Pengertian Tulang Belikat : Letak, Bentuk, Fungsi, Struktur Bagian, Pelekatan dan Penyakit Tulang Belikat (Scapula)

- Penulis

Selasa, 19 Desember 2023 - 04:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulang Belikat

Tulang Belikat

Fungsi Tulang Bahu (Skapula) – Apa tulang belikatnya? Apa fungsi tulang belikat? Di manakah letak tulang belikat? Bagaimana struktur dan bagian tulang belikat?

Baca Juga: Fungsi Tulang Selangka (Klavikula)

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian tulang belikat secara lengkap, letaknya, bentuk, fungsi, struktur dan kelainan tulang belikat pada manusia.

Isibersembunyi
1
Memahami Tulang Bahu
2
Fungsi Tulang Belakang Bahu
3
Struktur Tulang Belakang Bahu
3.1
Permukaan Depan
3.2
Permukaan Belakang
3.2.1
Proses Akronium
3.2.2
Prosesus Coracoideus
4
Gerakan Tulang Bahu
5
Perlekatan Otot pada Tulang Bahu
6
Gangguan dan Penyakit Tulang Bahu
6.1
Fraktur Bahu
6.2
Nyeri Tulang Bahu

Memahami Tulang Bahu

Tulang belikat (skapula) merupakan tulang yang menghubungkan tulang lengan dan tulang selangka (klavikula). Dalam bahasa Inggris, scapula adalah “shoulder blade” dan dalam bahasa Latin “omo”

Letak tulang belikat berada di area bahu atau tubuh bagian atas, yaitu di belakang tulang rusuk bagian atas.

Bentuk tulang belikat manusia rata dan secara anatomis mempunyai bentuk mirip segitiga. Bilah bahu menghubungkan tulang selangka dan tulang humerus.

Fungsi Tulang Belakang Bahu

Fungsi tulang belikat (skapula), antara lain:

  • Menghubungkan otot dan tendon pada lengan dan punggung yang memungkinkan terjadinya gerakan pada saat meregangkan tubuh atau mengangkat lengan jauh ke atas hingga tulang belakang juga ikut terangkat ke atas.
  • Membantu menggerakkan organ bagian atas seperti tangan dan juga memiliki otot di bagian dalam sehingga permukaannya kuat dan fleksibel.
  • Sebagai tempat menempelnya urat-urat urat pada leher dan dada serta tempat menempelnya sejumlah otot pada bagian tubuh lainnya.
  • Membantu pergerakan bahu dan berperan sebagai tempat melekatnya otot sehingga tulang belikat memiliki permukaan yang kokoh.

Baca Juga : Fungsi Sangkar Tulang Rusuk

Struktur Tulang Belakang Bahu

Terdapat dua permukaan (fasia), tiga sudut (angulus), dan tiga sisi (margo) pada tulang belikat, antara lain:

Permukaan Depan

Permukaan anterior atau fossa subkapularis merupakan permukaan tulang belikat yang paling dekat dengan tulang rusuk dan merupakan tempat perlekatan otot subskapularis.

Permukaan Belakang

Permukaan posterior tersusun atas sejumlah bilah bebas yang disebut “duri” mulai dari skapula yang dapat melintasi permukaan tulang belakang hingga berakhir pada prosesus akrorium yang dapat menutupi sendi bahu. Bilah bebas ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

Baca Juga :  6 Cara Mendukung Guru Pendidikan Khusus di Kelas Blended Learning

Proses Akronium

Bagian prosesus akrorium mampu menutupi sendi bahu. Tipe bebas ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu fossa suprapinosa dan fossa infraspinosa. Tulang skapula manusia dan hewan karnivora mempunyai sedikit perbedaan yaitu pada bagian ujungnya terdapat nakroniom.

Prosesus Coracoideus

Processeus coracoideus merupakan penonjolan dari bagian utama tulang belikat (skapula) itu sendiri. Bagian ini juga menjadi tempat melekatnya sejumlah otot, salah satunya otot coracobrachialis. Di dekat bagian bawah proses coracoid terdapat sudut lateral dan bagian seperti berongga yang disebut rongga glenoid. Rongga glenoidalis merupakan tempat menempelnya kepala tulang lengan atas (humerus).

Gerakan Tulang Bahu

Setiap permukaan tulang belikat mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan menimbulkan gerakan yang berbeda-beda, terutama tulang belakang yang menghasilkan dua jenis gerakan, yaitu:

  • Acromiom yang mempunyai bentuk agak besar dan persegi panjang dimana bagian tersebut menjadi sambungan tulang belikat yang terhubung dengan artikulasi klavikula hingga mampu membentuk sendi acromioclavicular yang dapat membentuk ujung bahu.
  • Coracoid, yaitu gerakan yang dapat melengkung ke atas atau ke bawah.

Baca Juga : Sistem Pergerakan Manusia

Perlekatan Otot pada Tulang Bahu

Berikut sejumlah otot yang menempel pada tulang belikat (skapula), antara lain:

  • Otot pectoralis minor merupakan salah satu jenis otot dada yang dapat mengangkat otot tulang belikat dan menekan bahu.
  • Otot coracobrachialis merupakan otot terkecil dari dua otot lain yang melekat pada proses coracoid, yaitu otot pectroralis minor dan otot bisep. Letak otot coracobrachialis berada di lengan bagian atas dan medial.
  • Otot serratus anterior merupakan salah satu jenis otot yang umumnya disebut otot gergaji anterior yang berasal dari tulang rusuk I-IX menuju tulang rusuk pada sisi tengah tulang belikat.
  • Otot trisep brachii merupakan salah satu jenis otot yang berasal dari tiga tempat antara lain kepala longum, medial dan lateral sehingga disebut otot berkepala tiga.
  • Otot biceps brachii merupakan salah satu jenis otot besar yang mempunyai dua kepala karena otot ini berasal dari dua tempat yang sangat berbeda yaitu capus longum dan caput brevis. Perbedaan keduanya terlihat dari panjang dan pendeknya.
  • Otot subscapularis merupakan salah satu jenis otot rotator cuff (otot terkecil di lengan atas).
  • Otot rhomboid mayor merupakan jenis otot yang dapat menyebabkan retraksi tulang belikat. Otot utama belah ketupat menempel pada tulang belikat di lengan atas.
  • Otot minor belah ketupat merupakan salah satu jenis otot yang menempel pada lengan atas.
  • Otot levator scapulae merupakan jenis otot yang menempel pada punggung dan leher.
  • Otot trapezius merupakan salah satu jenis otot yang berfungsi untuk menyusun struktur punggung manusia.
  • Otot deltoid merupakan salah satu jenis otot yang memberikan bentuk bulat pada struktur tubuh manusia. Struktur otot deltoid terdiri dari sejumlah serabut seperti serabut anterior (klavikula), serabut medial (tepi lateral), dan serabut posterior.
  • Otot supraspinatus merupakan jenis otot yang berukuran kecil dan menempel pada lengan atas.
  • Otot infraspinatus, atau otot berputar, terletak di sendi bahu dan menempel pada otot adduktor lengan di tulang belikat.
  • Otot teres minor merupakan jenis otot yang letaknya dekat dengan otot teres mayor dan menempel pada bahu.
  • Otot teres mayor merupakan jenis otot yang menempel pada lengan atas.
  • Otot omohyoideus merupakan salah satu jenis otot yang menempel pada tepi atas tulang belikat. Fungsi otot omohyoideus adalah menarik dan menekan hyoid.

Baca Juga: Fungsi Tulang

Gangguan dan Penyakit Tulang Bahu

Berikut sejumlah kelainan pada tulang belikat (skapula), antara lain:

Baca Juga :  Rangkaian Listrik: Pengertian, Jenis, Rumus, Soal

Fraktur Bahu

Patah tulang belikat merupakan suatu kondisi patahnya tulang belikat yang dapat terjadi akibat trauma, kecelakaan atau terjatuh yang menimbulkan luka memar, bengkak dan nyeri pada tulang belikat sehingga penderitanya tidak mampu mengangkat lengan tempat bahu berada. bilahnya patah.

Nyeri Tulang Bahu

Sakit tulang belikat atau nyeri tulang belikat bisa terjadi karena adanya masalah pada organ disekitarnya (gejala serangan jantung, emboli paru, dll) atau bisa juga karena cedera pada otot dan tendon yang sering disebabkan oleh olahraga, kondisi tubuh yang kurang baik. postur tubuh, mengangkat benda berat, posisi tidur yang salah dan aktivitas lain yang menyebabkan otot menjadi tegang.

Mengatasi nyeri tulang belikat dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan beristirahat, mengompres bagian yang sakit dengan es selama 15 menit setiap 4 jam, melakukan pijatan, mengonsumsi obat pereda nyeri, melakukan latihan fisik, melakukan peregangan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Demikianlah artikel lengkap membahas tentang Pengertian Tulang Belikat, Letaknya, Bentuknya, Fungsinya, Strukturnya serta Kelainan Tulang Belikat pada Manusia. semoga bermanfaat

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru