PusatDapodik
Home Dapodik Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka: Berikut Ini Perbedaan Persyaratan Bagi Pendaftar Umum, Cumlaude, dan Disabilitas

Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka: Berikut Ini Perbedaan Persyaratan Bagi Pendaftar Umum, Cumlaude, dan Disabilitas

incollage save 3893050804

PUSATDAPODIK.COM – Seleksi pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka dan diperkirakan akan dibuka pada bulan Mei 2024 mendatang. Menjadi PNS tentu saja menjadi impian dari banyak orang, karena masa tua yang terjamin oleh dana pensiun. Persaingan yang ketat tentu saja akan dihadapi bagi siapapun yang akan mendaftar

Seleksi CPNS 2024 dikabarkan akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun 2024 ini akan dibuka selama tiga periode. Formasi CASN 2024 akan dibuka untuk instansi pusat yaitu sebanyak 429.183 yang terdiri dari 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK.

Sedangkan alokasi untuk formasi instansi daerah yaitu sebanyak 1.867.333 yang terdiri dari 488.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Anda dapat mempersiapkan dari sekarang jika memenuhi Syarat Pendaftaran CASN 2024.

Pendaftaran CPNS 2024 memiliki perbedaan antara pelamar umum, lulusan cumlaude, dan disabilitas. Perbedaan tersebut dikhususkan untuk lulusan cumlaude dan penyandang disabilitas yang mana terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi dan berbeda dari pelamar umum.

Informasi penting bagi anda, terdapat perbedaan persyaratan pendaftaran CPNS 2024 antara pelamar umum, lulusan cumlaude, dan penyandang disabilitas. Apa saja perbedaannya, simak penjelasan di bawah ini!

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2024

Berikut ini Syarat CPNS 2024 sesuai dengan Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang pengadaan Pegawai Negeri Sipil:

  1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pelamar tidak pernah dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih
  3. Pelamar tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat, tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, atau pegawai swasta.
  4. Pelamar tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, TNI, atau Polri.
  5. Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  7. Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  8. Setelah menjadi CPNS, bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang telah ditentukan oleh instansi pemerintah
  9. Pelamar berusia 18-35 tahun pada saat melamar kecuali dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen peneliti, dan perekayasa yang boleh melamar CPNS dengan usia paling tinggi 40 tahun.

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2024 Bagi Lulusan Cumlaude

Berikut ini syarat CPNS 2024 bagi lulusan terbaik atau cumlaude:

  1. Pelamar mempunyai jenjang pendidikan paling rendah S1, tidak termasuk D-IV.
  2. Pelamar berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.
  3. Pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari kemendikbudristek.

Syratat Pendaftaran CPNS 2024 Disabilitas

Berikut ini syarat CPNS 2024 bagi penyandang disabilitas:

  1. Pelamar melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/ puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitasnya.
  2. Pelamar menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas dan disesuaikan dengan jabatan yang akan dilamar.

Bagi pendaftar CPNS 2024 dengan jenis cumlaude atau disabilitas tentu saja memiliki persamaan persyaratan dengan pendaftar umum, akan tetapi ada beberapa hal perbedaan yang harus dipenuhi jika pendaftar termasuk ke dalam pendaftar cumlaude dan penyandang disabilitas.

Demikian informasi tentang perbedaan persyaratan untuk pendaftaran CPNS Tahun 2024 antara pelamar umum, lulusan cumlaude dan penyandang disabilitas. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan dapat digunakan pedoman bagi anda yang akan mendaftar CPNS Tahun 2024. Perhatikan persyaratannya sebelum mendaftar, siapkan diri dengan baik. Selamat mencoba, semoga sukses!

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Comment
Share:

Ad