Pengertian Dan Manfaat Keberadaan Virus Bagi Kehidupan Manusia

- Penulis

Minggu, 4 Februari 2024 - 08:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

manfaat viurs bagi manusia

manfaat viurs bagi manusia

Sejak awal ditemukannya virus, keberadaan virus selalu dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit. Virus juga dapat merugikan manusia karena dapat mengancam kelangsungan persediaan pangan melalui infeksi pada hewan ternak dan tanaman pangan. Dengan reputasi yang dimilikinya, apakah keberadaan virus masih bermanfaat bagi manusia?

manfaat virus bagi manusia

Kontribusi virus terhadap sains disebabkan oleh kesederhanaan struktur virus. Berdasarkan sel yang terinfeksi virus, para ilmuwan dapat lebih memahami cara kerja sel dalam mengikuti instruksi genetik untuk menghasilkan protein. Hal ini dikarenakan materi genetik virus sangat sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan diamati jika dibandingkan dengan sel organisme lain yang lebih kompleks.

Virus juga berguna dalam pembuatan vaksin. Vaksin pertama, dibuat jauh sebelum strukturnya sendiri ditemukan. Pengembangan vaksin dapat mencegah infeksi fatal sekaligus mengurangi angka kematian. Sementara itu, saat ini sedang dikembangkan berbagai macam vaksin generasi baru yang melibatkan rekayasa genetika. Teknologi ini telah memanfaatkan virus Vaksinasi, yaitu gen yang bertanggung jawab dan digunakan sebagai vaksin penyakit cacar (cacar) diolah menjadi “protein asing”.

Baca Juga :  Pengaruh Kebudayaan Hindu-Buddha Dan Terbetuknya Kerajaan Di Indonesia

Tapi jika Vaksinasi dimasukkan ke dalam tubuh, diharapkan sel tersebut terinfeksi. Gen yang disisipkan tidak membentuk protein asing yang dianggap antigen. Sedangkan kehadiran antigen sendiri akan merangsang sistem imun untuk membentuk antibodi. Dan teknologi ini telah dikembangkan untuk membuat vaksin cacar, hepatitis, dan hiper.

Virus digunakan dalam terapi gen untuk penyakit yang disebabkan oleh cacat pada gen distrofin sehingga sel gagal memproduksi protein tertentu. Prinsip dasar terapi gen adalah dengan memasukkan gen distrofin yang normal ke dalam genom virus, kemudian virus akan dimasukkan ke dalam tubuh dan kemudian menginfeksi sel, sehingga diharapkan gen distrofin yang normal dapat menggantikan gen yang rusak tersebut. Hasilnya, sel-sel akan kembali membentuk protein yang dibutuhkan tubuh. Dalam hal ini, virus digunakan sebagai kendaraan (kendaraan) untuk memasukkan gen sehat ke dalam sel target.

Baca Juga :  Surat Keterangan Sekolah Mengikuti OSN Tahun 2023

Virus juga berkontribusi terhadap kemajuan rekayasa genetika. Seperti yang telah kita ketahui, golongan retrovirus memiliki enzim transkripsi balik yang tidak terdapat pada organisme lain. Dan enzim jenis ini akan digunakan untuk membalikkan cetakan DNA dari mRNA. Gen spesifik yang menjadi target penelitian biasanya hanya memiliki satu salinan di dalam sel sehingga akan sangat sulit untuk diisolasi. Namun sebaliknya, di dalam sitoplasma sel terdapat banyak sel RNA yang pada dasarnya merupakan transkrip gen tersebut. Dengan banyaknya mRNA maka akan lebih mudah untuk diisolasi. Dan mRNA yang diisolasi dapat digunakan sebagai cetakan pembuatan DNA dengan memanfaatkan enzim transkripsi balik. Dengan menggunakan enzim ini, proses isolasi gen tertentu menjadi lebih mudah dengan menggunakan cetakan mRNA.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru