Kemenag Resmi Buka Formasi CPNS 2024! Cek Jumlah dan Rinciannya

- Penulis

Selasa, 2 April 2024 - 19:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 20240493 120249061 copy 1729x1200

IMG 20240493 120249061 copy 1729x1200

Pusatdapodik.com Kemenag Resmi Buka Formasi CPNS 2024! Cek Jumlah dan Rinciannya – Ada kabar baik yang pastinya akan membuat pejuang CPNS di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2024 bersorak kegirangan. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, telah memberikan lampu hijau untuk formasi CPNS 2024 yang disarankan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. Formasi CPNS yang telah ditetapkan oleh Kemenag untuk tahun 2024 ini tidak hanya besar, namun juga merupakan yang terbesar yang pernah ada dalam sejarah instansi tersebut.

Kemenag Resmi Buka Formasi CPNS 2024! Cek Jumlah dan Rinciannya

12f
Kemenag Resmi Buka Formasi CPNS 2024! Cek Jumlah dan Rinciannya

Yaqut Cholil Qoumas telah menyetujui rencana untuk memperkuat manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan instansinya dengan memberikan lampu hijau terhadap formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 sebanyak 110.553 posisi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20.772 formasi akan dialokasikan untuk kebutuhan CPNS, sementara sisanya, sebanyak 89.781 formasi, akan diperuntukkan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Peluang emas terbuka lebar bagi para calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024, termasuk di antaranya adalah para tenaga honorer yang telah berdedikasi di lingkungan Kementerian Agama. Abdullah Azwar Anas, setelah menjalin komunikasi dengan Yaqut Cholil Qoumas, telah menyampaikan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) serta Kementerian Agama telah melakukan diskusi menyeluruh mengenai kebutuhan akan formasi di lingkungan Kementerian Agama, seperti:

1.      Tenaga Pengajar di Madrasah

Diperlukan para pendidik yang berkualifikasi untuk mengajar di Madrasah, baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA. Mereka harus memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah.

Baca Juga :  Resmi Dibuka Juli, Berikut Alur dan Link Pendaftaran CPNS PPPK 2024

2.      Instruktur di Sekolah Menengah Teologi Kristen

Sekolah Menengah Teologi Kristen memerlukan instruktur atau pengajar yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang teologi Kristen serta mampu menyampaikan materi tersebut dengan jelas dan menarik bagi siswa.

3.      Pendidik di Sekolah Menengah Atas Katolik

Sekolah Menengah Atas Katolik membutuhkan pendidik yang dapat mengajar berbagai mata pelajaran dengan memperhatikan nilai-nilai Katolik dalam proses pembelajaran. Mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang ajaran Katolik serta mampu mengintegrasikannya ke dalam kurikulum sekolah.

4.      Tenaga Akademik di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri

Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri memerlukan tenaga akademik yang memiliki keahlian di berbagai bidang studi keagamaan, seperti studi Islam, studi Kristen, studi Hindu, studi Buddha, dan sebagainya. Mereka harus memiliki kemampuan mengajar yang baik serta mampu melakukan penelitian dan publikasi ilmiah.

5.      Penyuluh Agama Masyarakat12e

Diperlukan penyuluh agama yang dapat memberikan pemahaman yang benar tentang ajaran agama kepada masyarakat. Mereka harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ajaran agama serta mampu mengkomunikasikan nilai-nilai agama dengan cara yang mudah dipahami oleh masyarakat luas.

6.      Pemimpin Upacara Pernikahan (Penghulu)

Penghulu bertanggung jawab untuk memimpin upacara pernikahan sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan dalam agama. Mereka harus memiliki pengetahuan yang baik tentang hukum pernikahan dalam agama serta memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat dan bimbingan kepada pasangan yang akan menikah.

7.      Profesional di Bidang Teknologi Digital

Kementerian Agama juga membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi digital. Karena untuk mengembangkan sistem informasi dan teknologi yang mendukung berbagai kegiatan di lingkungan Kementerian Agama. Mereka harus memiliki keahlian dalam pengembangan perangkat lunak, analisis data, keamanan informasi, dan sebagainya.

Baca Juga :  Pengumuman Pengadaan PPPK Guru DI Yogyakarta DIY 2022

8.      Penempatan di Institusi Keguruan dan Ilmu Kependidikan

Selain itu, beberapa posisi juga tersedia untuk penempatan di institusi keguruan dan ilmu kependidikan, baik sebagai tenaga pengajar maupun tenaga administrasi. Mereka akan berperan dalam mendukung kegiatan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang keagamaan.

Menurut Abdullah Azwar Anas, formasi Guru Madrasah, Sekolah Kristen, dan Sekolah Katolik diperkirakan akan mencapai puluhan ribu posisi. Karena yang saat ini sedang didetailkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), sebagaimana yang dilansir oleh sumber resmi menpan.go.id. Selain itu, Anas juga menegaskan bahwa sudah ada persiapan untuk ribuan posisi penyuluh agama dan penghulu.

Di samping itu, untuk dosen di kampus keagamaan juga sudah disiapkan ribuan posisi. Dengan penetapan jumlah posisi ini oleh Kemenag, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Menurut Yaqut, formasi yang ditetapkan untuk tahun 2024 merupakan yang terbesar dalam sejarah Kemenag. Namun, dia juga memberikan alasan terkait kebutuhan akan jumlah posisi yang mencapai ratusan ribu di lingkungan instansinya.

Dalam kesimpulannya, penetapan jumlah formasi yang mencapai puluhan ribu posisi untuk Guru Madrasah, Sekolah Kristen, dan Sekolah Katolik. Serta persiapan ribuan posisi untuk penyuluh agama, penghulu, dan dosen di kampus keagamaan. Hal itu menjadi tonggak yang sangat penting untuk pengembangan SDM di bidang keagamaan.

Apresiasi yang diberikan oleh Yaqut Cholil Qoumas kepada Kementerian PANRB menunjukkan pengakuan terhadap upaya pemerintah dalam memperkuat sektor ini. Meskipun demikian, perlu dipahami bahwa kebutuhan akan posisi yang cukup besar ini menjadi refleksi dari kompleksitas tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Kementerian Agama.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru