Kunci Jawaban Pilihan Ganda Pintar Kemenag: Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2

- Penulis

Jumat, 28 Juni 2024 - 15:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Yuk simak kunci jawaban soal pilihan ganda Pintar Kemenag 2024: Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2. Dibawah ini merupakan kunci jawaban lengkap soal Pintar Kemenag 2024. Sebagai informasi pelatihan di Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran (Pintar) Kemenag guru dilaksanakan mulai dari tanggal 23-27 Juni 2024.

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak Kunci Jawaban: Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2. Perlu dicatat, soal dan jawaban ini diambil berdasarkan soal yang ada di Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2.

Soal 1

Membuat perencanaan pembelajaran, merupakan titik awal guru untuk menciptakan pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran. Guru bisa memodifikasi perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru lain, di mata pelajaran yang sama. Guru juga dapat menjadikan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat orang lain itu sebagai bahan inspirasi. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh guru, yaitu sebagai berikut:

  1. Karakteristik madrasah
  2. Karakteristik guru
  3. Kebutuhan siswa
  4. Ketersediaan dana
  5. Visi, misi dan tujuan madrasah
  6. Kemampuan guru
  7. Karakteristik lingkungan madrasah

Perencanaan pembelajaran yang baik perlu memperhatikan aspek berikut yang tepat adalah…

A. 2, 3, 5, dan 6

B. 1,3, 5, dan 7

C. 1, 3, 5, 7

D. 1, 3, 4, 6

Jawaban: B. 1,3, 5, dan 7

Soal 2

Perencanaan merupakan pengambilan keputusan terkait apa yang wajib dilakukan untuk dapat mencapai tujuan. Sehingga, saat membuat sebuah rencana, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah:

A. Menetapkan tujuan yang nantinya akan dicapai

B. Melakukan analisis tujuan yang nantinya akan dicapai

C. Menetapkan langkah-langkah yang wajib dilakukan

D. Menetapkan kriteria yang wajib dipenuhi

Jawaban: A. Menetapkan tujuan yang nantinya akan dicapai

Soal 3

Ibu Siti Salihah merupakan seorang guru kelas Madrasah Ibtidaiyah. Ibu Siti diketahui akan membuat perencanaan pembelajaran kelas 1, yang mana tahun ajaran baru ini dimulai dengan menerapkan kurikulum merdeka. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Ibu Siti Salihah yang sesuai dan tepat adalah

Baca Juga :  Alokasi Jumlah Kebutuhan Guru Yang Akan Diangkat Tahun 2022

A. Modul ajar, karena dalam kurikulum merdeka wajib menggunakan modul ajar.

B. Membuat RPP dan modul ajar

C. Boleh memilih salah satu diantara RPP atau modul ajar.

D. Menggunakan RPP yang sudah ada saja

Jawaban: C. Boleh memilih salah satu, RPP atau modul ajar.

Soal 4

Perencanaan disusun untuk mendapatkan keberhasilan. Dengan begitu, kemungkinan kegagalan bisa diantisipasi oleh setiap guru, sehingga, hasilnya menjadi lebih bagus dan optimal. Dengan adanya perencanaan pebelajaran yang matang, seorang pendidik dapat paham, tujuan apa yang perlu dicapai oleh siswa, dan strategi apa yang cocok dilakukan sesuai tujuan yang ingin dicapai. Hal tersebut menunjukkan jika manfaat dari perencanaan dalam pembelajaran yaitu..

A. Memecahkan masalah

B. Memprediksi keberhasilan

C. Memanfaatkan sumber belajar secara tepat

D. Membuat pembelajaran terarah, sistematis dan terorganisir

Jawaban: B. Memprediksi keberhasilan

Soal 5

Berbeda dengan Pak Amirudin, Pak Asep Saepudin diketahui akan membual perencanaan pembelajaran yang berupa RPP. Pak Asep Saepudin, kemudian berkonsultasi kepada wakil kepala madrasah terkait komponen minimal yang wajib ada pada RPP, sesuai pada panduan pembelajaran dan asesmen di kurikulum merdeka. Hasil konsultasi tersebut, Pak Asep Saepudin kemudian menyimpulkan bahwa komponen minimal dalam RPP yang akan dibuatnya, terdiri atas:

A. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran

B. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.

Baca Juga :  Berkolaborasi dan Berkontribusi Menyusun Perangkat Ajar

C. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).

D. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan metode pembelajaran

Jawaban: C. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).

Soal 6

Pak Amirudin merupakan seorang guru kelas X Madrasah Aliyah. Di tahun ajaran baru ini, Madrasah Aliyah tempat Pak Amirudin mengajar, menerapkan kurikulum merdeka. Pak Amin bermaksud untuk membuat perencanaan pembelajaran yang berupa modul ajar. Pak Amirudin kemudian berencana untuk membuat modul ajar yang sederhana, yang mana memuat komponen utama modul ajar. Maka, komponen modul ajar yang dibuat oleh Pak Amirudin yang tepat adalah…

A. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, dan rencana asesmen di akhir pembelajaran.

B. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan asesmen pembelajaran (rencana asesmen di awal dan rencana asesmen di akhir pembelajaran).

C. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan pembelajaran

D. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran

Jawaban: D. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, rencana asesmen di awal pembelajaran, rencana asesmen di akhir pembelajaran, dan media pembelajaran

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap mengenai Kunci Jawaban Pilihan Ganda Pintar Kemenag: Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan secara lengkap terkait Kunci Jawaban Pilihan Ganda Pintar Kemenag: Modul 3.9 Perencanaan Pembelajaran Lesson Plan Bagian 2 di atas bisa bermanfaat bagi para guru.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru