PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian Hukum Administrasi Negara : Fungsi, Sumber, Asas, Ruang Lingkup dan Contoh Hukum Administrasi Negara

Pengertian Hukum Administrasi Negara : Fungsi, Sumber, Asas, Ruang Lingkup dan Contoh Hukum Administrasi Negara

Hukum Administrasi Negara

Pengertian Hukum Administrasi Negara (HAN) – Apa yang dimaksud dengan hukum administrasi negara? Apa fungsi hukum administrasi negara? Apa ruang lingkup hukum administrasi negara? Hal-hal apa saja yang diatur dalam Hukum Tata Usaha Negara? Mengapa hukum administrasi negara penting bagi suatu negara? Mengapa hukum administrasi negara disebut hukum khusus? Apa hubungan Hukum Tata Usaha Negara dengan Hukum Tata Negara?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi mengenai pengertian hukum administrasi negara menurut istilah, fungsi, sumber, asas, ruang lingkup dan contoh hukum administrasi negara secara lengkap.

Pengertian Hukum Administrasi Negara

Hukum Administrasi Negara (HAN) merupakan bagian dari hukum publik yang mengatur tindakan pemerintahan dan mengatur hubungan pemerintahan dengan warga negara atau hubungan antar organ pemerintahan. Hukum administrasi negara ini memuat segala peraturan yang berkaitan dengan bagaimana organ pemerintahan menjalankan tugasnya. Pada hakikatnya undang-undang ini memuat aturan mengenai fungsi organ dalam pemerintahan atau kegiatan pemerintahan.

Hukum administrasi negara adalah seperangkat peraturan yang memungkinkan penyelenggaraan negara menjalankan fungsinya, juga melindungi warga negara terhadap tindakan administrasi negara dan melindungi administrasi negara itu sendiri.

Pengertian hukum administrasi negara adalah suatu cabang ilmu hukum yang mempelajari tindakan-tindakan dalam penyelenggaraan negara. Nama lain dari hukum administrasi negara adalah hukum pemerintahan dan hukum administrasi.

Hukum administrasi negara juga dapat diartikan sebagai peraturan hukum mengenai penyelenggaraan negara, dimana hubungan antara warga negara dengan pemerintahnya dapat berjalan dengan baik dan aman.

Singkatnya, hukum administrasi negara adalah peraturan mengenai segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara yang dilaksanakan oleh pejabat negara dalam rangka mencapai tujuan negara.

Hukum administrasi negara penting bagi suatu negara karena keberadaan hukum administrasi negara memungkinkan administrasi negara dapat menjalankan fungsinya dan melindunginya dari perbuatan salah menurut hukum.

Hukum administrasi negara disebut hukum khusus karena undang-undang ini mempunyai kekuasaan khusus atau istimewa yang mana pemberian kekuasaan lebih dapat bersifat memaksa.

Hubungan antara hukum administrasi negara dan hukum ketatanegaraan sangat erat kaitannya karena keduanya mempunyai objek kajian yang sama yaitu negara. Hukum Tata Negara adalah undang-undang yang mengatur tentang pembentukan lembaga negara di pusat dan daerah, sedangkan Hukum Tata Negara adalah undang-undang yang mengatur tentang tata cara lembaga negara dalam menjalankan fungsinya. Selain itu Hukum Tata Negara juga berfungsi memberikan kewenangan kepada lembaga-lembaga negara yang dibentuk, dan Hukum Tata Negara akan mengatur hubungan antara lembaga-lembaga tersebut dengan warga negara, sehingga dapat dikatakan bahwa sebelum mempelajari Hukum Tata Negara perlu mempelajari Konstitusi. Hukum dulu.


Pengertian Hukum Administrasi Negara Menurut Para Ahli

Buka Hein

Hukum Administrasi Negara merupakan gabungan ketentuan-ketentuan yang mengikat badan tinggi dan rendah jika badan tersebut menggunakan kewenangan yang telah diberikan kepadanya oleh Undang-Undang Tata Negara.

JHP Beltefroid

Hukum Administrasi Negara adalah keseluruhan peraturan mengenai bagaimana perangkat pemerintah dan badan negara serta panel pengadilan tata usaha negara menjalankan tugasnya.

Logeman

Hukum Administrasi Negara adalah seperangkat norma yang mengkaji hubungan hukum khusus yang ada untuk memungkinkan pejabat tata usaha negara melaksanakan tugas khusus mereka.

De La Bascecoir Anan

Hukum Administrasi Negara adalah seperangkat peraturan tertentu yang menyebabkan Negara berfungsi atau bereaksi dan peraturan tersebut mengatur hubungan antara warga negara dengan pemerintah.

LJ Van Apeldoorn

Hukum Administrasi Negara merupakan sejumlah peraturan yang harus diperhatikan oleh para pendukung kekuasaan yang diserahi tugas pemerintahan.

AAH Strungken

Hukum Administrasi Negara adalah peraturan yang mengatur setiap cabang kegiatan penguasa itu sendiri.

JP Hooykaas

Hukum Administrasi Negara merupakan ketentuan mengenai intervensi dan perlengkapan negara pada sektor swasta.

Pak. W.Ivor Jennings

Hukum Tata Usaha Negara merupakan undang-undang yang berkaitan dengan Tata Usaha Negara, undang-undang ini menentukan organisasi kekuasaan dan tugas pejabat tata usaha negara.

Marcel Waline

Hukum Administrasi Negara adalah keseluruhan peraturan yang mengatur kegiatan aparatur Negara yang bukan merupakan aparatur negara atau kekuasaan kehakiman yang menentukan luas dan batas kekuasaan aparatur tersebut, baik terhadap anggota masyarakat maupun antar aparatur itu sendiri, atau juga keseluruhan peraturan yang mempertegas syarat-syarat bagaimana badan negara/administrasi memperoleh hak dan membebankan kewajiban kepada warga masyarakat dengan peraturan mengenai perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Hukum Agraria

E.Utrecht

Hukum Administrasi Negara mengkaji hubungan hukum khusus yang ada untuk memungkinkan pejabat pemerintah Negara melaksanakan tugas khusus mereka.

Prajudi Atmosudirdjo

Hukum Administrasi Negara adalah hukum mengenai penyelenggaraan dan pengendalian kekuasaan administratif atau pengawasan terhadap kewenangan administratif.

Bachsan Mustofa

Hukum Administrasi Negara merupakan suatu gabungan jabatan yang dibentuk dan disusun secara bertahap yang diserahi tugas melaksanakan sebagian pekerjaan pemerintahan dalam arti luas yang tidak didelegasikan kepada badan pembuat undang-undang dan lembaga peradilan.

AKU Dimock dan PERGI Dimock

Hukum Administrasi Negara merupakan hukum yang mempelajari bagian-bagian administrasi umum yang mempunyai bidang yang lebih luas, yaitu suatu ilmu yang mempelajari bagaimana lembaga-lembaga mulai dari keluarga hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa disusun, digerakkan dan diarahkan.

John M.Pfiffer dan Robert V

Hukum Administrasi Negara adalah hukum yang mempelajari proses-proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan pemerintah, mengarahkan keterampilan dan teknik yang tak terhitung jumlahnya, memberikan arah dan tujuan pada upaya sejumlah orang.

SAYA Donner

Hukum Administrasi Negara merupakan hukum yang khusus mempelajari tentang seluk beluk organisasi dan fungsi ketatanegaraan.

Djokosutono

Hukum administrasi negara adalah hukum yang mengatur hubungan hukum antara jabatan-jabatan dalam negara dan warga negara.

Banyaksan

Hukum Administrasi Negara adalah hukum mengenai penyelenggaraan negara.

Van Vollenhoven

Hukum Administrasi Negara merupakan gabungan ketentuan-ketentuan yang mengikat baik badan tinggi maupun rendah apabila badan tersebut menggunakan kewenangan yang diberikan kepadanya oleh hukum ketatanegaraan negara.

Fungsi Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara berfungsi untuk:

  • Membantu mencapai tujuan kehidupan nasional.
  • Sebagai pembangun persatuan bangsa.
  • Menjaga instrumen pemerintah tetap pada jalurnya.

Sumber Hukum Administrasi Negara

Secara umum sumber hukum administrasi negara terdiri atas:

Sumber Hukum Material

Sumber hukum materiil adalah sumber hukum yang ikut menentukan isi peraturan hukum. Sumber hukum materiil ini berasal dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masyarakat dan peristiwa-peristiwa tersebut dapat mempengaruhi bahkan menentukan sikap manusia. Ini adalah faktor yang membantu membentuk hukum. Terdapat 3 (tiga) jenis sumber hukum materiil antara lain :

Sumber Hukum Sejarah

Sebagai sumber pengenalan hukum pada suatu waktu tertentu, sumber hukum sejarah meliputi undang-undang, keputusan hakim, tulisan para ahli hukum, serta tulisan-tulisan yang tidak bersifat yuridis sepanjang memuat pemberitahuan tentang lembaga-lembaga hukum.

Sebagai sumber pembentuk undang-undang memperoleh bahan-bahan dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, sumber hukum sejarah meliputi sistem hukum masa lalu yang pernah berlaku di tempat tertentu, seperti sistem hukum Romawi, sistem hukum Perancis, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat dokumen dan sertifikat yang berkaitan dengan hukum pada waktu dan tempat tertentu.

Sumber Hukum Sosiologis

Sumber hukum ini mencakup faktor-faktor sosial yang mempengaruhi isi hukum positif, artinya peraturan hukum tertentu menggambarkan realitas kehidupan dalam masyarakat. Dalam membuat undang-undang dalam pengertian ini, harus mempertimbangkan situasi sosial-ekonomi, hubungan sosial, situasi dan perkembangan politik dan internasional. Karena faktor-faktor yang mempengaruhi isi peraturan tersebut sangat kompleks, maka dalam pembuatan peraturan diperlukan masukan dari para ahli dari berbagai disiplin ilmu, selain ahli hukum.

Sumber Hukum Filosofis

Yang dimaksud dengan sumber hukum filosofis adalah sumber bagi isi hukum yang adil dan bagi pemenuhan kewajiban terhadap hukum.

Menurut Sudikno Mertokusumo, ada 3 pandangan mengenai sumber muatan hukum, yaitu pandangan teokratis (dari Tuhan), pandangan hukum kodrat (akal manusia), dan pandangan aliran sejarah (kesadaran hukum).

Sumber filosofis hukum mengandung makna bahwa hukum sebagai aturan perilaku mengandung nilai-nilai positif bagi masyarakat seperti kesusilaan (kepercayaan), kebenaran, keadilan, kesejahteraan, dan lain-lain.

Sumber Hukum Formal

Sumber hukum formal adalah sumber hukum yang telah diberi bentuk tertentu. Agar dapat berlaku secara umum, suatu peraturan harus diberi bentuk agar dapat dipertahankan oleh pemerintah.

Sumber hukum administrasi negara dalam arti formal meliputi peraturan perundang-undangan, praktek ketatanegaraan atau hukum tidak tertulis, ilmu hukum dan doktrin. Hukum merupakan sumber hukum terpenting dalam hukum administrasi negara.

Asas Hukum Administrasi Negara

Berikut ini asas-asas hukum administrasi negara, antara lain:

Prinsip Yurisdiksi

Asas yurisdiksi (rechtmatingheid), yaitu setiap perbuatan pejabat tata usaha negara tidak boleh melanggar hukum (harus sesuai dengan rasa keadilan dan kepatutan).

Prinsip Legalitas

Asas legalitas (wetmatingheid) merupakan asas yang menyatakan bahwa setiap perbuatan pejabat tata usaha negara harus mempunyai dasar hukum (ada peraturan pokok yang mendasarinya). Apalagi Indonesia adalah negara hukum, sehingga asas legalitas menjadi hal terpenting dalam setiap tindakan pemerintah.

Prinsip Kebijaksanaan

Asas diskresi adalah asas kebebasan seorang pejabat tata usaha negara untuk mengambil keputusan berdasarkan pendapatnya sendiri namun tidak bertentangan dengan urusan hukum.

Ruang Lingkup Hukum Administrasi Negara

Menurut Prajudi Atmosudirdjo, terdapat 6 (enam) ruang lingkup hukum administrasi negara, antara lain:

1. Undang-undang tentang asas-asas dasar dan umum penyelenggaraan pemerintahan
negara
2. Undang-Undang tentang Organisasi Negara
3. Undang-undang tentang kegiatan penyelenggaraan negara khususnya
yuridis
4. Undang-undang tentang penyelenggaraan negara khususnya
mengenai kepegawaian negara dan keuangan negara;
5. Hukum administrasi pemerintahan daerah dan pemerintahan teritorial, yang terbagi menjadi
A. Hukum Administrasi Kepegawaian
B. Hukum Administrasi Keuangan
C. Hukum Administrasi Material
D. Hukum Administrasi Perusahaan Negara
6. Undang-Undang tentang Peradilan Tata Usaha Negara

Contoh Hukum Administrasi Negara

Berikut beberapa contoh hukum administrasi negara, antara lain:

  • Terjadi perombakan kabinet yang dilakukan Presiden.
  • Aturan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Aturan mengenai pembentukan badan dan komisi pemerintah.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian hukum administrasi negara menurut istilah, fungsi, sumber, asas, ruang lingkup dan contoh hukum administrasi negara secara lengkap.

Comment
Share:

Ad