Sukoharjo (2/02/24) – Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro melaksanakan program monodisiplin yang dirancang oleh Okta Cahya Ananda Putra, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Ekonomi Syariah, memberikan pendampingan dan pelaksanaan terkait pemanfaatan E-Commerce sebagai sarana promosi bagi pemilik UMKM desa Plesan diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan dan mendorong UMKM memperluas jangkauan pelanggannya agar lebih “Go Public” dengan menggunakan salah satu platform marketplace yaitu Gojek dengan fitur Gofood.

Berangkat dari permasalahan yang tidak jauh berbeda dengan desa-desa lain yang sudah banyak memanfaatkan E-Commerce dikalangan UMKM sebagai sarana dan kebutuhan promosi.

Gojek dengan fitur Gofood merupakan platform yang mampu membantu memberikan dampak dan manfaat bagi penggunanya dalam digitalisasi bisnis perdagangan yang berfokus pada bisnis FnB (Food and Baverage) untuk semua kalangan.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2024 ini dilaksanakan dengan metode “door to door” dengan mengunjungi beberapa UMKM yang ada di desa Plesan dan menemukan sejumlah permasalahan yang menyebabkan usaha dagang satu sama lain tertinggal.

Salah satu UMKM yang dikunjungi adalah UMKM “Snack shop SEBAGOR” milik Ibu Frisca & Pak Widodo yang berlokasi di Rt 04 Dusun I desa Plesan, beberapa hari setelah survey menjelaskan beberapa kekurangan dari usaha dagang Ibu Frisca dan kemudian diberikan bantuan dalam proses pendaftaran di platform. Gojek sekaligus memaksimalkan akun Gofood yang akan diserahkan kepada UMKM “Warung Jajanan SEBAGOR” dan diharapkan dapat memperluas pemasaran kepada calon pembeli sehingga dapat menambah pendapatan kedepannya.

Tidak hanya membantu pembuatan Akun Gofood, mahasiswa KKN Tim I berinisiatif menambahkan poster kreatif berisi menu-menu yang tersedia di akun Gofood serta mengambil foto produk unggulan yang dijual dengan tujuan untuk mempercantik outlet warung jajanan SEBAGOR seperti sebuah warung sederhana di era Modernisasi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *