menu LMS nya). Pantau secara berkala dan jangan sampai tertinggal info, PPG Daljab 2024 menjadi hak setiap guru baik negeri maupun swasta.”

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Bu Nunuk dalam kesempatan “Sesi Ngopi bareng Bu Nunuk” yang membahas tentang PPG. Banyak persyaratan yang dihilangkan sehingga lebih mempermudah guru untuk melaksanakan PPG Daljab. Contohnya saja bu Nunuk menjelaskan bahwa untuk PPG Daljab tahun 2024 tidak ada kriteria A dan B. Kuotanya pun sangatlah banyak sehingga siapa saja guru yang sudah memenuhi persyaratan akan langsung dipanggil PPG Dalam Jabatan.

Bu Nunuk juga menjelaskan bahwa kuota sebelumnya PPG dalam jabatan (2023) adalah 40.000 peserta saja. Sedangkan di tahun 2024 ini kuotanya diperbesar berkali-kali lipas menjadi 800.000 hingga 1,2 juta guru dengan syarat utama memiliki kemampuan dibidang teknologi dan informasi.

Kenapa harus memiliki kemampuan dibidang IT? Karena dalam proses pembelajaran PPG akan menggunakan platform merdeka mengajar, belajar mandiri dan mempelajari 3 modul PMM.

Oleh karenanya setiap guru yang belum PPG harus senantiasa mengecek PMM nya apakah sudah ada menu baru LMS atau belum.

Cara Cek Menu Baru Di PMM

Penasaran apakah anda sebagai guru non sertifikasi menjadi sasaran peserta PPG dalam jabatan tahun 2024 atau tidak? Segera cek di menu baru PMM dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, siapkan laptop atau PC yang biasanya digunakan untuk mengakses PMM.
  2. Selanjutnya, pilih salah satu browser dan masukan kata kunci pencarian “PMM” taua “Platform Merdeka Mengajar” atau Klik tautan berikut ini https://guru.kemdikbud.go.id/login?from=%2Fhome
  3. Pilih masuk.
  4. Masukan email akun belajar.id anda atau madrasah.kemenang.go.id milik anda.
  5. Jika email yang digunakan sudah tepat, maka anda bisa melihat tampilan halaman PMM akun anda.
  6. Di Halaman utama tersebut scroll ke bawah hingga menemukan bagian menu Pengembangan Diri.
  7. Klik menu tersebut dan anda bisa menemukan berbagai sub menu lainnya seperti Pelatihan mandiri, Seleksi Kepala Sekolah, Komunitas, Refleksi Kompetensi dan juga Pengelolaan Kinerja.
  8. Penting untuk di catata, jika terdapat menu baru LMS atau Learning Management System berarti anda merupakan kandidat terpanggil PPG Daljab 2024 ini.

NB : “untuk saat ini menu tersebut belum bisa diakses”

Saat ini jumlah beban ajar PPG daljab sebanyak 36 SKS. Untuk guru penggerak dan eks PLPG tahun 2024 ini akan mendapatkan kesempatan PPG khusus yaitu mendapatkan pengakuan setara dengan 36 SKS sehingga ikut PPG bisa langsung mengikuti UKMPPG  yaitu UKIN dan UP. Sedangkan guru reguler mendapatkan pengakuan setara 27 SKS dan sisanya (9 SKS) bisa ditempuh melalui belajar mandiri di PMM.

Keuntungan Ikut PPG Daljab

Beberapa keuntungan berikut ini akan anda dapatkan setelah mengikuti PPG daljab:

Mendapatkan Gelar Guru Profesional

Pertama, tentunya gelar anda akan bertambah yakni menjadi S.Pd.,Gr atau guru profesional dibelakang nama anda. Gelar ini juga menunjukan bahwa anda sudah memiliki sertifikat pendidikan.

Kompetensi Lebih Unggul

Tentunya guru yang sudah ikut PPG Daljab memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang lebih unggul. Karena mereka belajar lebih banyak tentang kurikulum, metode pembelajaran, bagaimana evaluasi yang tepat,  media pembelajaran, bagaimana manajemen kelas dan juga banyak hal-hal lainnya.

Peluang Menjadi PNS Lebih Besar

Bagi yang ingin mendapat PNS maka dengan lulus PPG Daljab maka peluang untuk menjadi PNS lebih besar dibandingkan guru non sertifikasi.

Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi

Banyak yang belum tahu bahwa ketika seorang guru memiliki sertifikasi pendidikan maka ada tunjangan yang diberikan oleh pemerintah. Tentunya dengan catatan dan syarat bahwa guru tersebut sudah memiliki NUPTK.

Menambah Pengalaman

Tidak lupa, setelah sekian rangkaian pembelajaran yang dilakukan selama PPG Dalam jabatan tentunya membuat guru tersebut memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Terutama dibidang pendidikan dan pembelajaran melalui berbagai kegiatan yang dilakukan selama program pembelajaran. 

Contohnya saja seperti kegiatan kuliah, praktek pengajaran lapangan, praktikum dan penelitian tindakan kelas. Lewat pengalaman yang didapatkan ini bisa meningkatkan kinerja guru dan kreativitas mereka sebagai guru didalam maupun diluar kelas.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang rilis menu terbaru di PMM yang bisa memberikan informasi seorang guru termasuk sasaran PPG daljab tahun ini atau tidak serta informasi keuntungan yang bisa didapatkan setelah mengikuti PPG. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi anda semua.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

 

 

 

 

 

Comment
Share:

Ad