Memahami 3 Jenis Otot pada Manusia, Pengertian, Fungsi dan Ciri-cirinya

- Penulis

Minggu, 9 April 2023 - 15:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

anatomy geadce1b0a 1920

anatomy geadce1b0a 1920

Salah satu ciri makhluk hidup adalah dapat bergerak, kemampuan ini pada manusia tidak lepas dengan adanya sistem anggota gerak. Manusia dapat bergerak dan berpindah tempat karena adanya kerja sama antara rangka dan otot. Manusia dapat bergerak karena memiliki rangka dan otot yang saling bekerjasama. Terdapat 3 jenis otot pada manusia sesuai dengan sturuktur dan fungsinya.

Rangka manusia terdiri dari beberapa tulang yang menjalankan fungsinya masing-masing, meskipun rangka termasuk anggota sistem gerak manusia, fungsi otot lebih penting lagi. Karena tanpa otot tentunya manusia tidak dapat menggerakan tubuhnya secara bebas. Sehingga otot merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting dan diandalkan dalam sistem gerak. Sedangkan jenis otot pada manusia bekerja sesuai dengan letak dan fungsinya.

Pengertian otot pada manusia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) otot didefinisikan sebagai jaringan kenyal yang ada dalam tubuh manusia serta hewan berfungsi untuk menggerakan tubuh. Maka dapat disimpulkan peran otot untuk membuat tubuh mansai bergerak sangatlah penting.

Sebagai anggota sistem gerak manusia otot dinamakan dengan anggota gerak aktif, hal ini disebabkan karena kemampuan otot yang dapat bergerak sendiri. Berbeda dengan tulang yang disebut dengan anggota gerak pasif karena tidak dapat bergerak sendiri. Jadi dapat dikatakan bahwa tulang digerakan oleh jaringan otot.

Otot sendiri memiliki 3 ciri khas atau karakter sebagai anggota gerak manusia, yaitu kontraksibilitas, ekstensibilitas dan elastisitas. Kontraktibilitas adalah kemampuan otot untuk dapat memendek atau memanjang saat melakukan kegiatan. Eksitabilitas merupakan kemampuan otot untuk dapat memanjang lebih panjang dari ukuran sebelumnya. Elastisitas adalah kemampuan otot untuk kembali lagi pada ukuran semula.

Otot merupakan sebuah jaringan dalam tubuh manusia yang tersusun paling banyak jumlahnya. Jaringan otot terdiri dari sel-sel panjangnya yang disebut dengan serabut otot, dimana jaringan ini dapat berkontraksi ketika mendapatkan rangsangan. Dapat dikatakan hampir setengah tubuh manusia terdapat jaringan otot.

Fungsi otot pada manusia

Seperti yang telah dibahas otot merupakan jaringan penting untuk menggerakan tubuh manusia, namun terdapat fungsi lain dari salah satu anggota tubuh ini. Ada 5 fungsi otot pada manusia berikut ini.

  • Pelindung organ-organ manusia

Otot jumlahnya sangat banyak dalam tubuh manusia dan dapat membesar saat berkontraksi atau mengendur saat relaksasi. Sehingga otot dapat menjaga organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan lain sebagainya.

  • Menjaga suhu tubuh

Berapa persen suhu panas tubuh dihasilkan karena kontraksi otot, ketika suhu tubuh turun maka otot akan meningkatkan aktivitasnya supaya suhu tubuh kembali naik. Ketika suhu tubuh sudah normal otot akan berelaksasi dengan meningkatkan aliran darah dan melepaskan panas lewat kulit.

  • Mempertahankan postur tubuh

Otot berpengaruh untuk menjaga postur tubuh tetap tegak, jika otot tubuh kuat maka postur tubuh juga akan terlihat baik. Sedangkan saat otot tubuh lemah atau kaku maka postur tubuh akan terpengaruh.

  • Mendukung proses pencernaan

Otot menempati seluruh bagian tubuh manusia, begitu juga pada organ saluran pencernaan. Otot dalam organ tersebut akan membantu proses pencernaan dengan adanya pergerakan mendorong makanan dari mulut ke lambung. Pada organ pencernaan otot juga melakukan gerakan yang mendorong makanan dari lambung ke anus.

Baca Juga :  Pahami Integral Tentu dari Pengertian, Sifat hingga Penerapannya
  • Membantu pernapasan

Otot diafragma akan melakukan fungsinya saat manusia bernafas, selama proses pernapasan tersebut diagrafama akan datar sehingga organ paru paru membesar dan dapat menampung oksigen.

Jenis otot pada manusia berdasarkan struktur dan fungsinya

Terdapat 3 jenis otot pada manusia berdasarkan struktur dan fungsinya yaitu oot polos, otot lurik dan otot jantung. Dimana ketiganya memiliki fungsi dan ciri-ciri tersendiri, cara kerja jenis otot pada manusia juga berbeda tergantung dengan fungsinya.

  • Otot polos

Otot polos merupakan jenis otot pada manusia yang terletak pada organ-organ manusia seperti hati, jantung, paru-paru, usus dan lain sebagianya. Sebagai sistem gerak aktif otot polos bekerja secara tidak sadar artinya otot ini tetap bekerja meskipun manusia dalam keadaan tidur. Tanpa menunggu manusia berpikir otot ini akan tetap bekerja sehingga organ-organ dalam pada manusia tetap bekerja sesuai fungsinya.

Baca Juga :  Rumus Beda Potensial Listrik Menurut Ohm dan Contoh Soal

Ciri-ciri dari otot polos antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bekerja secara tidak sadar
  2. Tidak mudah lelah
  3. Bekerja secara teratur dan lambat
  4. Berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya runcing
  5. Memiliki inti sel terletak pada tengah sel dan hanya ada satu
  • Otot lurik

Jenis otot ini adalah jenis otot pada manusia yang berperan penting pada pergerakan tubuh, karena otot lurik menempel pada tulang. Oleh karena itu, tulang dapat bergerak dan manusia dapat berjalan, berlari, meloncat. Otot ini bekerja secara sadar artinya otot ini bekerja d saat manusia dalam kondisi sadar.

Ciri-ciri dari otot lurik adalah sebagai berikut.

  1. Bekerja sesuai dengan perintah dan otak manusia
  2. Berbentuk panjang dan silindris, memiliki serat yang gelap dan terang
  3. Terletak di rangka tubuh
  4. Gampang lelah
  5. Inti sel letaknya di tepi dan banyak
  • Otot jantung

Sesuai dengan namanya otot ini terletak di jantung, fungsi utamanya adalah memompa darah keseluruh tubuh. Kita dapat merasakan denyut jantung karena adanya aktivitas otot jantung yang kontraksi dan relaksasi. Otot jantung bekerja secara tidak sadar sehingga tidak kenal lelah, karena jenis otot pada manusia ini mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga jantung tetap berdetak. Sehingga aliran darah pada manusia dapat berjalan dengan baik.

Otot ini mempunyai karakter yang istimewa karena bentuknya seperti otot lurik namun cara kerjanya seperti otot polos.

Ciri-ciri otot jantung adalah sebagai berikut

Bekerja secara tidak sadar

  1. Tidak mudah lelah
  2. Bekerja teratur dan lambat
  3. Bentuknya silindris bercabang
  4. Inti sel terletak di bagian tengah pusat

Demikian pengertian, fungsi otot manusia serta jenis otot pada manusia beserta dengan ciri-cirinya.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB