Pengertian Keputusan Pembelian : Dimensi, Faktor, Jenis dan Proses Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen

- Penulis

Minggu, 3 Desember 2023 - 01:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Keputusan Pembelian

Keputusan Pembelian

Memahami Keputusan Pembelian – Apa yang dimaksud dengan keputusan pembelian? Apa yang mempengaruhi keputusan pembelian? Bagaimana seseorang mengambil keputusan pembelian? Faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian?

Baca Juga: Pengambilan Keputusan Wirausaha

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian keputusan pembelian menurut para ahli, dimensi, faktor yang mempengaruhi, jenis dan proses lengkap tahapan keputusan pembelian konsumen.

Isibersembunyi
1
Memahami Keputusan Pembelian
2
Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli
2.1
Peter dan Olson (2000)
2.2
Kotler (2002)
2.3
Assauri (2004)
2.4
Schiffman, Kanuk (2004:547)
2.5
Kotler & Armstrong (2008)
2.6
Kotler (2011)
2.7
Alma (2011)
3
Dimensi Keputusan Pembelian
3.1
Produk/Layanan Alternatif
3.2
Alternatif Merek
3.3
Distributor Alternatif
3.4
Waktu Pembelian
3.5
Jumlah pembelian
3.6
Cara Pembayaran
4
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
4.1
Faktor Budaya
4.2
Faktor sosial
4.3
Faktor Pribadi
4.4
Faktor psikologi
5
Jenis Perilaku Keputusan Pembelian
6
Tahap Proses Keputusan Pembelian
6.1
Pengenalan Masalah
6.2
Pencarian Informasi (Pencarian Informasi)
6.3
Evaluasi Alternatif (Validasi Alternatif)
6.4
Keputusan Pembelian
6.5
Perilaku Pasca Pembelian (Perilaku Pasca Pembelian)

Memahami Keputusan Pembelian

Pengertian keputusan pembelian adalah suatu mekanisme pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dalam membeli sesuatu yang dipadukan dengan pengetahuan untuk menentukan dua atau lebih alternatif produk yang ada dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti pelayanan, kenyamanan, lokasi, kualitas dan lain sebagainya.

Keputusan pembelian yang dilakukan pelanggan dalam pembelian produk/jasa diawali dengan kesadaran akan terpenuhinya kebutuhannya dan menyadari adanya permasalahan di kemudian hari, selanjutnya pelanggan akan melakukan beberapa tahapan untuk melakukan penilaian setelah melakukan pembelian barang/jasa.

Keputusan pembelian diambil setelah melakukan sejumlah penilaian dan evaluasi terhadap alternatif-alternatif serta melalui beberapa tahapan mulai dari identifikasi kebutuhan masalah, penyelidikan informasi, penilaian alternatif, keputusan pembelian, dan tindakan pasca pembelian.

Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli

Peter dan Olson (2000)

Pengertian keputusan pembelian adalah proses menggabungkan pengetahuan untuk menilai dua atau lebih alternatif tindakan dan memilih salah satunya.

Kotler (2002)

Yang dimaksud dengan keputusan pembelian adalah perilaku konsumen dalam membeli produk.

Assauri (2004)

Keputusan pembelian diartikan sebagai suatu proses pengambilan keputusan tentang pembelian yang meliputi penentuan apa yang akan dibeli atau tidak dan keputusan ini diperoleh dari kegiatan sebelumnya.

Baca Juga: Pengertian Personal Selling

Schiffman, Kanuk (2004:547)

Yang dimaksud dengan keputusan pembelian adalah penentuan dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya setiap individu dapat menentukan suatu keputusan, maka harus tersedia beberapa alternatif pilihan. Keputusan membeli dapat menentukan bagaimana proses pengambilan keputusan tersebut dilakukan.

Kotler & Armstrong (2008)

Keputusan pembelian adalah tindakan pengambilan keputusan dengan membeli merek yang paling disukai diantara pilihan yang tersedia, namun ada dua faktor yang bisa menjadi antara niat membeli dan keputusan pembelian. Faktor tersebut meliputi sikap orang lain dan faktor situasional.

Kotler (2011)

Keputusan pembelian merupakan tindakan pelanggan untuk membeli suatu produk atau tidak. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam membeli produk/jasa, umumnya pelanggan selalu memikirkan harga, kualitas dan produk tersebut telah dikenal luas oleh masyarakat.

Baca Juga :  Cara Screenshoot di Windows 7, 8, 8.1 dan 10 Mudah dan Simpel

Alma (2011)

Pengertian keputusan pembelian adalah keputusan pelanggan yang dipengaruhi oleh ekonomi keuangan, promosi, lokasi, harga, produk, budaya, politik, teknologi, bukti fisik, orang dan proses, sehingga menciptakan sikap pelanggan untuk mengolah berbagai informasi dan menarik kesimpulan. dalam bentuk tanggapan yang ada. produk yang ingin Anda beli.

Dimensi Keputusan Pembelian

Dimensi keputusan pembelian konsumen berdasarkan pendapat Tjiptono (2012), antara lain:

Produk/Layanan Alternatif

Pembeli dapat mengambil keputusan mengenai pembelian suatu produk atau menggunakan uang yang dimilikinya untuk keperluan lain. Jadi perusahaan harus memusatkan perhatiannya pada orang-orang yang berminat membeli produk dan alternatif yang dipertimbangkan. Misalnya persyaratan produk, macam-macam varian produk, dan kualitas produk.

Alternatif Merek

Pembeli harus mengambil keputusan tentang merek mana yang akan dibeli. Setiap merek mempunyai perbedaannya masing-masing. Jadi perusahaan harus memahami bagaimana konsumen menentukan merek produk yang akan dibeli. Misalnya saja kepercayaan dan popularitas merek.

Distributor Alternatif

Konsumen harus mengambil keputusan ke distributor mana yang akan dituju. Setiap pembeli mempunyai pertimbangan yang berbeda-beda dalam menentukan distributor, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi yang dekat, harga yang murah, stok barang yang lengkap dan lain-lain. Misalnya mudahnya memperoleh barang/jasa dan juga banyaknya stok barang/jasa.

Waktu Pembelian

Waktu pengambilan keputusan pembelian setiap konsumen berbeda-beda, misalnya ada yang sebulan sekali, dua bulan sekali, dan seterusnya.

Baca Juga : Pengertian Kepuasan Pelanggan

Jumlah pembelian

Dalam mengambil keputusan pembelian, konsumen akan menentukan jumlah barang/jasa yang harus dibeli dalam satu waktu, dimana tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pembelian lebih dari satu kali. Jadi, perusahaan harus mempersiapkan kebutuhan produk sesuai dengan keinginan pembeli yang berbeda-beda. Misalnya persyaratan produk.

Cara Pembayaran

Setelah menentukan produk yang akan dibeli tentunya konsumen akan melakukan pembayaran dimana metode pembayaran yang digunakan adalah tunai atau menggunakan kartu kredit. Hal ini tergantung pada kemampuan konsumen dalam melakukan pembayaran.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen (Kotler: 2003), antara lain:

Faktor Budaya

Kebudayaan mempunyai pengaruh yang luas dan mendalam, dimana kebudayaan merupakan landasan yang menentukan kebutuhan dan perilaku. Berikut faktor budaya yang mempengaruhi perilaku konsumen, antara lain kelas sosial, subkultur, dan budaya.

Faktor sosial

Lingkungan sosial di sekitar kita mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku konsumen. Berikut sejumlah faktor sosial yang mempengaruhi keputusan pembelian, antara lain status sosial, peran sosial, kelompok acuan dan juga keluarga.

Faktor Pribadi

Karakteristik pribadi yang mempengaruhi keputusan pembelian antara lain konsep diri, kepribadian, gaya hidup, kondisi ekonomi, pekerjaan, siklus hidup dan juga usia.

Faktor psikologi

Ada empat faktor psikologis yang paling penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian, antara lain sikap, keyakinan, pembelajaran, persepsi dan motivasi.

Baca Juga: Memahami Nilai Pelanggan

Jenis Perilaku Keputusan Pembelian

Berdasarkan pendapat Kotler (2003), terdapat beberapa tipe perilaku keputusan pembelian seseorang, antara lain:

  • Perilaku pembelian kompleks yaitu perilaku yang melalui tiga tahapan proses yaitu 1) konsumen mengembangkan kepercayaan terhadap produk tertentu, 2) konsumen mengembangkan sikap terhadap produk, ketiga, konsumen melakukan pilihan pembelian secara cermat.
  • Perilaku pembelian yang mengurangi ketidaknyamanan. Seringkali konsumen terlalu terlibat dalam pembelian, namun mereka hanya melihat sedikit perbedaan antara berbagai merek. Dalam kondisi seperti ini, konsumen mungkin merasa tidak nyaman karena mendengar sesuatu yang tidak menyenangkan mengenai produk tersebut dan mendengar kabar baik tentang produk lain serta waspada terhadap informasi yang mendukung keputusannya.
  • Perilaku pembelian kebiasaan. Dalam situasi seperti ini, keterlibatan konsumen rendah dan tidak ada perbedaan signifikan terhadap produk. Konsumen membeli merek bukan karena loyalitas tetapi karena kebiasaan membeli produk tersebut.
  • Perilaku pembelian yang mencari variasi. Dalam beberapa kondisi pembelian, terdapat keterlibatan konsumen yang rendah, namun terdapat perbedaan yang signifikan antar merek. Dalam kondisi seperti ini, seringkali konsumen berpindah merek hanya karena mencari variasi.
Baca Juga :  Pengertian, Manfaat dan Rumus Bauksit Dalam ilmu Kimia

Tahap Proses Keputusan Pembelian

Berdasarkan pendapat Kotler (2002:204), terdapat 5 tahapan proses pembelian konsumen, antara lain:

Pengenalan Masalah

Proses pembelian diawali dengan adanya kebutuhan atau permasalahan yang dirasakan oleh konsumen. Konsumen mengonseptualisasikan perbedaan antara kondisi saat ini dan situasi yang diinginkan untuk membangkitkan dan mengaktifkan tahap pengambilan keputusan.

Baca Juga : Pengertian Kualitas Produk

Pencarian Informasi (Pencarian Informasi)

Setelah merasa mempunyai kebutuhan terhadap suatu barang/jasa, konsumen akan menggali informasi baik dari ingatannya maupun dari lingkungan sekitarnya. Sumber informasi konsumen meliputi:

  • Sumber pribadi seperti : kenalan, tetangga, sahabat, saudara dan keluarga.
  • Sumber publik seperti asosiasi konsumen dan media massa.
  • Sumber pengalaman seperti penggunaan produk, pengecekan dan penanganan.
  • Sumber komersial seperti: display, kemasan, penjual atau iklan.

Evaluasi Alternatif (Validasi Alternatif)

Setelah informasi diperoleh, konsumen akan mengevaluasi alternatif pilihan produk/jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Terdapat 5 konsep dasar yang dapat digunakan untuk mengevaluasi alternatif pilihan konsumen, antara lain:

  • Sifat produk, misalnya apa yang menjadi ciri khas dan perhatian konsumen terhadap produk/jasa tersebut.
  • Pemasar harus lebih memperhatikan pentingnya menekankan karakteristik produk.
  • Kepercayaan konsumen terhadap karakteristik yang paling terlihat dari suatu merek.
  • Fungsi utilitas yaitu bagaimana konsumen menginginkan kepuasan diperoleh dengan alternatif yang berbeda setiap harinya.
  • Bagaimana konsumen mengevaluasi berbagai karakteristik produk/jasa.

Keputusan Pembelian

Setelah melihat berbagai alternatif, biasanya konsumen akan membeli produk yang paling disukainya dan juga menciptakan kepuasan tersendiri. Ada tiga faktor yang menyebabkan keputusan pembelian, antara lain:

  • Sikap orang lain seperti keluarga, orang terdekat/kepercayaan, sahabat, tetangga dan sebagainya.
  • Situasi tak terduga : harga, pendapatan keluarga, manfaat yang diharapkan
  • Situasi yang tidak terduga merupakan faktor situasional yang dapat diantisipasi konsumen.

Perilaku Pasca Pembelian (Perilaku Pasca Pembelian)

Perasaan puas atau tidak puas yang dirasakan konsumen terhadap produk akan mempengaruhi perilaku pembelian selanjutnya. Jika mereka puas maka penggunaan kembali kemungkinan besar akan terjadi. Adanya perasaan tidak puas konsumen terhadap suatu barang, yaitu jika harapan konsumen terhadap produk tersebut tidak terpenuhi maka mereka akan berhenti membeli produk tersebut dan tidak menutup kemungkinan pula akan tersebarnya citra buruk terhadap produk tersebut. Untuk itu, perusahaan harus menjamin tingkat kepuasan pelanggan terhadap produknya.

Baca Juga: Pengertian Pengendalian Mutu

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian keputusan pembelian menurut para ahli, dimensi, faktor yang mempengaruhi, jenis dan proses lengkap tahapan keputusan pembelian konsumen. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB