Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Faktor, Jenis & Contoh

- Penulis

Kamis, 22 Juni 2023 - 23:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kebutuhan manusia didasarkan pada sumber daya yang ditemukan di alam. Manusia memanfaatkannya dengan mengolahnya menjadi barang. Selain hewan dan tumbuhan, manusia juga memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan itu sendiri.

Kegiatan yang dilakukan oleh manusialah yang menyebabkan perubahan keseimbangan alam, salah satunya adalah pencemaran lingkungan. Tanpa disadari, pencemaran lingkungan juga berdampak pada diri manusia itu sendiri.

Apa itu Pencemaran Lingkungan?

Pencemaran lingkungan menurut UU RI NO. 23 Tahun 1997 adalah proses masuknya atau (sengaja) dimasukkannya zat, organisme, tenaga, atau komponen ekosistem lainnya ke dalam lingkungan hidup/lingkungan sekitar yang disebabkan oleh ulah manusia sehingga menyebabkan kualitas lingkungan hidup turun sampai tingkat tertentu sehingga lingkungan hidup tidak memiliki fungsi yang seharusnya.

Zat atau bahan yang menyebabkan pencemaran disebut polutan.

Faktor Penyebab Pencemaran Lingkungan

Beberapa faktor penyebab terjadinya pencemaran, antara lain sebagai berikut:

  • Pertambahan penduduk yang tidak terkendali atau overpopulasi
  • Pesatnya perkembangan teknologi
  • Polutannya cukup banyak dan alam sudah tidak bisa lagi menetralisirnya
  • Bahan pencemar yang kadarnya tinggi di atas batas normal
  • Masuknya polutan pada waktu yang salah
  • Kehadiran polutan tidak pada tempatnya.

Sifat polutan adalah dapat merusak sementara dan menimbulkan reaksi dengan lingkungan sekitarnya sehingga polutan tidak lagi dianggap sebagai ‘perusak’.

Bahan pencemar yang telah merusak dalam jangka waktu tertentu, misalnya DDT dan Pb dalam jumlah kecil tidak akan menyebabkan kematian pada manusia. Namun jika terus menerus terhirup/dikonsumsi oleh manusia, dapat menumpuk menjadi lemak dan menyebabkan kerusakan jaringan yang mengakibatkan kematian.

Jenis Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya sebagai berikut :

  1. Polusi udara

Pernahkah Anda melihat asap kendaraan, asap pembakaran sampah dan asap pabrik? Itu saja salah satu contoh pencemaran udara, karena terjadi di lingkungan udara.

Udara yang dihirup manusia harus bersih. Coba anda bayangkan jika anda menghirup gas karbon monoksida, jika dihirup terus menerus akan menyebabkan kematian. Itu karena gas karbon monoksida akan mengikat darah di dalam tubuh.

Selain berdampak pada manusia juga, karbon monoksida (CO2) berdampak pada lingkungan. Bagaimana jika gas CO2 di udara ada peningkatan? Peningkatan CO2 dapat menyebabkan bumi memanas sehingga menimbulkan efek rumah kaca.

  • Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global
Baca Juga :  Pengertian Tulang : Fungsi, Jenis, Struktur, Bentuk, Proses Pembentukan dan Kelainan Pada Tulang Manusia

Efek rumah kaca terjadi karena CO2 berkumpul dan membentuk lapisan-lapisan di atmosfer. Atmosfer akan ditembus sinar matahari dan memantulkannya ke permukaan bumi untuk kembali ke luar angkasa. Proses ini menghasilkan energi panas di atmosfer bumi.

Namun, dengan adanya lapisan CO2 energi panas akan kembali ke bumi, serta sinar matahari. Hal ini disebabkan oleh peningkatan panas bumi yang disebut pemanasan global.

Akibat lainnya adalah permukaan air laut akan naik akibat mencairnya gunung es di kutub, beberapa pulau kecil akan hilang dan terjadi perubahan iklim di dunia.

Kejadian ini dapat diatasi dengan mengurangi penggunaan barang yang menghasilkan gas CO2 cukup tinggi, misalnya penggunaan kendaraan bermotor.

Contoh beberapa pembakaran yaitu pembakaran batu bara yang dapat menyebabkan hujan asam. Batubara mengandung belerang yang tinggi, karenanya kandungan SO2 di udara akan meningkat. Bila digabungkan dengan uap air akan menghasilkan uap H2JADI4 yang akan jatuh ke bumi dalam bentuk hujan asam.

Beberapa kota di Indonesia yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi adalah Jakarta, Surabaya dan Medan, faktor penyebab utamanya berasal dari kendaraan bermotor.

  1. Polusi air

Air memiliki berbagai kriteria berdasarkan kegunaannya. Air yang bukan untuk diminum lebih baik digunakan untuk kebutuhan mencuci. Demikian juga air yang tidak digunakan untuk berenang mungkin lebih baik jika digunakan untuk kolam ikan atau pengairan sawah.

Pencemaran lingkungan perairan, berasal dari mikroorganisme di dalam air, limbah anorganik, dan limbah organik. Pencemaran yang disebabkan oleh mikroorganisme pada umumnya dapat menimbulkan berbagai penyakit pada makhluk hidup.

Ada beberapa mikroorganisme yang sering terlihat dan beberapa penularannya melalui air, antara lain pada tabel berikut.

Tabel Penyebaran Mikroorganisme Penyakit Yang Berasal Dari Air

TIDAK Jenis Penyakit sebagai akibat
1 Virus Kolera Muntah, dehidrasi dan diare
2 Bakteri Penyakit tipus Peradangan usus, diare, pembengkakan getah bening dan muntah
3 Protozoa Disentri, hepatitis dan disentri amuba Diare, sakit kepala, demam, dan sakit perut

Beberapa limbah organik, misalnya limbah rumah tangga, plastik, minyak dan cairan pembersih, menjadi penyebab kematian pada ikan atau organisme lain. Adapun beberapa limbah anorganik misalnya timbal, amoniak, fosfat dan kadmium dengan kadar yang tinggi dapat menyebabkan kematian organisme di perairan.

Baca Juga :  ᐅ Biaya Produksi (Pengertian, Konsep, Teori, Rumus, Unsur & Contoh)

Misalnya pada ikan, banyak ikan yang mati karena berkurangnya oksigen di dalam air yang disebabkan oleh proses degradasi dan penguraian oleh bakteri aerob yang menggunakan oksigen di dalam air dari limbah tersebut.

Selain itu, sampah anorganik dapat menyebabkan ledakan populasi alga yang dikenal dengan alga alga mekar. Fosfat dan nitrit yang berfungsi sebagai penyubur tanaman, dapat membawa aliran air hujan ke sungai, danau hingga ke laut.

Nutrisi yang melimpah menyebabkan populasi ganggang dan produsen tumbuh dan menjadi tidak terkendali.

  1. Polusi tanah

Pencemaran tanah disebabkan oleh berbagai bahan, misalnya limbah botol kaca, plastik, bahan kimia, kaleng dan berbagai logam berat. Pencemaran ini mengakibatkan terganggunya organisme di dalam tanah.

Adanya pencemaran tanah juga dapat mempengaruhi kandungan air dalam tanah secara langsung.

Ada beberapa jenis bakteri dan partikulat lain yang dapat mencemari tanah sehingga air tanah tersaring sehingga masih cukup bersih. Namun jika pencemaran tanah sangat berat dan dapat melebihi kapasitas filtrasi tanah, maka pencemar tersebut akan mencemari air tanah dan tidak mudah untuk diperbaiki.

Bioakumulasi juga dapat terjadi pada organisme di dalam tanah. Organisme tanah seperti cacing dapat menyerap bahan pencemar yang menyebabkan pencemaran lingkungan berupa logam berat yang kadarnya cukup tinggi.

  1. Polusi suara

Penyebab polusi suara berasal dari suara keras. Satuan untuk kekuatan suara disebut desibel atau dB. Berikut adalah beberapa uraian tentang pencemaran udara, antara lain.

  • Suara percakapan normal: 40 dB
  • Kebisingan: 80 dB
  • Suara dari kereta: 95 dB
  • Suara jet lepas landas: 150 dB

Apabila suara yang timbul lebih dari tingkatannya, maka dapat mengganggu pendengaran seseorang dan dapat mempengaruhi sistem metabolisme, antara lain:

  • Perubahan tekanan darah
  • Ada gangguan di hati
  • Menyebabkan stres
  • Ada kontraksi perut
  • Denyut nadi telah berubah

Sebagai manusia yang dibekali akal sehat oleh Sang Pencipta, sudah selayaknya kita bijak dalam menjaga bumi agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Makhluk hidup yang menempati bumi tidak hanya manusia, tetapi juga hewan dan tumbuhan yang harus kita lindungi.

mejakelas.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB