Pengertian Advokasi : Tujuan, Fungsi, Jenis Langkah-Langkah dan Contoh Advokasi

- Penulis

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Advokasi

Advokasi

Pengertian Advokasi dan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan Advokasi? Apa tujuan advokasi? Apa fungsi advokasi? Apa yang dimaksud dengan Advokasi Sosial? Apa yang dimaksud dengan advokasi dalam organisasi? Langkah-langkah dalam melakukan advokasi? Apa itu advokasi kebijakan publik? Siapa saja pendukungnya?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian advokasi menurut para ahli, tujuan, jenis dan langkah-langkah advokasi secara lengkap.

Memahami Advokasi

Advokasi merupakan suatu bentuk tindakan yang mengarah pada pembelaan, pemberian dukungan, atau rekomendasi dalam bentuk dukungan aktif.

Advokasi juga dapat diartikan sebagai bentuk upaya mempengaruhi kebijakan publik dengan menerapkan berbagai pola komunikasi persuasif.

Kata advokasi sering dikaitkan dengan lembaga bantuan hukum yang melibatkan advokat, yaitu ahli hukum yang mempunyai kewenangan untuk melakukan advokasi atau biasa disebut pengacara.

Advokasi merupakan suatu tindakan strategis dan terpadu yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk memasukkan suatu permasalahan ke dalam agenda kebijakan. Pada akhirnya, advokasi bertujuan untuk mencari solusi terhadap suatu permasalahan melalui penegakan dan penerapan kebijakan publik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Secara sempit pengertian advokasi adalah kegiatan pembelaan hukum atau litigasi yang dilakukan oleh advokat dan merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan praktek peradilan.

Advokasi adalah kegiatan individu atau kelompok dengan tujuan mempengaruhi keputusan di lembaga sosial, politik, dan ekonomi.

Advokasi melibatkan berbagai strategi yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Advokat adalah siapa saja yang peduli terhadap upaya kesehatan dan melihat perlunya hubungan untuk mendukung upaya tersebut. Aktor advokasi dapat berasal dari pemerintah, swasta, perguruan tinggi, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan tokoh-tokoh berpengaruh.

Sasaran advokasi hanya ditujukan pada kebijakan publik dengan asumsi bahwa perubahan yang terjadi pada suatu kebijakan tertentu akan memberikan dampak positif atau setidaknya menjadi awal dari perubahan yang lebih besar.

Advokasi dan lobi merupakan hal yang saling berkaitan karena tanpa lobi maka advokasi tidak akan berjalan sesuai rencana. Lobi sendiri merupakan upaya yang dilakukan untuk mempengaruhi pihak-pihak tertentu dengan tujuan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Arti lain dari advokasi adalah:

  • Makna advokasi dalam suatu organisasi adalah membangun organisasi demokrasi yang kuat agar pihak yang berwenang bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan ketrampilan dan pemahaman masyarakat mengenai bagaimana kekuasaan tersebut dijalankan.
  • Pengertian advokasi sosial adalah upaya sistematis dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendorong perubahan, dengan mendukung dan membela kelompok lemah atau mereka yang menjadi korban suatu kebijakan atau ketidakadilan.
  • Pengertian advokasi gizi adalah upaya yang dilakukan untuk memperoleh pembelaan, bantuan atau dukungan hukum terhadap program kesehatan, khususnya pencegahan masalah gizi.

Pengertian Advokasi Menurut Para Ahli

Zastrow (1982)

Advokasi merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada klien untuk mendapatkan layanan yang sebelumnya mereka tolak dan memberikan perluasan layanan tersebut agar banyak masyarakat yang tertampung.

John Hopkins (1990)

Advokasi merupakan upaya mempengaruhi kebijakan melalui berbagai bentuk komunikasi persuasif dengan menggunakan informasi yang akurat dan tepat.

Baca Juga :  Pengertian, Rumus dan Hukum Proust (Perbandingan Tetap) Kimia

Kaminski dan Walmsley (1995)

Advokasi merupakan pekerjaan yang memberikan bimbingan mengenai keunggulan pekerjaan sosial dibandingkan dengan profesi lainnya.

Sheila Espine Vilaluz

Advokasi merupakan suatu tindakan strategis dan terpadu yang dilakukan oleh individu dan kelompok untuk memasukkan isu atau permasalahan ke dalam rancangan dan rencana kebijakan. Dan advokasi dapat berarti membangun basis dukungan terhadap kebijakan publik yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Scheneider

Advokasi tidak lengkap tanpa mencapai kriteria kejelasan (clarify), terukur (can be terukur), dapat dibatasi (limited), tindakan terarah (action centric), terfokus pada kegiatan.

Ensiklopedia Webster

Advokasi adalah tindakan memohon untuk mendukung atau merekomendasikan dukungan aktif atau tindakan pembelaan, dukungan atau rekomendasi.

Mansour Faqih, Alm., dkk

Advokasi merupakan upaya sistematis dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendorong perubahan kebijakan publik secara bertahap dan progresif (inkremental).

Tujuan dan Fungsi Advokasi

Secara umum tujuan advokasi adalah menyelesaikan perselisihan antar masyarakat dan antar kelompok. Jadi kegiatan advokasi erat kaitannya dengan hukum. Advokasi berfungsi sebagai alat yang ampuh untuk mencari keadilan.

Advokasi dapat muncul di berbagai tingkatan mulai dari lokal, nasional hingga internasional dengan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan advokasi serta mempunyai tujuan penting untuk memperjuangkan solusi permasalahan yang ada saat ini.

Kesadaran masyarakat mengenai advokasi dan serangkaian undang-undang didalamnya dapat membantu mengatasi permasalahan serius yang ada di masyarakat.

Peran advokasi dalam pemberdayaan masyarakat sebagai analisis kebijakan yaitu melakukan reformasi sosial diwujudkan dengan mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan masyarakat, mengevaluasi respon pemerintah terhadap permasalahan yang ada, mengajukan opsi/pilihan dan memantau pelaksanaan kebijakan. Jadi tujuan pemberdayaan masyarakat adalah menjadikan masyarakat lebih berdaya, mempunyai daya, pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan lebih baik.

Jenis Advokasi

Advokasi terkait berbagai permasalahan dikategorikan menjadi 3 (tiga), antara lain:

Advokasi Diri

Advokasi mandiri merupakan penerapan yang dilakukan dalam skala lokal dan lingkup kecil. Misalnya saja ketika seorang mahasiswa diberhentikan sementara oleh Universitas tanpa adanya kejelasan. Maka dalam hal ini advokasi berperan untuk mencari kejelasan dan klarifikasi kepada pihak Universitas terkait permasalahan tersebut.

Advokasi Kasus

Advokasi kasus adalah advokasi yang dilakukan sebagai suatu proses pendampingan terhadap seseorang atau sekelompok orang tertentu yang belum mempunyai kemampuan untuk membela diri atau membela kelompoknya.

Advokasi Hukum

Advokasi hukum merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh lembaga atau ahli hukum untuk konsultasi, mediasi, perundingan dan juga pendampingan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar pengadilan dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang berdimensi hukum.

Langkah Advokasi

Advokasi harus direncanakan secara matang dan sistematis agar tujuan advokasi dapat menarik perhatian masyarakat dan media massa yang diharapkan dapat memberikan dukungan. Berikut langkah-langkah dasar dalam melakukan advokasi, antara lain:

Menentukan Strategi Masalah Suatu Masalah

Sebuah advokasi harus mempunyai fokus permasalahan yang jelas. Misalnya saja terdapat masalah kesejahteraan petani dimana serikat tani di suatu desa menuntut pemerintah menurunkan harga pupuk, karena harga pupuk yang tinggi membuat petani hanya mampu membeli pupuk dalam jumlah sedikit dan mengakibatkan tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga :  Filum Mollusca: Ciri-ciri, Pengelompokan & Contoh

Mengumpulkan data

Data penting karena merupakan bukti nyata. Data yang dikumpulkan harus menunjukkan perbandingan angka dari tahun ke tahun. Misalnya saja serikat tani yang menampilkan data harga pupuk dalam lima tahun terakhir yang terus mengalami kenaikan harga. Selain itu juga ditampilkan data penggunaan pupuk petani selama 5 tahun terakhir.

Bentuk Aliansi dengan Organisasi Kepentingan Serupa

Dengan membentuk sekutu atau aliansi yang merupakan unsur advokasi akan meningkatkan sumber daya massa, dengan jumlah massa yang besar akan membuat media tertarik untuk meliputnya. Selain itu, jumlah massa yang banyak setidaknya akan membuat lawan takut.

Pelemparan Isu dan Kampanye Massal

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyampaikan permasalahan kepada masyarakat, antara lain dengan mengadakan konferensi pers di media massa dan menyebarkan selebaran berisi tuntutan advokasi.

Melobi dan Mendekati Pengambilan Keputusan

Melakukan lobi dan membangun komunikasi politik dengan pengambil keputusan di pemerintahan atau perusahaan diharapkan dapat mengubah kebijakan sehingga tujuan advokasi pada akhirnya dapat tercapai.

Melaksanakan komunikasi yang baik dengan media massa

Media massa menjadi kunci utama advokasi untuk memberikan informasi yang detail kepada masyarakat, sehingga perlu dijaga komunikasi yang baik dengan media massa.

Demonstrasi

Ini adalah langkah terakhir dari advokasi jika kebijakan tidak dapat diubah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan besarnya kekuatan massa, media tidak akan segan-segan meliput aksi tersebut dan secara tidak langsung akan membuat para pengambil keputusan sedikit takut.

Melakukan evaluasi

Berhasil atau tidaknya advokasi perubahan suatu kebijakan masih memerlukan evaluasi. Apabila gagal, maka evaluasi yang dilakukan adalah menentukan langkah lain yang akan dilakukan untuk mengubah kebijakan tersebut. Jika berhasil, dilakukan evaluasi untuk mempertahankan suhu pemenang.

Secara singkat langkah-langkah advokasi kebijakan publik secara umum, yaitu:

  • Pengaturan agenda.
  • Perumusan kebijakan.
  • Implementasi kebijakan.
  • Pemantauan dan evaluasi kebijakan.

Menurut Sharma (2004: 18-20), langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh para pihak, khususnya masyarakat, dalam melakukan kegiatan dan agenda advokasi, antara lain:

  • Carilah akar masalahnya.
  • Merumuskan dan memilih jalan keluar.
  • Bangun kesadaran.
  • Tindakan kebijakan.
  • Evaluasi.

Contoh Advokasi

Salah satu contoh kegiatan advokasi untuk mencapai perubahan adalah membantu mengatasi kemiskinan global. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kemiskinan adalah dengan melakukan advokasi perubahan, antara lain:

  • Mendidik masyarakat di kampus atau di tempat kerja tentang kemiskinan global dengan mengarahkan mereka untuk mengetahui langsung permasalahan yang dihadapi masyarakat yang tinggal di negara-negara miskin atau melalui film dokumenter tentang kemiskinan.
  • Menghubungi dan mendorong pejabat terpilih untuk melakukan bagian mereka dalam mengatasi kemiskinan global.
  • Menjadi sukarelawan untuk membantu mengatasi kemiskinan global baik melalui kelompok lokal atau organisasi bantuan luar negeri.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian advokasi menurut para ahli, tujuan, jenis dan langkah-langkah advokasi secara lengkap. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB