Pengertian Persekusi : Faktor Penyebab, Bentuk dan Contoh Kasus Persekusi

- Penulis

Minggu, 10 Desember 2023 - 09:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Persekusi

Persekusi

Contoh Penganiayaan – Apa yang dimaksud dengan penganiayaan? Apa saja faktor penyebab penganiayaan? Apa pengertian penganiayaan dan contohnya? Sebutkan bentuk-bentuk perkusi!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian penganiayaan menurut para ahli, faktor penyebab, bentuk, cara menghindarinya dan contoh kasus penganiayaan secara lengkap.

Baca Juga: Memahami Lingkungan Sosial

Isibersembunyi

1
Memahami Penganiayaan
2
Pengertian Penganiayaan Menurut Para Ahli

2.1
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
2.2
Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana
2.3
Damar Juniarto
3
Pola Penganiayaan
4
Faktor Penyebab Perkusi
5
Bentuk-Bentuk Penganiayaan
6
Bagaimana Menghindari Penganiayaan
7
Contoh Penganiayaan

Memahami Penganiayaan

Pengertian persekusi adalah penganiayaan atau penganiayaan sistematis yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain.

Penganiayaan juga diartikan sebagai tindakan sewenang-wenang terhadap individu atau kelompok. Perbuatan sewenang-wenang tersebut ditujukan untuk menyakiti, menimbulkan keonaran, atau merusak, yang merupakan pelanggaran hukum pidana.

Pengertian persekusi adalah suatu sikap atau tindakan permusuhan, penganiayaan, dan penganiayaan terhadap individu atau kelompok tertentu, terutama karena ras, agama, dan keyakinan politik.

Tindakan penganiayaan dinilai lebih kejam dibandingkan tindakan main hakim sendiri karena masih bersifat dugaan dan belum bisa dipastikan korban penganiayaan tersebut bersalah.

Dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional, penganiayaan merupakan salah satu bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan. Indikator yang dapat mengarah pada tindakan penganiayaan antara lain ketakutan, penahanan, pelecehan, penderitaan dan faktor lainnya, namun hanya penderitaan yang cukup parah yang dapat digolongkan sebagai penganiayaan.

Tindakan penganiayaan dapat menyebabkan korbannya mengalami trauma baik secara fisik maupun mental (psikis) bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tindakan penganiayaan di Indonesia sangat dilarang, namun hingga saat ini tindakan penganiayaan masih marak.

Pengertian Penganiayaan Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian penganiayaan adalah penganiayaan secara sewenang-wenang terhadap seseorang atau suatu kelompok dan menyebabkan kerugian, kesulitan, atau kehancuran.

Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana

Pengertian persekusi adalah perampasan hak-hak dasar yang disengaja dan kejam serta berkaitan dengan penghapusan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

Baca Juga :  Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Faktor, Jenis & Contoh

Damar Juniarto

Penganiayaan juga dapat diartikan sebagai tindakan memburu orang lain atau kelompok tertentu yang dilakukan oleh suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis serta meluas, sehingga berbeda dengan main hakim sendiri.

Pola Penganiayaan

Ada empat tahapan atau pola proses penganiayaan yang dilakukan pelaku penganiayaan, antara lain:

  • Selidiki identitas dan alamat sasaran atau korban penganiayaan.
  • Setelah itu, identitas mulai dari foto, alamat, dan sasaran perkusi lainnya menyebar ke media sosial dan kemudian menggerakkan massa untuk memburu sasaran.
  • Tindakan penganiayaan dilanjutkan dengan mendatangi rumah atau kantor sasaran dan hal ini membuat korban terintimidasi, tertekan dan merasa tidak nyaman.
  • Targetnya akan dipaksa membuat pernyataan permintaan maaf secara tertulis di atas prangko dan kemudian diunggah ke media massa. Jika menolak, target akan memaksanya melapor ke pihak berwajib dengan keluhan ujaran kebencian atau penodaan agama.

Faktor Penyebab Perkusi

Tiap negara mempunyai penyebab penganiayaan yang berbeda-beda. Penyebab penganiayaan di Indonesia umumnya disebabkan oleh kebebasan berekspresi di media sosial yang tidak terkendali. Berikut sejumlah penyebab terjadinya penganiayaan, antara lain:

  • Masyarakat beranggapan bahwa proses hukum yang ada penuh dengan intervensi pemerintah sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.
  • Banyak anggapan bahwa penegakan hukum tidak adil.
  • Terjadi kesenjangan sosial di masyarakat.
  • Terdapat rasa ketidakpercayaan dan saling curiga antara kelas atas dan kelas bawah.

Baca Juga : Pengertian Bullying

Bentuk-Bentuk Penganiayaan

Berikut beberapa bentuk penganiayaan, antara lain:

  • Paksaan.
  • Penculikan.
  • Mengalahkan.
  • Penganiayaan.
  • Ancaman.

Bagaimana Menghindari Penganiayaan

Berikut cara menghindari kasus penganiayaan, antara lain:

  • Sebelum mengunggah pernyataan, komentar, berita atau yang lainnya, sebaiknya pikirkan dan bayangkan terlebih dahulu.
  • Bayangkan jika Anda menyampaikan semua itu langsung kepada orang yang bersangkutan, entah Anda ragu, takut, atau memang berani menyampaikannya.
  • Pikirkan juga akibat yang akan didapat. Jika unggahan Anda menyinggung orang lain, pikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya.
  • Sebelum menyampaikan atau mengunggah unggahan atau apapun itu, harus dipahami dan dicek kembali informasinya agar tidak tersebarnya berita hoax.
Baca Juga :  Rangkuman IPA BAB 4 Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Contoh Penganiayaan

Berikut beberapa contoh kasus penganiayaan di Indonesia:

Organ Tunggal dengan Jalan Buntu

Pada 4 Desember 2017, polisi menangkap ketiga pelaku usai menganiaya warga Kelurahan Rawarotan RT/RW 02/04, Kelurahan Selapajang, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang bernama Rano (38) hingga tewas. Korban dipukul dengan kursi, lalu ditikam berkali-kali di bagian wajah, badan, dan kaki. Peristiwa itu terjadi saat acara pernikahan anak Nasir digelar sekitar pukul 22.00 WIB di kediamannya pada Minggu, 3 Desember sekitar pukul 22.00 WIB.

Karena hari sudah malam, Nasir menghentikan organ tunggal tersebut, namun Rano yang sedang asyik menari tidak terima organ tunggal tersebut dihentikan. Rano mengancam akan membunuh semua orang di acara tersebut dengan pisau jika organ tunggal tersebut tidak dilanjutkan. Selanjutnya ketiga pelaku adu mulut dengan korban dan berakhir dengan penganiayaan.

Penganiayaan terhadap Dr. Fiera Lovita

Aksi penganiayaan terhadap dr Fiera Lovita dilakukan oleh salah satu ormas keagamaan karena dianggap menghina ulama mereka.

Penganiayaan PMA

Remaja berusia 15 tahun berinisial PMA menjadi korban penganiayaan kelompok ormas di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Pasalnya, postingan di media sosial PMA dinilai menghina seorang ulama.

Penganiayaan terhadap RN dan MA

Pasangan berinisial RN dan MA mengalami penganiayaan dengan cara ditelanjangi dan diarak warga di Desa Sukamulya, Cikupa, Tangerang. Penyebab penganiayaan karena keduanya dituduh melakukan perbuatan asusila saat menyewa.

Baca Juga: Pengertian Etnosentrisme

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian penganiayaan menurut para ahli, faktor penyebab, bentuk, cara menghindarinya dan contoh kasus penganiayaan secara lengkap. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru