Metode Penelitian Kualitatif: Cara Menghitung Validitas Dalam Penelitian

- Penulis

Minggu, 5 Maret 2023 - 16:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Metode Penelitian Kualitatif

Metode Penelitian Kualitatif

Deskriptif

Metode penelitian kualitatif berbasis deskriptif memberikan informasi lebih lanjut tentang hasil penelitian. Deskriptif metode penelitian kualitatif ini penting untuk diperhatikan, Karena itu, peneliti dapat mengetahui variabel yang diperlukan untuk memenuhi syarat statistik dan penemuan terhadap hasil penelitian. Salah satu cara deskriptif adalah menuruskan variabel yang digunakan dalam penelitian. Tujuan utamanya adalah menghasilkan jawaban atau pertanyaan yang sempurna tentang variabel yang diperoleh. Mulai dari tujuan dan variasi variabel sampai dengan alasan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Sebagai contoh, variabel yang perlu dipertimbangkan adalah data ilmiah, judul dan target penelitian, jumlah opini dari publik, analisis terbaru dan masuknya ke daftar referensi dalam bahan referensi.

Peneliti perlu mengetahuinya sebelum memproduksi suatu riset atau melakukannya. Dalam prakteknya, hal ini dilakukan dengan membuat catatan garis besar tentang variabel yang akan disumpahkan didalam studi. Catatan garis besar ini akan memudahkan peneliti untuk melakukan pembuktian atau pengamatan tentang variabel tersebut secara lebih akurat dan aman. Selain itu, catatan garis besar juga dapat menjamin bahwa studi ini tidak akan berhenti tanpa seluruh variabel yang telah ditentukan oleh peneliti.

Menguruskan variabel

Metode penelitian kualitatif biasanya berdasarkan alasan penelitian. Misalnya, variabel yang dituju dalam penelitian biasanya adalah variabel yang berkaitan dengan isi dan tujuan penelitian, sehingga variabel ini akan mempermudah penelitian. Selain itu, metode ini juga dapat dijadikan untuk mengatur baik statistik maupun teknik analisis yang akan dilakukan dalam penelitian tersebut.

Baca Juga :  ROA (Return on Asset): Pengertian, Rumus, Manfaat, Fungsi & Contoh Soal

Untuk menguruskan variabel, biasanya ada beberapa cara yang bisa digunakan:

1. Menggunakan metode otomatis

2. Menggunakan metode statistik

3. Menggunakan metode teknik regresi linear

4. Menggunakan metode ANOVA

Menghitung validitas penelitian

Metode penelitian kualitatif adalah metode yang bersifat deskriptif dan mencermati variabel yang diperlukan untuk mengarahkan penelitian ke arah tujuan tertentu. Metode ini dapat digunakan untuk menghitung validitas penelitian sehingga dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang hasil penelitian. Menghitung validitas penelitian ini penting untuk memastikan bahwa hasil penelitian didasarkan pada fakta dan bukan eksperimen. Dengan mengetahui validitas penelitian, para peneliti dapat berpikir lebih hati terhadap data yang diperoleh dalam penelitiannya.

Metode penelitian kualitatif memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah bahwa metode ini tidak cenderung memberikan gambaran yang jauh lebih jelas atas hasil penelitian daripada metode yang lainnya. Selain itu, metode ini juga mempunyai potensi sementara untuk menghasilkan data bias dan tidak terkoordinasi dengan tujuan penelitian. Namun demikian, metode ini masih sangat efektif untuk mengetahui validitas penelitian dalampenelitian kualitatif.

Pemecahan masalah validitas penelitian dalam penelitian kualitatif meliputi beberapa hal seperti: Menghitung variabel yang diperlukan, menentukan nilai perbandingan antara variabel dan rata-rata populasi, mensimulasikan nilai perbandingan antara variabel dan rata-rata populasi, dan menghitung dampak validitas penelitian terhadap kepentingan utama berdasarkan rumus Validitas Hubungan

Menggunakan metode statistik

Metode statistik adalah metode yang bersifat deskriptif yang mencermati variabel yang diperlukan untuk mengarahkan penelitian ke arah tujuan tertentu. Metode ini dapat digunakan untuk menghitung validitas penelitian sehingga dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang hasil penelitian.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Paha - Pengertian, Bagian-Bagian, Otot-Otot Yang Melekat

Metode statistik mempunyai banyak keuntungan sebagai alternatif untuk menghitung validitas penelitian. Dalam membandingkan dengan metode tes uji kualitatif, metode statistik lebih ditentukan pada tujuan dan cara mengumpulkan data. Misalnya, metode statistik dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang hasil penelitian dalam hal pengujian peranan variabel tersebut terhadap keberhasilan penelitian. Selain itu, metode statistik juga mudah dipakai dan mempunyai data yang cepat terdownload. Bisa pula digunakan untuk menganalisis data yang sedang berlangsung atau data baru yang baru saja dilampirkan oleh peneliti.

Selain itu, metode statistik juga memiliki karakteristik yang tidak semua metode tes uji kualitatif terlibat dalamnya. Hal ini berarti metode statistik mempunyai kelebihan dibandingkan dengan metode tes uji kualitatif. Satu hal yang baik dari metode statistik yaitu ketika digunakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang variabel yang diperlukan untuk tujuan penelitian, misalnya Validitas Dasar. Namun, suatu hal yang tidak baik lagi adalah ketika analisis data dilakukan dengan metode statistik adalah tidak sempurn

Metode penelitian kualitatif memiliki keunggulan untuk mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang hasil penelitian. Dengan dilakukan dengan benar, metode ini memberikan hasil valid dan efektif untuk membantu dalam menentukan hasil penelitian.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru