PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Pengertian Bilangan Biner: Konversi, Penjumlahan, Soal

Pengertian Bilangan Biner: Konversi, Penjumlahan, Soal

Pengertian Bilangan Biner Konversi Penjumlahan Soal

Sistem Bilangan dan Bentuk Bilangan Biner

Halo adik-adik yang budiman, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sistem bilangan dan khususnya bentuk bilangan biner. Sistem bilangan adalah cara merepresentasikan bilangan dalam bentuk simbol atau angka. Sistem bilangan yang sering digunakan adalah sistem bilangan desimal, yaitu sistem bilangan yang terdiri dari 10 digit yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Namun dalam teknologi informasi , sistem bilangan yang digunakan adalah sistem bilangan biner.

Sistem Bilangan Desimal

Sistem bilangan desimal adalah sistem bilangan yang terdiri dari 10 digit, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Sistem bilangan desimal banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam matematika. perhitungan, keuangan, dan lain-lain. Setiap bilangan dalam sistem bilangan desimal memiliki nilai kedudukan yang berbeda-beda, tergantung posisinya dalam bilangan tersebut. Misalnya pada bilangan 123, digit pertama (dari kanan ke kiri) bernilai 1, digit kedua bernilai 10, dan digit ketiga bernilai 100.

Sistem Bilangan Biner

Sistem bilangan biner adalah sistem bilangan yang hanya terdiri dari dua digit, yaitu 0 dan 1. Dalam sistem bilangan biner, setiap digit memiliki nilai posisi yang berbeda, tergantung posisinya di dalam bilangan tersebut. Misalnya pada bilangan biner 101, digit pertama (dari kanan ke kiri) bernilai posisi 1, digit kedua bernilai posisi 2, dan digit ketiga bernilai posisi 4.

Sistem bilangan biner adalah sistem bilangan yang digunakan dalam komputer dan teknologi informasi karena hanya membutuhkan dua syarat yang dapat diwakili oleh bilangan 0 dan 1. Bilangan biner digunakan untuk merepresentasikan informasi digital seperti teks, gambar dan suara dalam bentuk bilangan biner.

www.bospedia.com

Comment
Share:

Ad