Pengertian Teks Tanggapan, Jenis, Struktur dan Contoh

- Penulis

Jumat, 3 Maret 2023 - 19:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mari Mengenal Teks Respons

Sobat, pasti kalian pernah melihat atau mendengar seseorang memberikan respon terhadap suatu objek atau objek di sekitar kalian bukan? Teks yang berisi berbagai tanggapan disebut teks tanggapan.

Teks tanggapan pada dasarnya berfungsi untuk memberikan penilaian dan dapat digunakan untuk merevisi suatu karya, opini, dan sebagainya. Teks ini juga mudah dibedakan karena hanya memiliki tiga struktur dan ciri kebahasaan yang sangat jelas.

Pengertian teks tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat tentang suatu karya, dengan mengkritik jika karya tersebut masih memiliki kekurangan, atau memuji jika karya tersebut dinilai baik. Pujian atau kritik tersebut juga harus disertai dengan alasan yang logis, serta menggunakan bahasa yang baik, lugas, tegas, dan santun.

Umumnya, teks tanggapan menggunakan tiga kalimat utama, yaitu kalimat kritik, sanggahan, dan pujian.

  1. Kalimat kritis yang dimuat dapat berupa pernyataan yang mengoreksi, atau mengevaluasi suatu masalah.
  2. Kalimat sanggahan adalah pernyataan penolakan atau ketidaksetujuan terhadap suatu gagasan yang disampaikan.
  3. Kalimat pujian, seperti pernyataan sikap positif terhadap masalah, penghargaan terhadap kelebihan, dan keunggulan suatu hal.

Fungsi dan Tujuan teks tanggapan

Dalam konteks sosial, teks tanggapan berfungsi sebagai kepedulian kita terhadap lingkungan, dengan cara menanggapi secara kritis suatu isu atau masalah dalam kehidupan sehari-hari, di sekitar tempat kita tinggal. Tujuan dari teks tanggapan adalah untuk memilih satu pernyataan, karena teks tanggapan biasanya menemukan alasan untuk dan menentang.

Fitur teks tanggapan

Berikut ciri-ciri teks tanggapan

  • Teks ini berisi tanggapan terhadap fenomena/peristiwa yang terjadi di sekitarnya dengan mencantumkan fakta dan alasan logis.
  • Teks tanggapan hanya memiliki tiga struktur, yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan kembali.
  • Berisi aturan kebahasaan teks tanggapan.

Jenis teks tanggapan

Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi kritik terhadap sesuatu yang memiliki kesalahan. Dalam teks tanggapan jenis ini, umumnya menggunakan kalimat kritis yang berisi komentar atau penilaian tentang suatu masalah yang terjadi.

Biasanya, kalimat kritis berupa tanggapan baik atau buruk yang disampaikan setelah mengamati atau menganalisis suatu peristiwa. Meski bisa berupa tanggapan baik atau positif, kritik masih sering dianggap sebagai opini buruk atau tanggapan negatif.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat kritis dalam teks tanggapan.

  • Masakan Anda sebenarnya enak, tetapi Anda perlu menambahkan sedikit lada agar lebih pedas.
  • Staf di toko sangat ramah. Sayangnya, kualitas barang semuanya buruk.
  • Hasil foto Anda kurang menarik karena tidak fokus dan pengambilan angle yang salah.

Teks Tanggapan Pujian

Teks tanggapan pelengkap adalah teks tanggapan yang mengungkapkan pujian, penghargaan, atau keunggulan suatu hal. Jenis teks tanggapan ini menggunakan pujian yang mengungkapkan sesuatu secara positif, tulus, dan jujur. Adapun dalam penggunaannya, kalimat pujian juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan sugesti positif, mampu menjelaskan manfaat atau kelebihan, adanya sugesti dan alasan, dan berdasarkan fakta.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat pujian dalam teks tanggapan.

Kata-kata pujian tanpa alasan:

  • Anda keren.
  • Minuman ini sangat enak.
  • Saya suka memasak.

Pujian dan alasan:

  • Sepatu baru itu sangat keren dan sangat cocok untuk Anda, karena warna dan desainnya cocok dengan kaos yang Anda kenakan.
  • Kami sangat puas dengan kinerja Anda, karena kami selalu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
  • Merek laptop tertentu terbukti sangat awet karena saya telah menggunakannya selama 7 tahun, bahkan saya tidak pernah mengalami masalah dengannya.

Struktur teks tanggapan

Teks tanggapan hanya terdiri dari tiga struktur, yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan kembali. Namun, ada beberapa buku berbahasa Indonesia yang menyebutkan ketiga struktur tersebut dengan konteks, deskripsi, dan penilaian. Pada dasarnya keduanya memiliki penjelasan yang sama, hanya penyebutannya saja yang berbeda.

  1. Evaluasi atau Konteks. Bagian ini merupakan bagian pertama dari teks tanggapan yang berisi pernyataan umum tentang apa yang ditanggapi, dan apa yang akan disampaikan oleh penulis dalam teks tanggapan tersebut.
  2. Deskripsi Teks. Bagian kedua atau bagian tubuh teks tanggapan. Bagian ini umumnya memuat informasi mengenai data, fakta, dan opini yang mendukung pernyataan, atau melemahkan pernyataan.
  3. Penegasan kembali atau Penilaian. Bagian ketiga teks tanggapan ini merupakan bagian terakhir atau penutup teks, yang berisi penilaian melalui penegasan kembali atas apa yang telah dilakukan atau apa yang telah diputuskan.
Baca Juga :  Kumpulan Contoh Teks Biografi Beserta Strukturnya

Aturan bahasa teks tanggapan

Aturan bahasa teks tanggapan adalah:

  1. Menggunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua kata kerja, bahkan lebih.
  2. Terdapat konjungsi atau kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur kalimat.
  3. Menggunakan kata referensi, yaitu kata-kata yang digunakan oleh pemberi informasi (sumber) untuk mendukung atau memperkuat pernyataan asertif. Juga dikenal sebagai referensi.
  4. Gunakan pilihan kata menurut EYD dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan.

Contoh teks tanggapan singkat

Efek Musik Mozart

Evaluasi atau Konteks

Ilmuwan di seluruh dunia telah menyatakan bahwa mendengarkan musik Mozart dapat membuat orang lebih pintar dan meningkatkan kesehatan. Bahkan, sapi juga menyukai musik itu.

Deskripsi Teks

Media Spanyol, El Mundo melaporkan, ada peternakan sapi di Villanueva del Pardillo, Spanyol, yang mampu menghasilkan 30-35 liter (sekitar 8-9 galon) susu per hari, dibandingkan dengan peternakan lokal lainnya yang hanya menghasilkan 28 liter susu. . Menurut Hans-Pieter Sieber, yang merupakan pemilik peternakan sapi, ini semua berkat musik “Concerto for Flute and Harp in D” karya Mozart, yang dimainkannya kepada 700 sapinya saat memerah susu. Sieber juga mengklaim bahwa susu yang dihasilkan memiliki rasa yang manis.

Penegasan kembali atau Penilaian

Francis Rauscher dan Gordon Shaw juga mengomentari dan mengkritik Efek Mozart setelah melakukan penelitian mereka. Mereka menyatakan, bahwa Efek Mozart tidak bisa membuat seseorang menjadi pintar dalam waktu sesingkat mungkin (seketika). Jika Anda bisa memberikan intelijen secara singkat, itu hanya bersifat sementara dan tidak permanen, yaitu hanya sekitar 10 menit.

Menganggap Efek Mozart dapat meningkatkan kecerdasan adalah kesalahan yang membodohi manusia. Kecerdasan tidak bisa didapatkan dengan mendengarkan musik saja, tapi juga dari usaha dan doa.

Contoh teks tanggapan kritis

Tanggapan Artikel “Pengelolaan Sampah yang Baik di TPSA Cilowong”

Evaluasi atau Konteks

Salah satu artikel di website jurnal Akumassa berjudul “Pengelolaan Sampah yang Baik di TPSA Cilowong”, mengulas TPSA Cilowong lebih baik dari TPSA lainnya. Dalam artikel itu tertulis, dalam proses pembuatan kompos diawali dengan melakukan uji penelitian terhadap kadar senyawa yang terkandung di dalamnya. Hal ini dilakukan, agar kadar kompos yang nantinya dijual ke pasar memenuhi persyaratan sebagai pupuk yang bermutu dan berkualitas.

Deskripsi Teks

Semua itu bisa dilakukan karena dukungan fasilitas laboratorium yang mampu menunjang kualitas kompos itu sendiri. Dengan mengolah sampah menjadi pupuk, dan tidak membakar gunungan sampah di TPSA, kita dapat mengurangi polusi udara yang dapat merusak lapisan ozon. Selain diolah menjadi kompos, air limbah dari sampah yang ada juga diolah sedemikian rupa melalui beberapa filter, sehingga dapat berfungsi untuk mengairi sawah.

Penegasan kembali atau Penilaian

Saya mewakili warga yang kebetulan tinggal di kampung-kampung di kawasan TPSA Cilowong ingin menanggapi artikel ini. Padahal, TPSA Cilowong masih memiliki kekurangan di mata masyarakat. Konflik yang selalu terjadi adalah kesan ketidakpedulian pihak pengelola terhadap masyarakat setempat.

Baca Juga :  Niat Puasa Ganti Ramadhan hari Senin-Sabtu & bulan Sya’ban

Misalnya pencemaran lingkungan yang masih terjadi sehingga mengundang banyak lalat, sehingga tidak sedikit warga yang menderita penyakit kulit. Tidak ada klinik bagi masyarakat untuk berobat, dan kesepakatan pertama tidak terealisasi berdasarkan klausul tuntutan warga. Dari beberapa poin yang diajukan, hanya satu kesepakatan yang ditepati manajemen, yakni fasilitas air bersih yang kini juga terbengkalai.

Contoh teks tanggapan pujian

Menanggapi artikel “Mengajari Anak Pandai Berhitung, Seberapa Penting?”

Evaluasi atau Konteks

Setelah membaca artikel berjudul “Mengajari Anak Pandai Berhitung, Seberapa Penting?” di beberapa forum, salah satunya EDY Community. Dalam artikel tersebut tertulis, seorang guru di Australia pernah mengatakan, bahwa mereka tidak terlalu khawatir, jika siswa SD mereka tidak pandai matematika. Mereka jauh lebih khawatir, jika siswa tidak pandai mengantre.

Deskripsi Teks

Saat ditanya kenapa bisa begitu? Jawabnya karena kita hanya perlu melatih anak selama 3 bulan, intensif agar mereka bisa Matematika. Sedangkan untuk melatih anak agar bisa antre, dan selalu mengingat pelajaran berharga di balik proses mengantri, bisa memakan waktu hingga 12 tahun bahkan lebih.

Toh, tidak semua anak ketika besar nanti berprofesi menggunakan matematika, kecuali penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Sementara itu, semua siswa pasti membutuhkan etika moral, dan pelajaran berharga dari antrean sepanjang hayatnya nanti.

Penegasan kembali atau Penilaian

Menurut saya artikelnya bagus, tapi isinya tidak memberikan jawaban yang pasti dari judulnya yaitu betapa pentingnya berhitung. Oleh karena itu, melalui tulisan saya ini, saya akan menjawab bahwa mengajarkan anak berhitung itu sangat penting.

Menghitung tidak sesulit yang kita bayangkan, tetapi tergantung dari apa yang ingin kita hitung. Pada dasarnya kita hanya lemah dengan pelajaran matematika, sehingga kita tidak mampu menerapkan konsep matematika yang baik dalam kehidupan kita.

Dalam artikel tersebut, tidak semua anak akan mengerjakan matematika, kecuali penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Pendapat ini sebenarnya menunjukkan bahwa matematika tanpa terkecuali dibutuhkan oleh semua profesi. Jadi, apakah kita akan menghindari matematika yang dibutuhkan oleh semua profesi?

Banyak masyarakat Indonesia yang salah dalam menanggapi pernyataan guru Australia tersebut dalam artikel tersebut. Sikap yang baik dan pengetahuan yang baik adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kedua hal ini sama pentingnya.

Cara membuat teks tanggapan yang baik

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat teks tanggapan yang baik.

  1. Tentukan tema teks tanggapan yang akan disusun.
  2. Kembangkan tema menjadi rangkaian kalimat.
  3. Susun dan kembangkan kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf, sehingga menjadi teks tanggapan yang berurutan dan logis.
  4. Perlu diingat, penyusunan harus dituliskan pada bagian-bagian struktur teks tanggapan, yaitu evaluasi atau konteks, deskripsi, dan penegasan ulang atau penilaian.
  5. Perhatikan juga kaidah bahasa yang biasa digunakan dalam teks tanggapan. Misalnya menggunakan kata sambung antar kalimat atau antar paragraf dengan tepat, menggunakan kata rujukan, dan menggunakan pilihan kata tertentu sesuai dengan tema atau objek yang dituju.
  6. Jika sudah selesai, edit kembali hasil tulisan tersebut agar tidak ada kesalahan.

Sobat, yaitu cara membuat teks tanggapan yang baik beserta makna, tujuan, ciri-ciri, struktur, hingga contoh teks tanggapan kritis dan pujian. Untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang teks tanggapan, Anda dapat langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Yuk, gabung sekarang!

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB