Pengertian Geografi Sosial : Ciri, Unsur, Konsep dan Kajian Geografi Sosial

- Penulis

Senin, 8 Januari 2024 - 06:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Geografi Sosial

Geografi Sosial

Memahami Geografi Sosial – Apa yang dimaksud dengan geografi sosial? Apa itu geografi sosial? Apa konsep geografi sosial? Apa saja unsur geografi sosial?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian geografi sosial menurut para ahli, ciri-ciri, unsur-unsur, konsep dan kajian geografi sosial secara lengkap.

Memahami Geografi Sosial

Geografi sosial adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya, yaitu manusia lain atau kelompok manusia di sekitarnya. Yang dimaksud dengan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder, tentu akan memanfaatkan lingkungan yang ada disekitarnya.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli

Watson (1957)

Geografi Sosial merupakan identifikasi wilayah atau wilayah berdasarkan sekumpulan fenomena sosial dalam kaitannya dengan lingkungan secara keseluruhan.

Phal (1965)

Geografi Sosial adalah studi tentang pola sosial dan proses populasi dalam ruang tertentu.

Buttimer (1968)

Geografi Sosial adalah ilmu yang mempelajari pola keruangan dan hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosialnya, struktur internal dan eksternal kegiatan penduduk serta berbagai saluran komunikasinya.

Bintarto (1968)

Geografi Sosial merupakan ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara jumlah penduduk dengan kondisi alam untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Tanpa Mata (1974)

Geografi sosial sebagai analisis pola dan proses sosial yang timbul dari distribusi dan keterjangkauan sumber daya yang langka.

Berorientasi masalah, atau dengan kata lain geografi sosial harus menangani dampak spasial sosial dari kelangkaan dan distribusi sumber daya yang tidak wajar yang dapat dimanfaatkan.

Jones (1975)

Geografi Sosial merupakan ilmu yang bertugas untuk mengetahui pola-pola yang timbul dari sekelompok orang yang memanfaatkan ruang, serta mengetahui proses terbentuknya dan proses perubahan pola-pola tersebut

Nursid Sumaadmadja (1981)

Geografi sosial merupakan salah satu cabang geografi manusia yang bidang kajiannya adalah aspek spasial dari karakteristik populasi, organisasi, organisasi sosial, serta unsur budaya dan masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial

Gregory & Urry (1985)

Geografi sosial memperhatikan analisis spasial dalam menganalisis permasalahan sosial, memperhatikan pentingnya ruang sebagai tempat kehidupan dan interaksi sosial, struktur sosial dan hubungan sosial.

Baca Juga :  Arti Bunyi Beep Pada Komputer Berdasarkan Jenis dan Penjelasannya

Harvey (1989) & Soja (1989)

Geografi sosial sebagai ilmu memperhatikan aspek spasial dalam teori sosial. Kajian ini merupakan ciri kajian geografi modernis dan postmodernis.

Johnston dkk. (2000)

Geografi sosial sebagai studi tentang hubungan sosial dan struktur spasial. Kajian ini menempatkan manusia sebagai subjek kajian yang mencakup aspek kependudukan, ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Ciri-ciri Geografi Sosial

Geografi sosial erat kaitannya dengan geografi manusia yang diperkenalkan pada awal abad ke-20 di Sekolah Perancis. Paul Vidal De Lablace menekankan pentingnya hubungan manusia dengan alam. Ciri-ciri atau ciri-ciri geografi sosial, antara lain:

  • Kepribadian daerah merupakan hasil cara masyarakat memanfaatkan sumber daya alam.
  • Masyarakat bereaksi terhadap habitatnya.
  • Manusia mengatur dirinya sendiri dan berinteraksi satu sama lain.

Elemen Geografi Sosial

Unsur geografi sosial, antara lain:

  • Manusia, baik yang berwujud masyarakat atau komunitas.
  • Lingkungan Alam, termasuk topografi, iklim, tanah dan sebagainya.

Konsep Geografi Sosial

Ada 3 (tiga) konsep geografi sosial, antara lain:

Ruang

Secara geografis, ruang angkasa adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup makhluk hidup baik manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme lainnya.

Arti ruang dalam geografi sosial yaitu:

  • Tempat/wadah benda atau perilaku.
  • Tempat yang dapat digunakan untuk kegiatan usaha.
  • Hal-hal yang dapat diatur dan dimanfaatkan oleh dan untuk manusia.

Proses

Proses merupakan tindakan manusia dalam beradaptasi dan memanfaatkan lingkungan. Ada dua proses yaitu proses makro dan proses mikro.

Proses mikro sosial merupakan proses yang menekankan pada aktivitas individu dan kelompok masyarakat, misalnya perpindahan rumah seseorang dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan proses makro adalah proses yang menekankan pada masyarakat secara umum, misalnya migrasi, transmigrasi, urbanisasi, gelombang pengungsi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Konflik Sosial

Pola

Pola merupakan suatu proses yang terjadi secara berulang-ulang, dalam hal ini pola hidup dan penghidupan yang berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain mencerminkan perbedaan sifat wilayah dan jumlah penduduknya sehingga akan tercipta lanskap sosial yang berbeda pula. Lanskap sosial adalah sekelompok atau beberapa kelompok masyarakat yang mendiami suatu wilayah dan mempunyai kesamaan pemikiran terhadap lingkungannya.

Baca Juga :  Energi Kinetik: Pengertian, Rumus, Penerapan, Soal

Studi Geografi Sosial

Kajian geografi sosial dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Selain itu, geografi sosial digunakan sebagai sarana pengelolaan sumber daya dan lingkungan. Hal ini dapat menciptakan aktivitas manusia menjadi lebih produktif di berbagai bidang.

Secara sederhana, geografi sosial adalah ilmu yang mempelajari dan menganalisis geografi yang mencakup analisis fenomena manusia dan fenomena alam serta analisis sebaran, interelasi, dan interaksinya dalam suatu ruang kajian. Berikut beberapa contoh kajian geografi dalam lingkup geografi sosial, antara lain kepadatan penduduk berdasarkan ketinggian di atas permukaan laut.

Cabang Geografi Sosial

Geografi berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan sosial. Berikut hubungan geografi sosial dengan ilmu-ilmu sosial lainnya.

Geografi manusia

Geografi manusia merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan pendekatan akademik geografi dengan materi ilmu sosial tradisional, sehingga menekankan pada permasalahan kependudukan seperti urbanisasi, pariwisata dan lain-lain.

Geografi Politik

Geografi politik adalah cabang geografi manusia yang mempelajari studi tentang hasil proses politik yang tidak merata secara spasial serta bagaimana proses politik dipengaruhi oleh struktur spasial.

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi adalah studi tentang lokasi, distribusi dan organisasi spasial kegiatan ekonomi di seluruh dunia.

Selain itu, ada beberapa cabang geografi sosial lainnya, antara lain:

  • Geografi Pariwisata
  • Geografi Budaya
  • Geografi Sejarah
  • Geografi Kota
  • Geografi Pembangunan
  • Geografi Transportasi
  • Demografi

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian geografi sosial menurut para ahli, ciri-ciri, unsur-unsur, konsep dan kajian geografi sosial secara lengkap. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru