Sebenarnya pendidikan tidak hanya diberikan pada saat seorang anak memasuki lembaga belajar mengajar. Pendidikan diberikan bahkan sejak seorang anak berada dalam kandungan ibunya. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan krusial, karena merupakan faktor penentu kemajuan bangsa. Melalui pendidikan, seseorang yang awalnya tidak tahu apa-apa menjadi ahli di bidangnya. Oleh karena itu, keberadaan pendidikan harus memiliki landasan yang jelas. Yuk, simak pembahasannya lebih jelas di bawah ini.

Pengertian Pendidikan Dasar

Landasan pendidikan adalah landasan dasar yang secara konseptual digunakan dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya landasan, suatu pendidikan akan berjalan tanpa tujuan yang pasti.

Hal itu justru akan menciptakan kesenjangan pendidikan melalui cengkeraman komersialisasi. Oleh karena itu, pendidikan harus dibangun di atas landasan yang jelas. Salah satu contoh landasan pendidikan adalah UUD 1945.

Pengertian Menurut Para Ahli

Lantas, apa artinya menurut para ahli?

1. Anak yatim

Tempat pijakan, titik tolak, atau landasan dalam menyelenggarakan pendidikan.

2. Tatang Syarifuddin

Seperangkat asumsi yang digunakan sebagai titik awal dalam pendidikan.

3.Suyitno

Landasan yang mengarah pada bentuk fisik dan mengarah pada konsep atau teori.

Tujuan Yayasan Pendidikan

Sebagai landasan, tujuannya adalah sebagai berikut.

  1. Memperkokoh fondasi sistem pendidikan agar lebih berkualitas.
  2. Mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan.
  3. Membangun sumber daya manusia yang lebih cerdas dan berkualitas.
  4. Menciptakan pola kerja dan pola pikir yang harmonis dalam dunia pendidikan.

Fungsi Dasar Pendidikan

Fungsinya adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai tolok ukur mutu suatu kebijakan atau program pendidikan.
  2. Sebagai pedoman konkrit dalam praktek pendidikan.
  3. Sebagai pedoman dasar yang harus dijunjung tinggi oleh pendidik dan tenaga kependidikan.
  4. Sebagai dasar untuk mencetuskan ide atau gagasan yang berkaitan dengan konsep pendidikan.

Jenis Dasar Pendidikan

Secara umum jenis-jenis tersebut terbagi menjadi tujuh, yaitu sebagai berikut.

1. Dasar hukum

Republik Indonesia adalah negara hukum. Semua yang ada di dalamnya—termasuk pendidikan—harus tunduk dan patuh pada hukum yang berlaku.

Contoh dasar hukum yang mengatur pendidikan di Indonesia adalah UUD 1945 Pasal 31 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan dan GBHN 1993, dan lain-lain.

2. Landasan filsafat

Landasan filsafat adalah landasan yang berkaitan dengan hakikat pendidikan itu sendiri. Contoh landasan filsafat adalah sebagai berikut.

  1. Kehadiran dan kedudukan manusia sebagai makhluk Tuhan di dunia.
  2. Masyarakat dan budaya terbentuk di dalamnya.
  3. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki banyak keterbatasan.

3. Dasar sejarah

Indonesia adalah bangsa yang besar karena sejarahnya. Indonesia bisa bangkit seperti sekarang ini karena sejarah menyedihkan di masa lalu.

Sejarah selalu menyimpan berbagai informasi, seperti konsep, praktik, nilai moral, bentuk, dan lain-lain. Informasi inilah yang harus terus digali untuk menjadi dasar bagi generasi sekarang dan mendatang.

4. Landasan sosial budaya

Landasan sosial budaya adalah landasan yang bersumber dari hubungan sosial antara individu dengan budaya yang terbentuk di lingkungannya.

Sosial budaya merupakan bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat. Jika tidak ada sosial budaya, masyarakat akan hidup dalam kehampaan dan tanpa makna.

5. Dasar psikologi

Landasan psikologi adalah asumsi yang berasal dari kajian psikologi dan dijadikan landasan dalam dunia pendidikan. Misalnya, seorang pendidik harus mampu memahami karakter/perilaku anak didiknya seiring dengan perubahan yang terjadi pada perilaku tersebut. Tidak hanya itu, pendidik harus selalu mencari solusi untuk mengatasi perubahan perilaku anak didiknya.

6. Fondasi ekonomi

Ekonomi merupakan sumber penghidupan manusia. Untuk memenuhi kebutuhannya, setiap manusia akan selalu melakukan kegiatan ekonomi.

Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan. Landasan ekonomi merupakan landasan dasar dalam mengatur proses-proses yang berlangsung dalam pendidikan.

7. Landasan agama

Landasan agama merupakan landasan dasar untuk membentuk keimanan dan kekuatan karakter pada setiap individu. Dengan demikian, landasan keagamaan harus ditanamkan sejak dini kepada siswa melalui lembaga pendidikan seperti sekolah.

Ruang Lingkup Yayasan Pendidikan

Fondasi yang dibangun harus memiliki ruang lingkup tertentu. Ruang lingkup landasan pendidikan merupakan batasan dalam pendidikan yang bertujuan membentuk peserta didik menjadi pribadi yang aktif dan mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Berikut ini adalah ruang lingkup yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

1. Filsafat pendidikan

Filsafat pendidikan merupakan titik tolak perumusan suatu kebijakan pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan nasional.

2. Sosiologi pendidikan

Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari interaksi sosial dalam lingkungan pendidikan. Adanya sosiologi pendidikan mampu meningkatkan sinergi kerjasama antara individu dengan pendidikan.

3. Budaya

Kebudayaan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan sebagai landasan dalam pendidikan. Budaya akan menghasilkan pola belajar tertentu pada setiap individu.

4. Kondisi psikologis

Dalam lingkup ini, peserta didik merupakan subjek yang harus mengalami perkembangan dalam pendidikan. Dalam memberikan pelajaran, pendidik harus mempertimbangkan kondisi atau karakter peserta didik.

5. Teknologi

Teknologi merupakan faktor utama penunjang terselenggaranya pendidikan yang efektif, efisien, dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Tanpa teknologi, pendidikan tidak akan berjalan maksimal. Sebab, setiap kebijakan akan sulit didistribusikan secara merata ke seluruh Indonesia.

Berdasarkan pembahasan di atas, tersirat betapa pentingnya bagi guru untuk memahami landasan pendidikan. Ingat, guru adalah garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan siswa di kelas.

Itulah pembahasan Quipper Blog kali ini. Semoga bisa menjawab pertanyaan Bapak/Ibu. Jika Anda ingin mendapatkan update informasi lainnya seputar dunia pendidikan, cek terus Blog Quiper. Salam Quippers!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *