Pengertian Wirausaha : Karakteristik, Tujuan, Peran, Faktor dan Contoh Wirausaha

- Penulis

Rabu, 10 Januari 2024 - 02:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wirausaha

Wirausaha


Pengertian Kewirausahaan – Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Apa pengertian kewirausahaan dan contohnya? Apa itu kewirausahaan dan ciri-cirinya? Apa perbedaan antara wirausaha dan wirausaha? Apa tujuan seorang wirausaha?

Baca Juga : Pengertian Kewirausahaan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli, ciri-ciri dan ciri-cirinya, tujuan, peran, faktor kegagalan, sikap dan contoh kewirausahaan secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Pengertian Kewirausahaan
2
Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli
2.1
Richard Cantilom
2.2
Raymond WY Kao
2.3
Edi Swasono
2.4
kasmir
2.5
Zimmerer (1996)
2.6
Kathleen
2.7
Jean Baptista Katakan
2.8
Marzuki Usman
2.9
Frank Ksatria
2.10
Arif F. Hadipranata
2.11
Andrew J Dubrin
2.12
Peter F Drucker
2.13
Prawirokusumo
2.14
Syamsudin Suryana
2.15
Joseph C Schumpeter
2.16
Katakan (1996)
2.17
Pengupas (1992)
2.18
Geoffrey G. Meredit (1995)
2.19
Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)
2.20
Vernon A. Musselman dan John H. Jackson
2.21
Dan Stein dan John F. Burgess (1993)
2.22
Ensiklopedia Americana
2.23
Richard Cantillon (1755)
2.24
JB Say (1803)
3
Ciri-Ciri Kewirausahaan
4
Tujuan Kewirausahaan
4.1
Menyebarkan Pengaruh Kewirausahaan
4.2
Membangun Karakter Wirausaha
4.3
Membentuk Kualitas Wirausaha
4.4
Membangun Kesejahteraan Masyarakat
5
Sikap dan Ciri Wirausaha
5.1
Kreatif dan Inovatif
5.2
Berani Mengambil Resiko
5.3
Nyaman dengan Ketidakpastian
5.4
Fokus Tinggi
5.5
Sensitif terhadap Perubahan Pasar
5.6
Jujur
5.7
Realistis
5.8
Mandiri
5.9
Disiplin
6
Peran Kewirausahaan dalam Perekonomian
7
Faktor Kegagalan dalam Berwirausaha
8
Perbedaan antara Pengusaha dan Wiraswasta
9
Contoh Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Wirausahawan adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang usaha serta mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Wirausahawan adalah individu yang berorientasi pada tindakan, bermotivasi tinggi, dan bersedia mengambil risiko untuk mencapai tujuannya.

Dilihat dari ciri-ciri perilakunya, wirausahawan adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaannya sendiri.


Pengertian wirausaha atau wirausaha adalah mereka yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Definisi ini mengandung asumsi bahwa setiap orang yang mempunyai kemampuan normal dapat menjadi wirausaha asalkan ia mau dan mempunyai kesempatan untuk belajar dan berusaha. Kewirausahaan melibatkan dua unsur utama, yaitu peluang dan kemampuan merespons peluang.

Kewirausahaan merupakan suatu usaha atau kegiatan usaha yang dilakukan secara mandiri oleh perorangan dengan melakukan inovasi produk. Seorang wirausaha mempunyai berbagai macam ciri, salah satunya adalah rasa percaya diri.


Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Richard Cantilom

Wirausahawan adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengubah sumber daya ekonomi dari tingkat produktivitas yang rendah ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Raymond WY Kao

Wirausahawan adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi kenyataan.

Edi Swasono

Pengusaha adalah wirausaha, tetapi tidak semua wirausaha adalah wirausaha. Wirausahawan merupakan pionir dalam dunia usaha (inovator), penanggung risiko yang mempunyai visi masa depan dan mempunyai keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.

kasmir

Wirausahawan adalah seseorang yang berjiwa pemberani dan berani mengambil peluang untuk membuka usaha dalam berbagai peluang yang ada.


Zimmerer (1996)

Kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan masalah dan mencari peluang untuk meningkatkan kehidupan usaha.

Kathleen

Wirausahawan adalah seseorang yang menggerakkan, mengorganisir dan berani mengambil peluang atas usaha yang dilakukannya dalam dunia usaha.

Baca Juga : Pengertian Lembaga Ekonomi

Jean Baptista Katakan

Wirausahawan adalah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai dari apa yang mereka hasilkan.

Marzuki Usman

Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menggunakan dan menggabungkan sumber daya, seperti keuangan, tenaga kerja, material, keterampilan untuk menghasilkan produk, usaha, proses produksi dan organisasi bisnis baru.

Frank Ksatria

Seorang wirausaha mencoba merespons dan memprediksi perubahan pasar.

Arif F. Hadipranata

Wirausahawan adalah orang yang mengambil peluang yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur semua masalah dan menerima sejumlah keuntungan finansial atau non-finansial.

Baca Juga :  Termodinamika: Hukum, Bunyi, Rumus, Contoh Soal

Andrew J Dubrin

Wirausahawan adalah orang yang mendirikan dan menjalankan bisnis yang inovatif.

Peter F Drucker

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Prawirokusumo

Wirausahawan adalah mereka yang melakukan upaya kreatif dan inovatif dengan mengembangkan ide dan mengumpulkan sumber daya untuk mencari peluang dan meningkatkan kehidupan.

Syamsudin Suryana

Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai ciri-ciri percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil risiko, memiliki kepemimpinan yang lugas, kreatif dalam menghasilkan inovasi, dan berorientasi pada masa depan.

Joseph C Schumpeter

Wirausahawan adalah orang-orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar kemudian membentuk keseimbangan pasar baru dan memanfaatkan perubahan tersebut. Wirausahawan merupakan inovator sebagai individu yang melakukan perubahan pasar dengan memadukan sejumlah hal baru.

Katakan (1996)

Wirausahawan adalah orang yang mempunyai kemampuan mengkoordinasikan, mengorganisir dan mengawasi. Wirausahawan mempunyai pengetahuan tentang lingkungan dan mengambil keputusan mengenai lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal tertentu dan menghadapi ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan.

Pengupas Kulit (1992)

Pengusaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis dan menerima kompensasi atas jasanya dalam bentuk keuntungan non-finansial.

Geoffrey G. Meredit (1995)

Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk memanfaatkannya dan mengambil tindakan yang tepat, untuk menjamin kesuksesan.

Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Wirausahawan adalah seorang inovator yang mampu mengubah suatu peluang menjadi suatu ide yang dapat dijual, dapat memberikan nilai tambah melalui usaha, waktu, biaya dan keterampilan dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Mikro

Vernon A. Musselman dan John H. Jackson

Kewirausahaan (wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan tenaga untuk memulai sebuah perusahaan dan menjadikannya sukses.

Dan Stein dan John F. Burgess (1993)

Wirausahawan adalah orang yang mengelola, mengatur dan berani mengambil segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Ensiklopedia Americana

Pengusaha diartikan sebagai seseorang yang berani mengambil resiko dengan memadukan berbagai fungsi produksi, antara lain modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan berupa keuntungan dari nilai pasar yang dihasilkannya.

Richard Cantillon (1755)

Wirausahawan adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

JB Say (1803)

Wirausahawan adalah wirausahawan yang mampu mengelola sumber dayanya secara ekonomis dan menjadikan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Berikut ciri-ciri atau ciri-ciri seorang wirausaha dalam berwirausaha, antara lain:

  • Percaya diri. Hal ini sangat diperlukan karena dalam menjalankan suatu bisnis diperlukan sikap percaya diri untuk mencapai kesuksesan.
  • Berani bertanggung jawab dan mengambil risiko. Dengan rasa percaya diri tersebut, seseorang harus berani menanggung segala resiko atas tugas yang dibebankan kepadanya. Dimana wirausahawan sejati adalah wirausaha yang tidak takut mengambil resiko.
  • Selalu berpikir positif. Dalam menjalankan suatu bisnis tentunya terdapat kendala-kendala yang perlu diatasi, sehingga Anda perlu berpikir positif terhadap hambatan yang terjadi dan menjadikannya sebagai tantangan untuk terus maju dan berkembang.
  • Berorientasi pada tugas dan hasil.
  • Kepemimpinan.
  • Kreatif dan inovatif.
  • Memiliki komitmen yang tinggi terhadap apa yang telah dilakukannya. Wirausahawan yang berkomitmen adalah wirausaha yang mentaati dan menaati janji untuk memajukan usahanya hingga mencapai kesuksesan.
  • Keaslian.
  • Cerdas secara finansial.
  • Berorientasi masa depan.
  • Jujur dan rajin.
  • Disiplin.
  • Mandiri dan realistis
  • Terima saran positif dan tolak saran negatif.
  • Kenali kekuatan Anda sendiri. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena kelebihan setiap orang berbeda-beda, maka galilah dan kembangkan terus potensi Anda.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan kewirausahaan antara lain:

Menyebarkan Pengaruh Kewirausahaan

Kebanyakan orang akan cenderung meniru apa yang dirasa berdampak positif bagi dirinya, begitu pula halnya dengan para wirausaha. Ketika seseorang berhasil menjadi wirausaha, maka orang lain akan berusaha menggali informasi bagaimana ia bisa menjadi wirausaha sukses dalam membangun usahanya.

Baca Juga :  Panduan Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Segala Medan

Membangun Karakter Wirausaha

Kemampuan kompeten yang dimiliki wirausaha akan menciptakan karakter sukses yang akan membuat orang lain percaya bahwa suatu saat usahanya akan sukses.

Baca Juga : Pengertian Makroekonomi

Membentuk Kualitas Wirausaha

Melalui persaingan yang terjadi antar wirausaha akan terbentuk wirausaha berkualitas yang juga merupakan orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

Membangun Kesejahteraan Masyarakat

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang terjun dalam dunia wirausaha, maka masyarakat pun akan semakin sejahtera. Memiliki usaha di suatu daerah akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya.

Sikap dan Ciri Wirausaha

Sikap-sikap yang harus dimiliki seorang wirausaha atau wirausaha antara lain:

Kreatif dan Inovatif

Seorang wirausaha harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan usaha yang berbeda dan tentunya lebih baik dari kompetitor agar mampu memenangkan persaingan.

Berani Mengambil Resiko

Seorang wirausaha harus berani mengambil resiko atas apa yang telah dilakukannya mulai dari ide, waktu dan modal usaha yang tidak menentu, harus bersedia mempertaruhkan karir dan keuangannya.

Nyaman dengan Ketidakpastian

Seorang wirausahawan harus merasa nyaman dengan ketidakpastian usaha yang dirintisnya, karena ia tidak mengetahui bagaimana usahanya ke depan, apakah akan sukses atau tidak.

Fokus Tinggi

Pengusaha harus memiliki fokus yang tinggi dan serius dalam mencapai target yang ingin dicapai serta tidak mempunyai pemikiran lain yang dapat menghambat tujuan bisnis.

Sensitif terhadap Perubahan Pasar

Pengusaha harus memahami perkembangan yang terjadi di pasar agar dapat memberikan apa yang diinginkan konsumen saat itu.

Jujur

Pengusaha harus jujur ​​terhadap produk yang dimilikinya.

Realistis

Pengusaha juga harus berpikir rasional dalam mengambil keputusan dan tindakan terkait bisnisnya agar tidak melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan.

Mandiri

Pengusaha harus mandiri dan tidak bergantung pada pihak lain dalam memenuhi kegiatan usahanya.

Disiplin

Disiplin dalam berwirausaha perlu dikembangkan agar kualitas kerja, sistem kerja dan kepercayaan konsumen tumbuh.

Peran Kewirausahaan dalam Perekonomian

Peran kewirausahaan dalam perekonomian suatu negara meliputi:

  • Ciptakan lapangan kerja.
  • Mengurangi tingkat pengangguran.
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat
  • Menggabungkan faktor-faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal dan keahlian.
  • Meningkatkan produktivitas nasional.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Dagang

Faktor Kegagalan dalam Berwirausaha

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengusaha gagal dalam menjalankan usaha barunya menurut Zimmerer dalam Suryana (2003: 44-45), antara lain:

  • Ketidakmampuan manajerial.
  • Kurangnya pengalaman dalam mengkoordinasikan, mengelola sumber daya manusia, serta mengintegrasikan operasional perusahaan.
  • Kurangnya pengelolaan keuangan yang terorganisir.
  • Kurangnya perencanaan bisnis yang matang.
  • Lokasi yang tidak memadai.
  • Kurangnya pengawasan peralatan.
  • Sikap yang kurang serius dalam berusaha.
  • Ketidakmampuan untuk beralih ke kewirausahaan.

Perbedaan antara Pengusaha dan Wiraswasta

Berikut perbedaan wirausaha dan wiraswasta, antara lain:

Fokus Bisnis

Fokus usaha seorang wirausaha mencakup seluruh waktu hidupnya, sedangkan wirausaha hanya bersifat paruh waktu.

Kepemilikan aset

Pengusaha relatif hanya terlibat dalam kegiatan operasional saja, sedangkan pengusaha mempunyai aset sendiri.

Rencana Pengembangan Bisnis

Seorang wirausaha mempunyai pemahaman yang kuat untuk selalu melakukan inovasi pada bisnisnya dengan teknologi. Sedangkan pengusaha cenderung masih menggunakan alat tradisional dan puas dengan target jangka pendek.

Kerangka berpikir

Kewirausahaan adalah membuka usaha baru dan mandiri serta mampu melihat peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan. Sedangkan wirausaha adalah orang-orang yang meneruskan konsep-konsep yang sudah ada dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Contoh Kewirausahaan

Berikut beberapa contoh wirausaha yang saat ini banyak digeluti oleh masyarakat, antara lain:

  • Influencer
  • Kewirausahaan daring
  • Bisnis eceran
  • Startup
  • Cucian
  • Toko pakaian
  • kerajinan tangan
  • Kafe
  • tukang potong rambut
  • Katering
  • Pembayaran tagihan online
  • Desain Grafis
  • Pencetakan
  • Waralaba kuliner
  • Cuci kendaraan
  • bimbingan belajar
  • Konter ponsel dan pulsa
  • Produk reseller dan dropship
  • Dan lain-lain.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Manufaktur

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Ciri-cirinya, Tujuan, Peranan, Faktor Kegagalan, Sikap dan Contoh Kewirausahaan Secara Lengkap. semoga bermanfaat


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB