Pengertian, Tujuan, dan Cara Akses Platform Merdeka Mengajar

- Penulis

Selasa, 13 Juni 2023 - 10:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengertian, Tujuan, dan Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

Apa yang dimaksud dengan Kebebasan Mengajar? Apakah itu berarti guru tidak perlu lagi mengajar siswa di sekolah? Tentu tidak, ya.

Merdeka Mengajar adalah istilah yang mengacu pada kebebasan guru untuk berinovasi dan bertindak dalam proses belajar mengajar sehingga tercipta pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak monoton. Untuk memudahkan guru dalam mengajar, belajar, dan bekerja, Kemendikbud menyediakan platform Merdeka Mengajar.

Apa itu platform Merdeka Mengajar? Apa tujuan dari platform ini? Bagaimana cara mengaksesnya? Yuk, pahami lebih dalam tentang platform Merdeka Mengajar melalui ulasan di bawah ini.

Definisi Platform Kebebasan Mengajar

Singkatnya, Merdeka Mengajar adalah istilah yang merujuk pada kebebasan guru untuk berinovasi dan bertindak dalam proses belajar mengajar sehingga tercipta pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak monoton.

Istilah Merdeka Mengajar mulai ramai diperbincangkan setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkenalkan kurikulum pendidikan baru yaitu Kurikulum Mandiri. Kurikulum pendidikan Indonesia yang baru telah diperkenalkan sejak Februari 2022 dan akan menggantikan kurikulum 2013.

Untuk memudahkan guru dan sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Kemdikbud menyediakan platform teknologi yang dapat diakses secara gratis yaitu platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang dirancang khusus untuk guru dan kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar dan berkreasi.

Platform ini menyediakan berbagai bahan ajar yang dapat diterapkan langsung oleh guru di kelas atau dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam menciptakan metode belajar sendiri.

Sayangnya, saat ini platform Merdeka Mengajar hanya tersedia untuk web browser dan Android saja dengan spesifikasi minimal Android versi 5 – Lollipop.

Jika Anda ingin mengakses platform ini melalui browser web, Anda dapat mengaksesnya melalui tautan https://guru.kemdikbud.go.id.

Tujuan Platform Pengajaran Merdeka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan platform Merdeka Mengajar tidak hanya untuk memudahkan guru dan kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar, tetapi juga untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar agar guru mendapatkan referensi, inspirasi dan pemahaman dalam penerapan kurikulum baru ini.

Tujuan lain dari platform Merdeka Mengajar adalah sebagai upaya transformasi pendidikan berbasis digital di Indonesia sekaligus menjadi mitra penggerak bagi para guru.

Selain itu, platform Merdeka Mengajar juga dirancang untuk membantu para guru di Indonesia meningkatkan kompetensi, mendorong guru untuk berkarya, dan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Guru Penggerak 2024

Fitur di Platform Merdeka Mengajar

Ada berbagai fitur yang tersedia di platform Merdeka Mengajar. Tujuannya untuk membantu mengembangkan kompetensi guru dan mendukung kegiatan belajar mengajar.

Beberapa fitur yang tersedia di platform Merdeka Mengajar adalah sebagai berikut.

1. Kurikulum Mandiri

Fitur Kurikulum Merdeka adalah fitur yang memuat informasi tentang prinsip dan konsep dasar paradigma baru pembelajaran yang berpusat pada siswa. Fitur ini juga memuat informasi pelaksanaan Kurikulum Mandiri dengan mempelajari Profil Siswa Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada kurikulum tersebut.

2. Penilaian Siswa

Asesmen Siswa merupakan fitur pada platform Merdeka Mengajar yang berisi kumpulan paket soal asesmen diagnostik berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Fitur ini akan memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan tahapan pencapaian dan perkembangan siswa.

3. Perangkat Pengajaran

Fitur lain yang tersedia di platform Merdeka Mengajar adalah Teaching Toolkit. Fitur ini memuat berbagai bahan ajar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku ajar.

4. Pelatihan Mandiri

Fitur Self-Training berisi berbagai materi pelatihan singkat sehingga guru dapat melakukan pelatihan secara mandiri, kapanpun dan dimanapun.

5. Komunitas

Melalui fitur Komunitas, guru dapat bergabung dengan berbagai komunitas belajar yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, melalui fitur ini, guru juga dapat berdiskusi dengan sesama guru sehingga dapat saling bertukar informasi tentang pembelajaran serta memperluas networking antar pendidik.

6. Video Inspirasi

Fitur platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbud dan para pakar sebagai referensi peningkatan kompetensi guru sebagai pendidik.

7. Bukti Kerja

Fitur selanjutnya yang ada di platform Merdeka Mengajar adalah Bukti Kerja. Fitur ini berfungsi sebagai tempat dokumentasi pekerjaan untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, dan prestasi selama menjalankan profesi guru atau kepala sekolah.

Fitur Proof of Work juga berfungsi sebagai forum untuk berbagi praktik baik dan mendapatkan umpan balik dari pendidik lainnya.

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar sangat mudah diakses. Berikut cara mengakses platform ini melalui perangkat Android atau browser web.

Baca Juga :  Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Prinsip, Tujuan, Proses dan Contohnya

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar Melalui Android

Adapun langkah-langkah mengakses platform Merdeka Mengajar melalui perangkat Android adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan smartphone atau tablet yang Anda gunakan memiliki spesifikasi minimal Android versi 5 – Lollipop.
  2. Download platform Merdeka Mengajar di Playstore.
  3. Masuk atau login dengan email studi.id.
  4. Akan muncul notifikasi login berhasil.
  5. Klik “Lanjutkan” dan berhasil masuk.
  6. Bapak dan Ibu guru dapat mengakses berbagai fitur yang tersedia di platform Merdeka Mengajar.

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar Melalui Web Browser

Cara mengakses platform Merdeka Mengajar melalui web browser sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengaksesnya di Android. Begini caranya.

  1. Kunjungi halaman https://guru.kemdikbud.go.id/
  2. Masuk atau login dengan email studi.id.
  3. Akan muncul notifikasi login berhasil.
  4. Klik “Lanjutkan” untuk login. Berbagai fitur platform Merdeka Mengajar juga bisa dinikmati secara gratis.

Guru Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama dapat mengakses platform Merdeka Mengajar dengan terlebih dahulu mengunduh platform ini dan login menggunakan Akun Google dengan domain madrasah.kemenag.go.id (Akun Madrasah).

Cara Mengatasi Kendala Akses Platform Merdeka Mengajar

Jika Anda mengalami kendala dalam mengakses platform Merdeka Mengajar, silahkan kunjungi menu Setting dan pilih Help Center. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

Melalui Platform Mengajar Merdeka

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Pilih Pusat Bantuan
  3. Pilih browser untuk membuka halaman Pusat Bantuan
  4. Setelah masuk ke halaman Pusat Informasi, Anda bisa mencari informasi melalui artikel yang tersedia atau menggunakan kata kunci yang bisa Anda masukkan.
  5. Jika pertanyaan belum terjawab di artikel, maka tekan tombol Pusat Bantuan di kanan bawah halaman Pusat Informasi.

Melalui website Merdeka Mengajar

  1. Masukkan halaman https://guru.kemdikbud.go.id/
  2. Klik Kunjungi Pusat Bantuan di bagian bawah halaman
  3. Setelah masuk ke halaman Pusat Informasi, Anda bisa mencari informasi melalui artikel yang tersedia atau menggunakan kata kunci yang bisa Anda masukkan.
  4. Jika pertanyaan belum terjawab di artikel, maka tekan tombol Pusat Bantuan di kanan bawah halaman Pusat Informasi.

Sumber :

Pusat Informasi Pembelajaran. https://pusatformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/4433449817369-Panduan-Login-Platform-Merdeka-Mengajar Diakses tanggal 7 Juni 2023

Pusat Informasi Pembelajaran. https://pusatformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4813507899801-Tentang-Platform-Merdeka-Mengajar Diakses tanggal 7 Juni 2023

Pusat Informasi Guru. https://pusatformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6090880411673-What-That-Platform-Merdeka-Mengajar- Diakses tanggal 7 Juni 2023

SIMPKB. https://kurikulum-demo.simpkb.id/platform-merdeka-belajar/ Diakses tanggal 7 Juni 2023

www.quipper.com

Berita Terkait

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Strategi Berbagi Hasil Pembelajaran dengan Rekan Sejawat dalam Lokakarya Pendidikan
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Minggu, 14 Juli 2024 - 21:29 WIB

Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus

Minggu, 14 Juli 2024 - 13:52 WIB

Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?

Berita Terbaru