Kekuatan Rapat Pagi di Sekolah Menengah

- Penulis

Sabtu, 4 Maret 2023 - 04:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

iStock 1337113080 crop scaled

iStock 1337113080 crop scaled

Rutinitas pagi dapat membuat atau menghancurkan hari siapa pun, terutama anak-anak. Banyak penelitian yang mengungkap fakta bahwa anak-anak lebih mungkin berkembang secara akademis dan emosional ketika mereka merasa aman, dihormati, dan dicintai. Sebagai pendidik, kita tidak bisa mempermasalahkan apa yang terjadi di luar jam sekolah, karena itu di luar kendali kita. Namun, kita dapat berfokus pada apa yang ada dalam kendali kita dengan menciptakan lingkungan yang aman dan mengasuh bagi siswa selama jam sekolah.

Administrator sekolah dapat mendorong dan memberdayakan siswa setiap hari melalui pertemuan pagi. Rapat pagi yang dipimpin oleh pengurus memberikan waktu tambahan kepada guru untuk mempersiapkan kedatangan siswa sekaligus memberikan waktu kepada pengurus untuk membangun hubungan baik dengan siswa. Pada akhirnya, pertemuan pagi sangat kuat karena memberikan waktu kepada siswa untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya dan memberikan waktu kepada administrator untuk melibatkan siswa dalam kegiatan afirmasi harian dan pembelajaran sosial dan emosional (SEL).

Bersosialisasi

Anak-anak dan remaja terutama membutuhkan interaksi sosial untuk berkembang. Sayangnya, dengan mandat kurikulum dan pengujian yang menuntut, ada sedikit waktu yang dibangun di hari sekolah bagi siswa untuk terlibat dalam kegiatan yang memberi mereka kesempatan untuk bersosialisasi tentang topik nonakademik pilihan mereka. Siswa mungkin memiliki waktu tiga hingga lima menit untuk bersosialisasi saat beralih ke kelas dan 30 hingga 45 menit untuk bersosialisasi saat makan siang.

Administrator dapat mengatasi kurangnya sosialisasi siswa dengan memimpin rapat pagi setiap hari. Hal ini dapat dicapai dengan menciptakan sistem dan struktur kedatangan yang memungkinkan siswa untuk sarapan dan bersosialisasi selama 30 menit. Misalnya, jika sekolah dimulai pada pukul 8:30 dan siswa mulai berdatangan sekitar pukul 7:50, administrator dapat memimpin rapat pagi tingkat kelas dari pukul 7:50 hingga 8:20. Ini memberi guru hadiah waktu tambahan untuk merencanakan pelajaran dan item tindakan lainnya.

Terlalu sering, administrator sekolah dipandang sebagai pendisiplin yang berinteraksi dengan siswa hanya ketika mereka berperilaku buruk. Namun, administrator dapat mengubah dinamika ini secara strategis dengan secara proaktif menciptakan waktu dan ruang yang aman untuk mengenal siswa sebelum perilaku buruk terjadi. Memfasilitasi pertemuan pagi telah mengurangi perilaku buruk di sekolah kami.

Baca Juga :  Soal & Kunci UTS/PTS Kimia Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022

Selain pertemuan pagi yang berdampak positif pada perilaku siswa saya, guru saya mengatakan bahwa mereka berterima kasih atas waktu tambahannya. Mereka menghargai waktu untuk persiapan, berkolaborasi dengan kolega, dan terlibat dalam afirmasi harian mereka sendiri.

Afirmasi Harian dan Waktu Berkualitas

Anda mungkin pernah mendengar sedikit tentang lima bahasa cinta penulis Gary Chapman: kata-kata penegasan, tindakan pelayanan, hadiah, waktu berkualitas, dan sentuhan fisik. Premis dasarnya adalah bahwa orang mengalami cinta secara berbeda. Oleh karena itu, begitu kita mengetahui bahasa cinta seseorang, kita lebih siap untuk memilih isyarat yang paling cocok untuk mereka.

Sebagai pendidik, tidak selalu tepat untuk melibatkan siswa dalam sentuhan fisik, hadiah, atau tindakan pelayanan. Namun, kami pasti dapat menghujani siswa kami dengan kata-kata penegasan dan waktu berkualitas.

Kami memiliki 163 siswa kelas enam di sekolah kami, dan saya memfasilitasi pertemuan pagi dengan sekitar 100 siswa yang datang lebih awal. Selama 18 menit pertama, para siswa memiliki waktu untuk bersosialisasi dan makan pagi. Kemudian, kami menghabiskan sekitar delapan menit melakukan semacam aktivitas SEL, dan kami mengakhiri waktu kami bersama dengan penegasan yang memakan waktu sekitar dua menit.

Sejak awal tahun ajaran, saya telah mengelola siswa saya secara efektif dengan menetapkan dan menerapkan harapan dan pedoman yang jelas. Bu Crusoe, seorang guru utama pengajaran matematika, mendukung saya dalam pengawasan. Siswa memasuki kafetaria dan duduk di meja yang telah ditentukan. Setelah siswa duduk, mereka tidak boleh bangun tanpa izin. Jika mereka perlu menggunakan kamar kecil, melapor ke perawat, atau pergi ke kantor utama, mereka memberi isyarat kepada saya atau Mrs. Crusoe dengan membuat tanda perdamaian dengan jari mereka.

Saya menggunakan penarik perhatian saat memimpin siswa dalam aktivitas SEL dan saat waktunya untuk berhenti: Jika Anda dapat mendengar saya, bertepuk tangan sekali. Jika Anda dapat mendengar saya, bertepuk tangan dua kali. Jika Anda dapat mendengar saya, bertepuk tangan tiga kali. Pengambil perhatian ini ajaib karena memungkinkan saya untuk dengan cepat menenangkan siswa sehingga saya dapat berbicara.

Baca Juga :  Kumpulan Contoh Soal Fungsi Kuadrat & Pembahasannya

Afirmasi efektif jika dilakukan oleh siswa, positif, mudah diingat, dan tidak lebih dari empat hingga enam kalimat. Afirmasi siswa kelas enam saya adalah sebagai berikut: saya disukai. Aku dicintai. Saya dibuat dengan indah. Oh jadi, dibuat dengan indah. Kesuksesan dan kelimpahan mengalir padaku. Afirmasi adalah alat gratis dan positif yang dapat kita perlengkapi dengan siswa kita sehingga mereka tahu bagaimana berbicara dengan baik kepada diri mereka sendiri serta bagaimana berbicara dengan baik kepada orang lain.

Selain memberi siswa saya penegasan setiap hari, saya memberi mereka waktu berkualitas. Saya melakukan ini dengan hadir dan terlihat dan dengan melibatkan mereka dalam percakapan yang disengaja tentang peristiwa terkini, kecerdasan emosional, dan dilema moral. Saya mengalokasikan waktu untuk melibatkan siswa saya dalam kegiatan SEL karena banyak anak yang masih belum pulih dari efek negatif dari jarak sosial.

Selanjutnya, ketika SEL secara eksplisit diajarkan selama jam sekolah, siswa memperoleh kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, dan keterampilan hubungan, yang memungkinkan mereka membuat keputusan yang bertanggung jawab. Saya juga secara eksplisit berbicara kepada siswa tentang menjaga sikap positif terhadap diri mereka sendiri dan orang lain karena sikap mereka menentukan ketinggian mereka. Saya mengingatkan siswa untuk pergi ke kelas dan menyerap semua pengetahuan yang mereka bisa karena pengetahuan adalah kekuatan. Saya menekankan pentingnya siswa saling memberi rahmat karena kita semua mengalami beberapa tingkat kesulitan. Terakhir, saya mengatur suasana tenang dengan memainkan musik yang menenangkan.

Jika Anda seorang administrator dan Anda cukup beruntung memiliki sumber daya manusia untuk memimpin rapat pagi, saya sangat menyarankan Anda melakukannya. Guru Anda akan menghargai waktu persiapan tambahan, dan siswa Anda akan mendapat banyak manfaat dari pelajaran yang Anda rencanakan dan ajarkan secara pribadi.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru