PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Ketahui 3 Metode Untuk Menghentikan Operasi Komputer

Ketahui 3 Metode Untuk Menghentikan Operasi Komputer

mematikan komputer
Komputer atau laptop saat ini bukan lagi merupakan teknologi yang asing bagi kebanyakan orang. Mengingat kegunaan dari perangkat tersebut memudahkan untuk pekerjaan dan tugas sekolah. Namun, perlu diingat bahwa perangkat tersebut bisa awet dan tahan lama sehingga tidak bisa dirawat sembarangan. Salah satunya saat ingin mematikan, dimana ada 3 cara yang bisa digunakan untuk menghentikan pengoperasian komputer. Apa pun?

Seperti manusia, komputer juga perlu istirahat. Oleh karena itu, mematikannya setelah digunakan sangat disarankan agar tetap awet. Namun proses mematikan komputer tidak bisa sembarangan, harus dilakukan dengan cara yang benar dan aman.

Cara menghentikan pengoperasian komputer tidak dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol power, kemudian memutuskan aliran listrik. Sebaliknya, tunjukkan cara atau metode yang aman dan bisa diterapkan.

Ya, setidaknya ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghentikan pengoperasian komputer, tergantung sistem operasi apa yang kita gunakan. Pada sistem operasi Windows misalnya, kita dapat memilih beberapa mode antara lain: Tidur, Matikan dan Mengulang kembali. Apa bedanya?

  1. Tidur

Modus ini biasa dikenal dengan nama tidur atau bersiap. Saat menggunakan mode tidur, komputer akan terus berjalan tetapi tidak banyak mengkonsumsi listrik. Daya listrik digunakan di memori komputer dan tidak digunakan oleh komponen komputer lain, sehingga komponen lain tetap mati dan tidak menggunakan listrik.

Baca juga: Memahami Mekanisme Pengiriman Data di Komputer

Saat Anda menghidupkan kembali komputer, Anda akan langsung terhubung ke pekerjaan Anda. Tentu saja, waktu tunggunya cenderung cepat. Anda tidak perlu menunggu komputer/laptop Anda melakukan proses booting.

  1. Mematikan

Saat mematikan komputer, semua program yang sedang berjalan akan ditutup dan komputer akan mematikan sistem operasi Anda. Komputer yang telah dimatikan dengan mode shutdown tidak akan mengkonsumsi listrik.

Namun, ketika Anda ingin menggunakan komputer kembali, Anda harus menyalakannya dan memulai kembali dengan melalui proses boot dan menunggu perangkat memulai semua program lagi.

  1. Mengulang kembali

Perintah ini digunakan untuk mematikan komputer, kemudian menghidupkannya kembali. Kondisi tampilan saat dihidupkan kembali akan sama dengan menyalakan komputer dari keadaan mati. Opsi restart terkadang diperlukan jika kita baru saja menginstal aplikasi baru atau jika komputer atau aplikasi tertentu tidak berfungsi dengan baik

Comment
Share:

Ad