Pengertian Kubus: Jaring, Luas & Volume, Contoh Soal

- Penulis

Senin, 17 April 2023 - 09:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1681691303 Pengertian Kubus Jaring Luas Volume Contoh Soal

1681691303 Pengertian Kubus Jaring Luas Volume Contoh Soal

Pengertian Kubus: Jaring, Luas & Volume, Contoh Soal – Hello adik-adik yang baik, bertemu lagi dengan Bospedia! Kali ini kita akan membahas tentang kubus. Kubus adalah salah satu bentuk geometri tiga dimensi yang memiliki sisi berbentuk persegi dan memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang sama. Kubus juga termasuk dalam kelompok bangun ruang sederhana yang mudah dipelajari. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian kubus, jaring-jaring kubus, luas dan volume kubus, serta contoh soal untuk memperdalam pemahaman kita tentang bentuk geometri yang satu ini.

Pengertian Kubus: Jaring, Luas & Volume, Contoh Soal
Pengertian Kubus: Jaring, Luas & Volume, Contoh Soal

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki enam sisi berbentuk persegi dengan panjang, lebar, dan tinggi yang sama. Artinya, kubus memiliki simetri yang sempurna dan segi enam sama besar. Sebagai contoh, kubus dapat ditemukan pada dadu. Kubus juga termasuk dalam kelompok bangun ruang sederhana yang dapat dipelajari dengan mudah, sehingga penggunaan kubus dalam matematika sangat luas.

Daftar Isi:

  1. Pengertian Kubus
  2. Jaring-jaring Kubus
  3. Luas dan Volume Kubus
  4. Rumus Kubus
  5. Sifat Kubus
  6. Kubus Terbesar dan Terkecil
  7. Kubus dalam Kehidupan Sehari-hari
  8. Perbandingan Kubus dengan Bangun Ruang Lainnya
  9. Contoh Soal Kubus
  10. Latihan Soal Kubus

Kubus adalah salah satu contoh bangun ruang yang termasuk dalam kelompok polihedron atau bangun ruang yang mempunyai sisi-sisi datar dan berbentuk poligon. Kubus terdiri dari enam sisi atau bidang datar yang berbentuk persegi. Setiap sisi kubus bersebelahan dengan empat sisi lainnya dan setiap sisi memiliki panjang yang sama dengan sisi persegi yang bersebelahan dengannya. Oleh karena itu, kubus memiliki simetri yang sempurna dan terlihat sama di setiap sisinya.

Kubus memiliki tiga ukuran yang sama, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Panjang, lebar, dan tinggi kubus diukur dalam satuan yang sama, seperti sentimeter atau meter. Sebagai contoh, jika panjang sisi kubus adalah 5 sentimeter, maka lebar dan tinggi kubus juga akan sama dengan 5 sentimeter.

Kubus memiliki beberapa sifat yang menarik, di antaranya adalah luas permukaan dan volume. Luas permukaan kubus adalah jumlah luas keseluruhan dari enam sisi persegi yang sama besar. Rumus untuk menghitung luas kubus adalah 6 × s2, di mana s adalah panjang sisi kubus. Sedangkan volume kubus adalah ukuran tiga dimensi dari ruang yang ditempati oleh kubus dan diukur dalam satuan kubik. Rumus untuk menghitung volume kubus adalah s3, di mana s adalah panjang sisi kubus.

Kubus juga sering muncul dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada dadu, kotak tisu, dan sebagainya. Selain itu, kubus juga sering digunakan dalam matematika, fisika, dan teknik, karena memiliki sifat-sifat yang mudah dipelajari dan diaplikasikan dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang kubus akan sangat membantu dalam mempelajari berbagai konsep matematika dan sains lainnya.

Jaring-jaring kubus adalah gambar dua dimensi yang menunjukkan semua sisi datar kubus yang dapat dibuka dan diratakan. Jaring-jaring kubus terdiri dari enam persegi yang sama besar dan memiliki bentuk yang sama. Setiap persegi bersebelahan dengan empat persegi lainnya. Setiap sisi persegi memiliki panjang yang sama dengan sisi persegi yang bersebelahan dengannya.

Jaring-jaring kubus umumnya digunakan untuk memvisualisasikan bentuk kubus secara dua dimensi, sehingga memudahkan dalam mempelajari sifat-sifat kubus. Selain itu, jaring-jaring kubus juga dapat digunakan untuk membuat bentuk kubus dari kertas atau karton.

Untuk membuat jaring-jaring kubus, kita dapat menggambar enam persegi dengan ukuran yang sama di atas kertas. Setiap persegi harus ditempatkan bersebelahan dengan empat persegi lainnya, sehingga membentuk bentuk yang sama dengan kubus. Kemudian, kita dapat memotong dan melipat kertas sesuai dengan bentuk jaring-jaring kubus yang telah digambar.

Jaring-jaring kubus juga dapat digunakan untuk menghitung luas permukaan kubus. Kita dapat membuka jaring-jaring kubus dan menghitung luas masing-masing sisi persegi yang membentuk kubus. Setelah itu, kita dapat menjumlahkan luas keseluruhan sisi persegi untuk mendapatkan luas permukaan kubus.

Selain itu, jaring-jaring kubus juga dapat digunakan untuk membantu memahami konsep bangun ruang lainnya yang memiliki bentuk serupa dengan kubus, seperti prisma segitiga dan limas segi empat. Dengan memahami jaring-jaring kubus, kita dapat lebih mudah memvisualisasikan bentuk-bentuk geometri tiga dimensi yang lain.

Dalam matematika, kubus dan jaring-jaringnya sering digunakan dalam berbagai konsep, seperti perhitungan luas permukaan, volume, dan diagonal ruang. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang jaring-jaring kubus akan sangat membantu dalam memahami konsep-konsep matematika lainnya yang terkait dengan geometri tiga dimensi.

Luas dan Volume Kubus

Luas permukaan kubus adalah jumlah luas keseluruhan dari enam sisi persegi yang sama besarnya. Setiap sisi persegi memiliki luas yang sama dengan sisi persegi yang bersebelahan dengannya. Oleh karena itu, rumus untuk menghitung luas permukaan kubus adalah 6 × s2, di mana s adalah panjang sisi kubus. Contohnya, jika sisi kubus memiliki panjang 5 cm, maka luas permukaan kubus adalah 6 × (5 cm)2 = 150 cm2.

Volume kubus adalah ukuran tiga dimensi dari ruang yang ditempati oleh kubus. Volume kubus diukur dalam satuan kubik, seperti cm3 atau m3. Rumus untuk menghitung volume kubus adalah s3, di mana s adalah panjang sisi kubus. Contohnya, jika sisi kubus memiliki panjang 5 cm, maka volume kubus adalah (5 cm)3 = 125 cm3.

Karena panjang, lebar, dan tinggi kubus memiliki ukuran yang sama, maka rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume kubus sangat sederhana dan mudah diingat. Selain itu, kubus adalah bangun ruang sederhana yang mudah dipelajari, sehingga rumus-rumus ini dapat dengan mudah diaplikasikan dalam berbagai situasi.

Pemahaman tentang luas permukaan dan volume kubus sangat berguna dalam matematika, fisika, dan teknik. Misalnya, ketika memperkirakan berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak atau wadah berbentuk kubus, kita dapat menggunakan rumus-rumus ini untuk menghitung luas permukaan dan volume kubus yang dibutuhkan. Selain itu, dalam fisika, volume kubus dapat digunakan untuk menghitung massa jenis suatu benda, sedangkan luas permukaan kubus dapat digunakan untuk memperkirakan luas permukaan suatu bahan yang akan direaksikan dengan zat lain.

Rumus kubus meliputi rumus untuk menghitung sisi, luas permukaan, dan volume kubus. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang rumus-rumus tersebut:

  1. Rumus untuk menghitung sisi kubus:
Baca Juga :  Ide Bisnis untuk Pelajar, Modal Kecil untung Gede

Sisi kubus adalah panjang sisi setiap persegi yang membentuk kubus. Karena kubus memiliki enam sisi persegi yang sama besar, maka panjang sisi kubus dapat dihitung dengan membagi keliling salah satu persegi dengan 4. Rumusnya adalah:

s = K/4

di mana s adalah panjang sisi kubus, dan K adalah keliling salah satu persegi yang membentuk kubus.

  1. Rumus untuk menghitung luas permukaan kubus:

Luas permukaan kubus adalah jumlah luas keseluruhan dari enam sisi persegi yang sama besar. Karena setiap sisi persegi memiliki panjang sisi yang sama dengan sisi persegi yang bersebelahan dengannya, maka rumus untuk menghitung luas permukaan kubus adalah:

L = 6 × s2

di mana L adalah luas permukaan kubus, dan s adalah panjang sisi kubus.

  1. Rumus untuk menghitung volume kubus:

Volume kubus adalah ukuran tiga dimensi dari ruang yang ditempati oleh kubus. Karena panjang, lebar, dan tinggi kubus memiliki ukuran yang sama, maka rumus untuk menghitung volume kubus sangat sederhana, yaitu:

V = s3

di mana V adalah volume kubus, dan s adalah panjang sisi kubus.

Rumus-rumus ini sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti ketika membangun bangunan atau membuat kotak berbentuk kubus. Selain itu, pemahaman tentang rumus-rumus ini juga sangat penting dalam mempelajari konsep matematika dan sains lainnya yang terkait dengan geometri tiga dimensi.

Kubus memiliki beberapa sifat yang membuatnya unik dan mudah dikenali. Berikut adalah beberapa sifat kubus yang penting untuk dipahami:

  1. Kubus memiliki enam sisi, dimana setiap sisi berbentuk persegi yang sama besar dan bersebelahan dengan empat sisi lainnya.
  2. Panjang, lebar, dan tinggi kubus memiliki ukuran yang sama, sehingga kubus memiliki simetri yang sempurna.
  3. Kubus memiliki 12 rusuk, yaitu garis yang menghubungkan sisi-sisi kubus.
  4. Kubus memiliki 8 titik sudut, yaitu tempat di mana tiga rusuk kubus bertemu.
  5. Setiap diagonal ruang kubus memiliki panjang yang sama dengan akar tiga kali panjang sisi kubus.
  6. Luas permukaan kubus dapat dihitung dengan rumus 6 × s2, di mana s adalah panjang sisi kubus.
  7. Volume kubus dapat dihitung dengan rumus s3, di mana s adalah panjang sisi kubus.

Kubus juga memiliki sifat lain yang sering digunakan dalam matematika dan sains. Misalnya, kubus merupakan salah satu contoh dari polihedron, yaitu bangun ruang yang mempunyai sisi-sisi datar dan berbentuk poligon. Selain itu, kubus juga sering digunakan dalam mempelajari konsep geometri tiga dimensi, seperti diagonal ruang, diagonal bidang, dan sudut-sudut antara sisi-sisi kubus.

Pemahaman yang baik tentang sifat-sifat kubus akan sangat membantu dalam mempelajari konsep matematika dan sains lainnya. Selain itu, sifat-sifat ini juga dapat diterapkan dalam berbagai situasi di kehidupan sehari-hari, seperti dalam membuat bangunan, kotak, atau wadah berbentuk kubus.

Kubus Terbesar dan Terkecil

Kubus terbesar dan terkecil dapat diukur berdasarkan panjang sisi kubus. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang kubus terbesar dan terkecil:

  1. Kubus terbesar

Kubus terbesar adalah kubus yang memiliki sisi terpanjang di antara semua kubus dengan ukuran yang sama. Untuk menghitung sisi kubus terbesar, kita dapat mencari kubus dengan panjang sisi terbesar dari sekelompok kubus yang memiliki ukuran yang sama. Misalnya, jika kita memiliki kubus dengan panjang sisi 2 cm, 3 cm, dan 4 cm, maka kubus terbesar adalah kubus dengan panjang sisi 4 cm.

  1. Kubus terkecil

Kubus terkecil adalah kubus yang memiliki sisi terpendek di antara semua kubus dengan ukuran yang sama. Untuk menghitung sisi kubus terkecil, kita dapat mencari kubus dengan panjang sisi terpendek dari sekelompok kubus yang memiliki ukuran yang sama. Misalnya, jika kita memiliki kubus dengan panjang sisi 2 cm, 3 cm, dan 4 cm, maka kubus terkecil adalah kubus dengan panjang sisi 2 cm.

Pemahaman tentang kubus terbesar dan terkecil berguna dalam berbagai situasi, seperti dalam memilih kotak atau wadah berbentuk kubus yang tepat untuk menyimpan barang-barang tertentu. Selain itu, dalam matematika, konsep kubus terbesar dan terkecil dapat diterapkan dalam berbagai konsep lain, seperti perbandingan ukuran bangun ruang dan perbandingan volume.

Kubus dalam Kehidupan Sehari-hari

Kubus adalah bangun ruang yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kubus dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Kotak penyimpanan
    Kubus sering digunakan sebagai bentuk dasar untuk membuat kotak atau wadah penyimpanan. Kotak atau wadah berbentuk kubus sangat cocok untuk menyimpan benda-benda yang memerlukan ruang yang teratur dan mudah diatur.
  2. Kubus es
    Kubus es adalah bentuk kubus kecil yang dibuat dari air yang beku. Kubus es sering digunakan untuk membuat minuman dingin, seperti es teh atau jus. Selain itu, kubus es juga digunakan dalam pengawetan makanan dan minuman.
  3. Kubus Rubik
    Kubus Rubik adalah permainan teka-teki yang terdiri dari kubus dengan sisi berwarna yang berputar-putar. Permainan ini sangat populer dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia.
  4. Bangunan
    Kubus sering digunakan dalam arsitektur untuk membuat bangunan, seperti gedung bertingkat atau rumah tinggal. Bangunan dengan bentuk kubus sering digunakan karena bentuknya yang simpel dan mudah dibangun.
  5. Peralatan elektronik
    Beberapa peralatan elektronik, seperti televisi, komputer, atau speaker, memiliki bentuk kubus untuk memudahkan perancangan dan penempatan dalam ruangan.
  6. Kubus mainan
    Kubus mainan sering digunakan sebagai alat edukasi untuk mengajarkan konsep geometri dan matematika kepada anak-anak. Kubus mainan biasanya terbuat dari bahan yang aman dan menarik perhatian anak-anak.

Penggunaan kubus dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam dan luas. Pemahaman tentang sifat dan rumus kubus dapat memudahkan dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika dan sains dalam berbagai situasi sehari-hari.

Perbandingan Kubus dengan Bangun Ruang Lainnya

  1. Kubus vs Balok
    Kubus dan balok memiliki beberapa perbedaan. Salah satu perbedaan utama adalah balok memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda, sedangkan kubus memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang sama. Selain itu, balok memiliki 6 sisi yang terdiri dari 2 sisi persegi panjang dan 4 sisi persegi, sedangkan kubus memiliki 6 sisi persegi yang sama besar.
  2. Kubus vs Prisma
    Kubus dan prisma juga memiliki beberapa perbedaan. Prisma memiliki dua alas yang berbentuk segi-n, dan sisi-sisi tegak yang berbentuk segitiga atau segiempat. Sementara itu, kubus memiliki 6 sisi persegi yang sama besar dan tidak memiliki alas atau sisi-sisi tegak. Selain itu, prisma memiliki volume yang berbeda-beda tergantung pada bentuk dan ukurannya, sedangkan volume kubus selalu sama dengan s3, di mana s adalah panjang sisi kubus.
  3. Kubus vs Kerucut
    Kubus dan kerucut juga memiliki perbedaan yang signifikan. Kerucut memiliki alas berbentuk lingkaran dan satu sisi cekung yang membentuk permukaan kerucut. Sementara itu, kubus tidak memiliki alas atau sisi cekung, dan memiliki 6 sisi persegi yang sama besar. Selain itu, volume kerucut selalu kurang dari volume kubus yang memiliki ukuran yang sama.
  4. Kubus vs Bola
    Kubus dan bola juga memiliki perbedaan yang signifikan. Bola memiliki semua titik di permukaannya yang terletak pada jarak yang sama dari titik pusat, sedangkan kubus memiliki sudut-sudut tajam dan tepi-tepi yang terdiri dari sisi-sisi persegi. Selain itu, volume bola selalu lebih kecil dari volume kubus yang memiliki ukuran yang sama.
Baca Juga :  Pengertian Termodinamika: Hukum, Bunyi, Rumus, Contoh Soal

Pemahaman tentang perbandingan kubus dengan bangun ruang lainnya sangat penting dalam mempelajari konsep geometri dan matematika tiga dimensi. Pemahaman ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam memilih bentuk dan ukuran kotak atau wadah yang tepat untuk menyimpan barang-barang tertentu.

Contoh Soal Pilihan Ganda:

  1. Kubus memiliki berapa sisi?
    a. 4
    b. 6
    c. 8
    d. 12
    Jawaban: b. 6
  2. Kubus memiliki berapa titik sudut?
    a. 6
    b. 8
    c. 10
    d. 12
    Jawaban: b. 8
  3. Panjang sisi kubus adalah 5 cm. Berapa volume kubus tersebut?
    a. 25 cm³
    b. 75 cm³
    c. 125 cm³
    d. 225 cm³
    Jawaban: c. 125 cm³
  4. Luas permukaan kubus dengan panjang sisi 3 cm adalah…
    a. 6 cm²
    b. 9 cm²
    c. 18 cm²
    d. 27 cm²
    Jawaban: c. 18 cm² (6 x 3²)
  5. Kubus memiliki diagonal ruang sepanjang 6√3 cm. Berapa panjang sisi kubus tersebut?
    a. 2 cm
    b. 3 cm
    c. 4 cm
    d. 5 cm
    Jawaban: c. 4 cm (diagonal ruang = akar 3 x sisi, jadi sisi = diagonal ruang / akar 3 = 4 cm)
  6. Kubus dengan diagonal bidang sepanjang 6 cm memiliki luas permukaan sebesar…
    a. 36 cm²
    b. 72 cm²
    c. 108 cm²
    d. 144 cm²
    Jawaban: d. 144 cm² (luas permukaan = 6 x (diagonal bidang / akar 2)² = 6 x 3² = 54 cm²)
  7. Kubus A memiliki panjang sisi 2 kali lebih besar dari kubus B. Berapa kali volume kubus A lebih besar dari kubus B?
    a. 2 kali
    b. 4 kali
    c. 6 kali
    d. 8 kali
    Jawaban: d. 8 kali (kubus A memiliki volume 2³ = 8 kali lebih besar dari kubus B)
  8. Kubus memiliki luas permukaan 150 cm². Berapa panjang sisi kubus tersebut?
    a. 5 cm
    b. 6 cm
    c. 7 cm
    d. 8 cm
    Jawaban: b. 6 cm (sisi = akar (luas permukaan / 6) = 6 cm)
  9. Kubus memiliki volume 64 cm³. Berapa panjang sisi kubus tersebut?
    a. 2 cm
    b. 3 cm
    c. 4 cm
    d. 5 cm
    Jawaban: c. 4 cm (sisi = akar kubik dari volume = 4 cm)
  10. Kubus memiliki diagonal bidang sepanjang 10 cm. Berapa diagonal ruang kubus tersebut?
    a. 10 cm
    b. 12 cm
    c. 14 cm
    d. 16 cm
    Jawaban: b. 12 cm (diagonal ruang = diagonal bidang x akar 3 = 10√3 cm)

Contoh Soal Essay:

  1. Sebuah kubus memiliki volume 125 cm³. Berapa panjang sisi kubus tersebut?
    Jawaban:
    Rumus volume kubus adalah s³. Jadi, sisi kubus dapat dihitung dengan mengakar kubik dari volume.
    ∛125 = 5 cm. Jadi, panjang sisi kubus tersebut adalah 5 cm.
  2. Sebuah kubus memiliki diagonal bidang sepanjang 8 cm. Berapa luas permukaan kubus tersebut?
    Jawaban:
    Rumus diagonal bidang kubus adalah s x akar 2. Jadi, panjang sisi kubus dapat dihitung dengan membagi diagonal bidang dengan akar 2.
    8 cm / akar 2 ≈ 5,7 cm.
    Luas permukaan kubus adalah 6 x sisi² = 6 x (5,7 cm)² = 195,5 cm².
  3. Diberikan sebuah kubus dengan luas permukaan 150 cm². Berapa volume kubus tersebut?
    Jawaban:
    Rumus luas permukaan kubus adalah 6 x sisi². Jadi, panjang sisi kubus dapat dihitung dengan membagi luas permukaan dengan 6.
    150 cm² / 6 = 25 cm².
    Panjang sisi kubus adalah akar dari 25 cm², yaitu 5 cm.
    Volume kubus adalah s³, yaitu 5³ = 125 cm³.
  4. Kubus A memiliki volume 27 cm³. Jika sisi kubus B adalah 3 cm, berapa volume kubus B?
    Jawaban:
    Rumus volume kubus adalah s³. Jadi, volume kubus B adalah 3³ = 27 cm³.
    Karena volume kubus A sama dengan volume kubus B, maka sisi kubus A dapat dihitung dengan mengakar kubik dari volume A.
    ∛27 = 3 cm. Jadi, sisi kubus A adalah 3 cm.
  5. Dua kubus memiliki volume 125 cm³ dan 343 cm³. Berapa perbandingan panjang sisi keduanya?
    Jawaban:
    Rumus volume kubus adalah s³. Jadi, sisi kubus pertama dapat dihitung dengan mengakar kubik dari volume A.
    ∛125 = 5 cm. Jadi, sisi kubus pertama adalah 5 cm.
    Sisi kubus kedua dapat dihitung dengan mengakar kubik dari volume B.
    ∛343 = 7 cm. Jadi, sisi kubus kedua adalah 7 cm.
    Perbandingan panjang sisi kedua kubus adalah 5:7.

Kesimpulan

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki enam sisi persegi yang sama besar. Kubus memiliki sifat-sifat yang unik, seperti memiliki delapan titik sudut, 12 rusuk, dan enam diagonal ruang. Kubus juga memiliki rumus-rumus yang berguna, seperti rumus volume kubus yang s³ dan rumus luas permukaan kubus yang 6s². Kubus sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bentuk, seperti kotak penyimpanan, kubus es, dan bangunan.

FAQ

  1. Apa bedanya kubus dengan balok?
    Kubus memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang sama, sedangkan balok memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda. Kubus memiliki 6 sisi persegi yang sama besar, sedangkan balok memiliki 2 sisi persegi panjang dan 4 sisi persegi yang mungkin berbeda ukuran.
  2. Bagaimana cara menghitung volume kubus?
    Volume kubus dapat dihitung dengan mengalikan panjang sisi kubus tiga kali, atau dengan rumus s³.
  3. Apa perbedaan diagonal ruang dan diagonal bidang pada kubus?
    Diagonal ruang adalah garis yang menghubungkan dua titik pada sudut yang berseberangan pada kubus, sedangkan diagonal bidang adalah garis yang menghubungkan dua titik pada sudut yang berseberangan pada satu bidang kubus.
  4. Apa rumus luas permukaan kubus?
    Rumus luas permukaan kubus adalah 6s², di mana s adalah panjang sisi kubus.
  5. Apa yang dimaksud dengan simetri pada kubus?
    Kubus memiliki beberapa jenis simetri, seperti simetri putar 4, simetri putar 3, dan simetri miring. Simetri pada kubus terjadi ketika kubus dapat diputar atau dibalikkan sehingga terlihat sama persis dari beberapa sudut pandang yang berbeda.

www.bospedia.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB