Pengertian Komunikasi Pemasaran : Tujuan, Bauran dan Strategi Komunikasi Pemasaran

- Penulis

Kamis, 4 Januari 2024 - 01:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran


Memahami Komunikasi Pemasaran – Apa yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran? Apa itu komunikasi pemasaran? Apa tujuan komunikasi pemasaran? Apa strategi komunikasi pemasaran? Sebutkan jenis-jenis komunikasi pemasaran!

Baca Juga : Pengertian Penjualan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli, tujuan, bauran dan strategi komunikasi pemasaran secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Komunikasi Pemasaran
2
Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli
2.1
Tjiptono (1995:219)
2.2
Kennedy dan Soemanagara (2006:5)
2.3
Kotler dan Armstrong (2008:116)
2.4
Kotler dan Keller (2012:498)
3
Tujuan Komunikasi Pemasaran
4
Bauran Komunikasi Pemasaran
4.1
Iklan
4.2
Promosi penjualan
4.3
Peristiwa dan Pengalaman
4.4
Hubungan Masyarakat dan Publisitas
4.5
Pemasaran langsung
4.6
Pemasaran Interaktif
4.7
Pemasaran dari Mulut ke Mulut
4.8
Penjualan pribadi
4.9
Periklanan (Periklanan)
4.10
Promosi Penjualan (Promosi Penjualan)
4.11
Penjualan Pribadi (Penjualan Pribadi)
4.12
Pemasaran Langsung (Pemasaran Langsung)
5
Strategi Komunikasi Pemasaran
6
Penerapan Komunikasi Pemasaran
6.1
Sumber
6.2
Proses Pengakhiran
6.3
Pengiriman
6.4
Penguraian kode
6.5
Masukan

Memahami Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang dijualnya.

Komunikasi pemasaran menghadirkan suara perusahaan dan merek serta sarana yang digunakan perusahaan untuk menciptakan dialog dan membangun hubungan dengan pelanggan.


Komunikasi pemasaran kepada konsumen dapat menunjukkan kepada konsumen bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang seperti apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi terhadap ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.

Perusahaan juga menggunakan berbagai bentuk komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan mencapai tujuan keuangan.


Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Tjiptono (1995:219)

Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan pemasaran yang berupaya menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran terhadap perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Kennedy dan Soemanagara (2006:5)

Komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar tujuan perusahaan tercapai, yaitu meningkatkan pendapatan dari penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

Kotler dan Armstrong (2008:116)

Komunikasi pemasaran korporat adalah perpaduan spesifik antara periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan alat pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan.

Baca Juga: Pengertian Personal Selling

Kotler dan Keller (2012:498)

Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijualnya.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Tujuan komunikasi pemasaran antara lain:

  • Menentukan saluran komunikasi untuk melakukan promosi produk
  • Guna mengidentifikasi target penjualan produk dan menentukan kebutuhan konsumen.
  • Tentukan anggaran pemasaran produk.
  • Memberikan informasi, kepercayaan dan kepuasan yang menjangkau seluruh lapisan konsumen untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen di seluruh wilayah dan menerima kritik dan saran yang diberikan konsumen.
  • Menciptakan strategi pemasaran yang baik.
  • Menciptakan distribusi pemasaran produk yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Bauran Komunikasi Pemasaran

Terdapat 8 model komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran, antara lain:

Iklan

Periklanan adalah suatu struktur informasi dan struktur komunikasi non-pribadi yang didanai dan bersifat persuasif serta promosi produk, jasa, atau gagasan oleh sponsor yang teridentifikasi melalui berbagai media.

Promosi penjualan

Promosi penjualan adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau layanan.

Peristiwa dan Pengalaman

Acara dan pengalaman adalah aktivitas dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan keterlibatan atau interaksi sehari-hari terkait merek tertentu.

Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Hubungan masyarakat dan publisitas adalah berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.

Pemasaran langsung

Pemasaran langsung adalah penggunaan surat, telepon, faks, email, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung atau meminta tanggapan atau dialog dari pelanggan.

Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif adalah aktivitas dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan secara langsung atau tidak langsung untuk meningkatkan kesadaran, meningkatkan citra, dan menciptakan penjualan produk dan layanan.

Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Pemasaran dari mulut ke mulut adalah jenis komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antara orang-orang yang berkaitan dengan keuntungan atau pengalaman membeli atau menggunakan suatu produk atau layanan.

Baca Juga : Pengertian Keputusan Pembelian

Penjualan pribadi

Penjualan personal adalah interaksi tatap muka dengan satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan mendapatkan pesanan.

Selain itu, terdapat 5 bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler dan Armstrong (2008:116), antara lain:

Periklanan (Periklanan)

Periklanan merupakan komunikasi massa dan harus menarik kesadaran, menanamkan informasi, mengembangkan sikap, atau mengharapkan suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan. Iklan digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan informasi produk kepada khalayak luas dengan tujuan tertentu.

Baca Juga :  Pengertian, Ciri-Ciri Dan Bentuk Reproduksi Jamur

Promosi Penjualan (Promosi Penjualan)

Promosi penjualan adalah upaya pemasaran media dan non-media untuk merangsang percobaan oleh konsumen, meningkatkan permintaan konsumen atau untuk meningkatkan kualitas produk. Upaya pemasaran melalui promosi penjualan dilakukan dalam jangka pendek.

Penjualan Pribadi (Penjualan Pribadi)

Interaksi langsung yang terjadi dengan pelanggan atau calon pelanggan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Dengan penjualan personal ini, perusahaan berhubungan langsung dengan calon pembeli untuk mencoba menginformasikan kepada konsumen tentang produknya sekaligus membujuk mereka secara langsung untuk membeli produk tersebut.

Pemasaran Langsung (Pemasaran Langsung)

Hubungan langsung dengan konsumen individu yang ditargetkan secara cermat untuk memperoleh tanggapan segera dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Pada hakikatnya strategi adalah perencanaan dan pengelolaan untuk mencapai tujuan. Banyak perusahaan yang masih sangat bergantung pada 1 atau 2 alat komunikasi untuk mencapai tujuan komunikasinya.

Pemasar berkomunikasi dengan perantara, konsumen, dan kelompok masyarakat lainnya. Setelah itu, perantara melakukan komunikasi dengan konsumen dan masyarakat. Konsumen berkomunikasi secara verbal dengan konsumen lain dan juga kelompok masyarakat lain. Sementara itu, masing-masing kelompok memberikan umpan balik kepada kelompok lainnya.

Penerapan Komunikasi Pemasaran

Proses pelaksanaan komunikasi pemasaran meliputi:

Baca Juga : Pengertian Kepuasan Pelanggan

Sumber

Sumber (source) adalah pesan yang menentukan tujuan komunikasi dan menetapkan sasaran komunikasi. Pemasar membuat tujuan kampanye periklanan dan promosi dengan mengarahkan kampanye pada segmen sasaran tertentu.

Proses Pengakhiran

Proses pengkodean adalah penyandian tujuan menjadi sebuah pesan. Agen periklanan merancang pesan yang dikodekan dalam bentuk iklan. Tenaga penjualan mengkodekan pesan dalam bentuk presentasi penjualan.

Pengiriman

Penyampaian (transmission), yaitu penyampaian pesan melalui media guna mencapai sasaran konsumen. Penyebaran komunikasi pemasaran dapat melalui media massa, komunikasi telepon dari tenaga penjualan, atau surat langsung yang dikirimkan kepada sasaran.

Penguraian kode

Proses decoding yang dilakukan penerima agar pesan dapat dipahami mempunyai dua pertanyaan utama, yaitu apakah konsumen mengartikan pesan sesuai keinginan pengiklan dan apakah pesan tersebut berdampak positif terhadap sikap dan perilaku konsumen.

Masukan

Umpan balik mengenai efektivitas komunikasi pemasaran pada sumbernya.

Baca Juga: Memahami Nilai Pelanggan

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli, tujuan, bauran dan strategi komunikasi pemasaran secara lengkap. semoga bermanfaat


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB