PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian, Manfaat dan Rumus Bauksit Dalam ilmu Kimia

Pengertian, Manfaat dan Rumus Bauksit Dalam ilmu Kimia

Formula Bauksit – Pada pertemuan sebelumnya saya membahas tentang Pengertian Teori Asam Basa yang sudah saya bahas lebih detail dan sangat disukai oleh Pembaca di Halaman Rumus Rumus ini. Nah pada pertemuan kali ini saya juga akan membahas secara mendalam tentang Apa itu Bauksit dan Rumus Kimia Bauksit kepada Anda Para Pembaca karena tidak dipungkiri ulasan kali ini cukup banyak orang yang membutuhkan dan mencarinya, dalam hal ini telah sudah dibuktikan dengan email dari Pembaca sehingga saya bisa menulis dan menjelaskan tentang bauksit lebih detail.

pengertian dan rumus bauksit dalam kimia

Dan langsung dalam pengertian bauksit adalah batuan yang terbentuk akibat proses lateritisasi batuan induk yang kaya akan unsur alumina dan merupakan bijih utama aluminium yang terdiri dari tiga unsur aluminium hidrat yang meliputi gibsite, diaspora dan boehmite. Oleh karena itu, dapat ditegaskan kepada Anda para Pembaca bahwa Bauksit adalah Batuan, bukan Mineral. Batuan bauksit pertama kali ditemukan oleh seorang ahli geologi dari Perancis bernama Pierre Berthier pada tahun 1821 silam dan nama Bauksit sendiri diambil dari nama sebuah desa di Perancis Selatan yaitu Les Baux.

Hal ini tentu mematahkan anggapan banyak orang bahwa bauksit adalah mineral dan tentunya pendapat tersebut sangat salah karena sejatinya bauksit adalah batuan yang banyak mengandung unsur alumina dan bijih utama alumunium, yang nantinya akan diolah menggunakan Proses Bayer dan Proses Hall Heroult. (Proses Peleburan Aluminium Oksida) untuk mendapatkan Aluminium Oksida dan Aluminium Murni yang nantinya dapat digunakan untuk membuat Alat Dapur Aluminium, Sepeda dan lain-lain. Kemudian pada Rumus Kimia Bauksit dapat anda lihat dibawah ini :

Formula Bauksit dalam Kimia

Rumus kimia Bauksit adalah Al(OH)3

Dengan kemungkinan penambahan unsur Al dan OH, misalnya AIO(OH) dan AIO(OH).

Manfaat Bauksit dalam Kehidupan Manusia

Kemudian setelah Anda mengetahui Formula Bauksit, kini saatnya Anda mengetahui Manfaat dan Kegunaan Bauksit dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari. Dan untuk manfaat bauksit yang pertama adalah digunakan untuk memproduksi aluminium karena bauksit adalah bijih utama aluminium jadi tentunya fungsi bauksit yang paling penting adalah membuat aluminium. Caranya adalah dengan melakukan Proses Bayer yaitu Proses Pemanasan Batuan Bauksit dalam Larutan Natrium Hidroksida Panas agar Aluminium dapat larut dan terlepas dalam Bauksit.

Manfaat bauksit yang kedua adalah digunakan untuk Proppant, yaitu Partikel Tersuspensi yang digunakan untuk menutup rekahan pada Batuan Reservoir. Batuan Reservoir ini adalah Batuan yang digunakan dalam Pengeboran Minyak dan Gas Bumi, Batuan Reservoir ini sering retak akibat pemompaan cairan ke dalam sumur bor yang tekanannya sangat tinggi, tekanan yang sangat tinggi itulah yang menyebabkan Batuan Reservoir sering retak dan Proppant digunakan untuk menutup Retakan pada Reservoir Rock, salah satu Bahan Baku dalam Proppant adalah Bauksit.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, manfaat dan rumus kimia bauksit yang telah dibahas lebih mendalam dari pembahasan bauksit yang sudah ada, dan semoga ulasan tentang bauksit ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca di halaman rumus ini. Tapi hanya sebagai informasi tambahan yang jika kalian ingin tahu Rumus dan Hukum Archimedes yang sampai saat ini sudah digunakan oleh banyak orang, maka anda tinggal menuju ke link tersebut karena tentunya ulasan tentang Archimedes sudah dibahas oleh penulis secara lebih mendalam dan detail.

rumusrumus.com

Comment
Share:

Ad