Penjelasan Myriapoda (Lipan) Dan Insecta (Serangga) Kelas Arhtropoda Terlengkap

- Penulis

Sabtu, 10 Februari 2024 - 22:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

myriapoda

myriapoda

Pada postingan sebelumnya tentang Ciri-ciri, Klasifikasi dan Pembagian Kelas Arthropoda telah dijelaskan bahwa Arthropoda dikelompokkan menjadi empat kelas yaitu Crustacea (krustasea), Arachnidae (laba-laba), Myriapoda (kelabang), dan Insecta (serangga). Setelah kita berdiskusi Crestecea Dan arakhnida kali ini kita membahasnya Myriapoda (kelabang), dan Insecta (serangga).

myriapoda

Kelas Myriapoda

Myriapoda memiliki tubuh tersegmentasi dengan bagian kepala, dada, dan perut yang tidak jelas. Kaki terdapat pada setiap ruas tubuh sehingga disebut kaki seribu.

Berdasarkan jumlah pasang kaki pada setiap ruas tubuhnya, Myriapoda dibedakan menjadi dua, yaitu Chilopoda dan Diplopoda.

  1. Chilopoda
    Chilopoda mempunyai habitat di darat dan bernapas dengan trakea. Hewan ini merupakan karnivora atau predator terhadap hewan lain. Tubuhnya rata dan beruas-ruas. Pada setiap ruas tubuhnya terdapat sepasang kaki dan mempunyai antena yang panjang. Ujung mulut pertama berbentuk seperti cakar yang mengandung racun. Contoh Chilopoda adalah lipan (kelabang)
  2. Diplopoda
    Diplopoda mempunyai habitat di darat. Hewan ini hidup sebagai herbivora atau pemakan tumbuhan. Tubuhnya berbentuk silinder dan pada setiap ruas tubuhnya terdapat dua pasang kaki. Hewan ini tidak memiliki taring dan dapat bernapas_- dengan trakea. Contoh Diplopoda adalah keluwing, kaki seribu

Peran Myriapoda antara lain berperan dalam menguraikan bahan organ atau serasah hingga membentuk humus.

Kelas Insekta

STRUKTUR TUBUH INSECTAInsecta (serangga) banyak macam dan ragamnya. Insecta menempati habitat di darat dan di air. Ciri utama Insecta adalah mempunyai 6 atau 3 pasang kaki. Tubuh Insekta terdiri dari kepala yang dilengkapi antena dan sepasang mata majemuk, yaitu mata yang mempunyai beberapa ommatidia (mata tunggal), dada (3 ruas) dan perut (6-12 ruas) yang dapat beruas-ruas. dibedakan, serta sayap untuk terbang. .

Baca Juga :  Susunan System Saraf Pusat Pada Manusia

Insecta bereproduksi secara seksual. Alat kelamin pada hewan jantan dan betina terpisah. Hewan betina mempunyai ovipositor (alat untuk mengeluarkan sel telur) dan spermatheca (kantong untuk menyimpan spermatozoid). Beberapa Insecta mengalami metamorfosis, partenogenesis, atau paedogenesis. Metamorfosis adalah tahap perubahan bentuk beberapa kali selama hidup serangga. Partenogenesis adalah perkembangan embrio tanpa pembuahan oleh spermatozoid (pada lebah). Paedogenesis adalah partenogenesis yang berlangsung di dalam tubuh larva, misalnya Diptera.

Serangga bernapas dengan sistem trakea. Udara dari luar masuk melalui spirakel (lubang pernapasan) di kanan dan kiri setiap ruas tubuh, kemudian dialirkan melalui trakea langsung ke jaringan. Sistem peredaran darah hanya mengangkut sari makanan. Sistem kontaminasi makanan sempurna. Sistem sarafnya adalah saraf tangga tali.

Berdasarkan jenis mulutnya, Insecta dibedakan menjadi

  1. jenis mulut yang menggigit dan mengunyah, misalnya pada jangkrik dan belalang;
  2. jenis mulut yang menggigit dan menjilat, misalnya pada lebah;
  3. jenis mulut yang menusuk dan menghisap, misalnya pada nyamuk;
  4. mulut tipe pengisap, misalnya pada kupu-kupu.

Berdasarkan siklus hidupnya, Insecta dibedakan menjadi:

  1. tanpa mengalami metamorfosis, fase larva merupakan bentuk miniatur hewan dewasa, contoh: kutu buku (Lepisma), ordo Thysanura;
  2. mengalami metamorfosis bertingkat, perubahan wujud yang tidak tampak, misalnya: jangkrik, belalang, ordo Orthoptera;
  3. mengalami metamorfosis tidak sempurna, berubah tanpa melalui fase pupa, dari telur menjadi nimfa dan mengalami ekdisis (moulting) dan menjadi imago (dewasa), contoh: capung, ordo Rynchota;
  4. mengalami metamorfosis sempurna dari telur – » larva – kepompong (pupa) – » imago (dewasa), contoh: lalat, nyamuk, ordo Diptera, Coleoptera, Siphonoptera. Hymenoptera, Neuroptera, dan Lepidoptera.
Baca Juga :  Kelas Aves: Ciri-ciri, Pengelompokan & Contoh

Berdasarkan ada tidaknya sayap, Insecta dibedakan menjadi Apterygota dan Pterygota.

  1. Apterigota
    Anggota Apterygota merupakan serangga yang tidak bersayap dan tidak mengalami metamorfosis. Kelompok ini mencakup ordo Thysanura, Collembola, dan Protura.
  2. pterigota
    Anggota Pterygota merupakan serangga yang mempunyai sayap. Berdasarkan proses pembentukan sayapnya, Pterygota dibedakan menjadi exopterygota dan endopterygota.

Eksopterygota merupakan kelompok serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, mengalami ekdisis, dan mempunyai sayap dari tonjolan dinding tubuh yang melebar. Organisme yang termasuk dalam kelompok ini adalah ordo Odonata, Orthoptera, Isoptera, Plecoptera, dan Dermoptera.

Endopterygota merupakan kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna dan mempunyai sayap pada saat menjadi kepompong dan menjadi sempurna pada saat imago. Contoh: ordo Lepidoptera, Siphonoptera, Hymenoptera, dan Coleoptera.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai Penjelasan Terlengkap Tentang Myriapoda (Kelabang) dan Insecta (Serangga) Kelas Arhthropoda. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sumber literatur dalam mengerjakan tugas. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru