Lengkap!! Ini Contoh Pakta Integritas Guru Penggerak untuk Angkatan 11

- Penulis

Senin, 17 Juni 2024 - 08:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Dibawah ini merupakan informasi lengkap tentang Contoh Pakta Integritas Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 11. Perlu dipahami, pakta integritas merupakan suatu pernyataan yang berisikan komitmen seseorang guru untuk mematuhi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku.

Pada konteks pendidikan, pakta integritas adalah suatu pernyataan komitmen seorang guru untuk dapat melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya secara jujur, adil, dan transparan. Adapun, pakta integritas guru penggerak ini adalah salah satu dokumen penting yang harus ditandatangani oleh setiap calon guru penggerak yang mana dinyatakan lulus seleksi.

Pakta integritas ini berisikan komitmen guru penggerak untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru penggerak dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta akuntabilitas. Berikut ini merupakan pakta integritas guru penggerak angkatan 11.

Pakta Integritas Guru Penggerak Angkatan 11

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Andita]

NIP: [5647829]

Jenis Kelamin: [Perempuan]

Tempat, tanggal lahir: [Probolinggo, 27 Mei 1997]

Alamat: [Probolinggo, Jawa Timur]

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya berkomitmen penuh untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru penggerak dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan akuntabilitas, sebagai berikut: ,

1. Integritas

Saya akan menjalankan tugas dan tanggung jawab saya secara penuh sebagai guru penggerak dengan jujur, adil, dan transparan. Saya juga akan menghindari segala bentuk korupsi, kolusi, dan nepotisme saat menjalankan tugas saya.

2. Profesionalisme

Saya akan menjalankan tugas dan tanggung jawab saya secara penuh sebagai guru penggerak dengan segala dedikasi dan tanggung jawab. Saya juga akan selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme saya sebagai seorang guru penggerak.

3. Akuntabilitas

Saya akan bertanggung jawab secara penuh atas segala tindakan dan keputusan yang saya ambil saat melaksanakan tugas saya sebagai guru penggerak. Saya juga akan selalu transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugas saya.

Baca Juga :  Sayur Lodeh Gurih Resep Ala Rachveda, Ada Petai dan Udang Kering

Pakta integritas ini saya buat secara sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Saya akan menjalankan pakta integritas ini dengan penuh tanggung jawab. Demikian pakta integritas ini saya buat dan saya tanda tangani dengan keadaan yang sebenar-benarnya.

[Probolinggo, 17 Juni 2024]

[Andita]

[5647829] ,

Penjelasan Pakta Integritas Guru Penggerak Angkatan 11

Lengkap!! Ini Contoh Pakta Integritas Guru Penggerak untuk Angkatan 11 (1)

Pakta integritas guru penggerak terdiri atas tiga poin utama, diantaranya sebagai berikut:

Integritas

Dalam poin ini, guru penggerak harus berkomitmen secara penuh untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan jujur, adil, dan transparan. Guru penggerak juga harus berkomitmen tinggi untuk menghindari segala bentuk korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Profesionalisme

Dalam poin ini, guru penggerak harus berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Guru penggerak juga perlu berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya.

Akuntabilitas

Dalam poin ini, guru penggerak harus memiliki komitmen untuk bertanggung jawab ari segala tindakan dan keputusan yang diambilnya dalam pengadaan tugasnya. Guru penggerak juga perlu berkomitmen untuk selalu transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugasnya.

Pakta integritas adalah sebuah dokumen penting yang wajib dipegang teguh oleh setiap guru penggerak. Guru penggerak harus nisa selalu berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta akuntabilitas.

Isi Pakta Integritas Peserta PGP

  1. Akan mengikuti segala aturan yang dibuat oleh penyelenggara program pendidikan guru penggerak, yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan BBGP/BGP Penyelenggara.
  2. Akan mengikuti segala rangkaian program pendidikan guru penggerak yang diadakan penyelenggara sampai tuntas, sesuai pada panduan yang diberikan penyelenggara.
  3. Akan menjalankan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab sebagai guru penggerak jika dinyatakan lulus pendidikan guru penggerak.
  4. Selalu menjunjung tinggi etika, integritas, Program Pendidikan Guru Penggerak dan nama baik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  5. Selalu menjunjung tinggi etika akademik, termasuk dengan tidak mengunggah ulang bahan ajar Pendidikan Guru Penggerak di laman pribadi, dan tidak melakukan plagiarisme di semua kegiatan.
  6. Jika dalam proses pendidikan guru penggerak, saya diketahui telah melanggar poin 1 – 5, dan dinyatakan memberi data, dokumen, pernyataan yang tidak benar, mulai dari proses rekrutmen sampai pendidikan, maka status peserta saya dapat digugurkan.
  7. Tidak sedang dan tidak akan terlibat dalam seluruh bentuk tindak pidana ataupun aktivitas dan/atau perbuatan yang termasuk ke dalam kejahatan ataupun perbuatan yang melanggar hukum.
Baca Juga :  Karakteristik Belajar Orang Dewasa Di Sekolah Penggerak

Manfaat Pakta Integritas Guru Penggerak

Pakta integritas guru penggerak mempunyai beberapa manfaat, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran. Pakta integritas perlu membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena guru penggerak yang berintegritas akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.
  2. Membangun kepercayaan publik. Pakta integritas membantu membangun kepercayaan publik kepada guru penggerak. Guru penggerak yang berintegritas akan menjadi panutan untuik masyarakat.
  3. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Pakta integritas membantu menciptakan lingkungan kerja secara kondusif. Guru penggerak yang berintegritas akan dapat bekerja sama dengan baik bersama rekan kerja lainnya.

Kesimpulan

Dengan adanya pakta integritas diatas, diharapkan setiap guru penggerak bisa menjadi teladan bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Demikian pembahasannya, semoga informasi terkait pakta integritas guru penggerak diatas bermanfaat.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru