PusatDapodik
Home Berita Mahfud MD Pernah Kuliah Jurusan Sastra Arab, Ini 10 Prospek Kerja Lulusannya, Bukan Jadi Guru Ngaji!

Mahfud MD Pernah Kuliah Jurusan Sastra Arab, Ini 10 Prospek Kerja Lulusannya, Bukan Jadi Guru Ngaji!

mahfud md mahfud md ig 303715184

pusatdapodik.com – Apakah Anda tertarik mempelajari bahasa dan budaya Arab? Jika ya, maka jurusan sastra Arab sepertinya cocok untuk Anda.

Jurusan Sastra Arab merupakan program studi di perguruan tinggi yang mempelajari bahasa Arab, sastra Arab, serta kebudayaan dan sejarah Arab secara keseluruhan.

Prospek kerja bagi lulusan jurusan Sastra Arab sangat luas karena mempunyai peluang karir yang menarik di berbagai sektor.

Namun tidak dapat dipungkiri terdapat persepsi di masyarakat bahwa lulusan jurusan Sastra Arab menjadi guru mengaji atau guru agama Islam. Namun tidak semua lulusan Sastra Arab menjadi guru mengaji, dan tidak semua guru mengaji merupakan lulusan Sastra Arab.

Salah satu tokoh yang merupakan alumnus jurusan Sastra Arab adalah Profesor Moh. Mahfud MD. Beliau meraih gelar Sarjana di Fakultas Sastra dan Kebudayaan (Sasdaya), Jurusan Sastra Arab, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dikutip smol.id pada 3 Februari 2024 dari berbagai sumber, berikut daftar 10 prospek karir menarik bagi lulusan jurusan Sastra Arab.

1. Penerjemah Lisan (Interpreter)

Sebagai penerjemah lisan, lulusan Sastra Arab dapat membantu dalam berbagai situasi komunikasi lintas budaya seperti konferensi internasional, pertemuan diplomatik, atau acara bisnis.

2. Penerjemah Teks (Penerjemah)

Sebagai penerjemah sastra, Anda dapat berupaya menerjemahkan buku, dokumen, situs web, atau materi lain dari atau ke dalam bahasa Arab, membantu memperluas akses informasi antar budaya yang berbeda.

3. Guru Bahasa Asing

Dengan berlatar belakang Sastra Arab, lulusannya dapat menjadi guru bahasa Arab di SMA atau perguruan tinggi, serta pengajar bahasa di lembaga pelatihan bahasa.

4. Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri

Sebagai atase perdagangan luar negeri, lulusan dapat membantu dalam mempromosikan perdagangan dan hubungan ekonomi antara negara-negara berbahasa Arab dan negara mereka sendiri.

5. Konsultan Pendidikan

Konsultan pendidikan dapat membantu pelajar yang ingin belajar bahasa Arab atau mempelajari budaya Arab untuk memilih program dan institusi yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.

6. Pemandu Wisata (Tour Guide)

Dengan pengetahuan mendalam tentang sejarah dan budaya Arab, lulusan Sastra Arab dapat menjadi pemandu wisata bagi wisatawan yang tertarik menjelajahi destinasi di dunia Arab.

7. Jurnalis (Reporter)

Sebagai jurnalis, lulusan dapat meliput berita dan peristiwa di dunia Arab, serta memberikan wawasan dan analisis mengenai isu-isu politik, sosial, budaya dan ekonomi di wilayah tersebut.

8. Penulis

Bagi Anda yang memiliki bakat menulis, lulusan Sastra Arab dapat menjajaki karir sebagai penulis, menciptakan karya sastra yang menggambarkan kehidupan dan budaya Arab.

9. Penulis Konten

Sebagai seorang penulis konten, Anda dapat bekerja untuk menghasilkan konten berbahasa Arab atau tentang budaya Arab untuk berbagai platform seperti website, blog, media sosial, atau publikasi lainnya.

10. Peneliti Kebudayaan

Sebagai peneliti budaya, lulusan dapat melakukan studi tentang berbagai aspek budaya Arab seperti sastra, seni, musik, atau adat istiadat sosial, sehingga berkontribusi pada pemahaman lintas budaya dan kerja sama antar negara.

Itulah daftar 10 prospek kerja bagi lulusan jurusan Sastra Arab. Tertarik untuk masuk jurusan yang satu ini?***

Comment
Share:

Ad