PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian Ovovivipar : Ciri, Contoh Hewan Ovovivipar dan Gambarnya

Pengertian Ovovivipar : Ciri, Contoh Hewan Ovovivipar dan Gambarnya

Hewan Ovovivipar
Contoh Hewan Ovovivipar – Apa itu ovovivipar? Apa ciri-ciri hewan ovovivipar? Apa saja contoh hewan ovovivipar? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian ovovivipar secara lengkap, ciri-ciri dan contoh hewan ovovivipar.

Baca juga : Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan

Isibersembunyi

1
Definisi Ovovivipar
2
Ciri Ciri Hewan Ovovivipar
3
Contoh Hewan Ovovivipar

3.1
Bunglon
3.2
Salamander
3.3
Iguana
3.4
Kadal
3.5
Ikan Guppy
3.6
ikan pari
3.7
platipus
3.8
Kuda laut
3.9
Hiu
3.10
Ular

Definisi Ovovivipar

Pengertian ovovivipar adalah suatu cara perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan (melahirkan), dimana embrio akan berkembang menjadi telur dan telur tersebut akan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur tersebut menetas, setelah menetas akan muncul anakan. tubuh ibu.

Ovovivipar juga diartikan sebagai proses reproduksi hewan dengan 2 cara sekaligus, yaitu dengan bertelur (ovipar) dan melahirkan (vivipar).

Hewan yang berkembang biak secara ovovivipar menghasilkan telur dan telur tersebut tidak dikeluarkan melainkan tetap berada di dalam tubuh induk betina hingga telur tersebut menetas. Setelah menetas, induk akan menghasilkan individu baru yang sejenis (melahirkan).

Secara lengkap, pada saat pembuahan akan terbentuk zigot, kemudian zigot tersebut berkembang menjadi embrio (proses kehamilan) yang akan berkembang di dalam sel telur. Telur tersebut akan tetap berada di dalam tubuh betina hingga menetas. Setelah menetas, akan muncul hewan baru yang sejenis dari tubuh induknya.

Ciri Ciri Hewan Ovovivipar

Ciri-ciri hewan ovovivipar antara lain :

  • Cara berkembang biaknya ada dua, yakni bertelur dan sekaligus melahirkan.
  • Pembuahan terjadi di dalam tubuh betina, setelah pembuahan berhasil maka zigot akan tumbuh menjadi embrio yang akan berkembang di dalam cangkang telur dan akan tetap berada di dalam tubuh induknya. Setelah menetas, individu baru akan dilepaskan.

Contoh Hewan Ovovivipar

Berikut beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar (bertelur dan melahirkan), antara lain beberapa jenis ular seperti ular piton, boa, ular piton, kadut dan lain-lain, kadal, platipus, bunglon, hiu, ikan gapi-gapi, buaya, ikan pari, hiu, iguana, salamander dan sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Bunglon

Bunglon

Bunglon merupakan salah satu jenis reptil yang mempertahankan diri dengan mengubah warna kulitnya.

Umumnya bunglon berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Namun ada juga beberapa jenis bunglon yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan (ovoviviparous), dimana bunglon jenis ini menyimpan telurnya di dalam tubuh induknya, kemudian induknya akan melahirkan keturunan bunglon yang akan menetas dalam beberapa hari. .

Baca juga : Memahami Adaptasi Morfologi

Salamander

Salamander

Salamander merupakan hewan yang mempunyai bentuk hampir sama dengan kadal, namun salamander ini mempunyai tubuh yang ramping, ekor yang panjang dan hidung yang pendek. Salamander memiliki kulit yang lembap sehingga tak heran jika sering ditemukan di daerah berair/lembab. Perlu Anda ketahui juga bahwa salamander merupakan hewan vertebrata yang unik karena zamannya.

Iguana

Iguana

Iguana merupakan salah satu jenis kadal yang hidup di daerah tropis kepulauan Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Iguana mempunyai ciri khas berupa jambul di bawah rahang dan susunan sisik membentuk duri-duri besar yang berjajar di bagian atas tubuh mulai dari leher hingga ujung ekor.

Iguana memiliki mata dengan penglihatan yang tajam untuk mencari makan, berkomunikasi dengan iguana lain dari spesies yang sama dan menjelajahi hutan.

Kadal

Kadal

Kadal merupakan salah satu jenis reptilia yang mempunyai kulit bersisik dan berkaki empat. Kadal sering ditemukan di tanah, di tanah berpasir atau gembur, dan juga di batang pohon.

Umumnya kadal bertelur (ovipar) dan melahirkan (vivipar). Namun ada pula jenis kadal yang bertelur dan melahirkan (ovovivipar).

Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar (bertelur dan melahirkan).

ikan pari

Ikan Pari

Ikan pari merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di lautan. Ikan ini termasuk ke dalam ikan yang berkembang secara ovivipar. Ikan ini akan bertelur namun telurnya akan dikeluarkan sebelum menetas, embrio akan berkembang dan tumbuh dengan menyerap nutrisi yang ada pada kuning telur. Jika pertumbuhan embrio sudah optimal, maka induknya akan melahirkan bayi ikan pari.

platipus

Platypus

Platipus merupakan mamalia semi akuatik yang banyak ditemukan di benua Australia bagian timur. Karena bentuk paruhnya yang mirip bebek, maka sering disebut platipus berparuh bebek.

Platipus sebenarnya berkembang biak secara ovipar (bertelur), namun platipus ini cukup unik dan aneh karena memiliki kelenjar susu dan akan menyusui anaknya setelah menetas seperti mamalia pada umumnya. Oleh karena itu, para ahli biologi menempatkannya pada hewan ovovivipar karena termasuk dalam hewan peralihan dari kelas aves ke mamalia.

Baca juga : Memahami Adaptasi Fisiologis

Kuda laut

Kuda Laut

Kuda laut merupakan salah satu jenis hewan laut yang mempunyai keunikan yang tidak biasa yaitu pada umumnya yang hamil dan melahirkan adalah yang berjenis kelamin betina, bahkan kuda laut biasanya yang hamil pada yang jantan. Kuda laut jantan mempunyai tunas induk untuk menyimpan dan mengerami sel telur dari betina.

Hiu

Ikan Hiu

Hiu merupakan salah satu ikan predator yang ada di perairan, ikan ini berkembang biak secara ovovivipar karena hiu akan menyimpan telurnya di dalam tubuhnya, setelah telur menetas dan berada pada titik optimal barulah akan lahir anakan.

Ular

Ular

Ular merupakan kelompok reptilia tak berkaki yang mempunyai tubuh panjang dan tersebar di seluruh dunia. Jenis ularnya banyak sekali seperti ular pohon, ular boa, ular anaconda, ular kadut dan lain sebagainya.

Ular merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, dimana setelah ular mengalami pembuahan, telur ular akan disimpan di dalam tubuh betina dan menetas di dalamnya kemudian dilahirkan.

Baca juga : Memahami Sel Hewan

Demikian artikel selengkapnya membahas tentang pengertian ovovivipar, ciri-ciri dan contoh hewan ovovivipar. semoga bermanfaat

Comment
Share:

Ad