Perubahan Fisika Lengkap dengan Ciri dan Jenis-jenisnya

- Penulis

Kamis, 9 Februari 2023 - 06:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Perubahan Fisika Lengkap dengan Ciri dan Jenis jenisnya.webp

Hai Sobat, pernahkah kamu melihat penampakan kota terdingin di dunia? Kota tersebut adalah Yakutia yang terletak di dataran Siberia, Rusia. Di musim dingin, suhu kota bisa mencapai -70Hai C. Sejauh mata memandang, Anda hanya akan melihat hamparan salju. Bahkan, untuk keperluan minum, warga sekitar menggunakan salju sebagai sumber air. Caranya adalah dengan merebus salju hingga mencair agar bisa dikonsumsi. Tahukah Anda bahwa proses mencairnya salju menjadi air merupakan perubahan fisika Kamu tahu. Lalu, apa yang dimaksud dengan perubahan fisika? Yuk, lihat selengkapnya!

Definisi Perubahan Fisik

Perubahan fisika adalah perubahan materi yang tidak disertai dengan pembentukan zat baru. Artinya, perubahan tersebut hanya terjadi secara fisik, bukan pada reaksi kimia zat. Contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari adalah mencairnya es batu menjadi air, hancurnya batu besar menjadi lebih kecil, proses penggilingan beras menjadi tepung, dan masih banyak lagi lainnya.

Hubungan Perubahan Fisik dan Sifat Fisik

Mengapa suatu zat dapat mengalami perubahan fisika? Ternyata, hal ini berkaitan dengan sifat fisik yang dimiliki oleh masing-masing zat. Sifat fisik adalah sifat yang dapat diamati dan diukur tanpa melibatkan reaksi kimia di dalamnya. Contoh sifat fisik adalah titik didih, titik leleh, massa jenis, kemampuan menghantarkan listrik, kekuatan, elastisitas, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Perubahan Fisik

Suatu perubahan dikatakan perubahan fisika jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Dapat dibalik

Reversible artinya dapat kembali ke keadaan awal. Itu karena perubahan hanya terjadi pada substansi fisik. Misalnya saat Anda membekukan es, maka Anda mengeluarkan es tersebut hingga mencair. Jika Anda memasukkan cairan ke dalamnya freezeritu akan membentuk es lagi.

Tidak Disertai Pembentukan Zat Baru

Perubahan fisika tidak menghasilkan zat baru. Itulah mengapa perubahan ini dapat dibalik. Jika zat baru terbentuk, tentu tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula. Contoh lelehan lilin. Apakah lilin yang meleleh membentuk zat baru? Tentu saja tidak. Buktinya, ketika sudah dingin wax akan mengeras kembali seperti semula. Meski bentuknya berbeda.

Baca Juga :  Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Tidak Mengalami Reaksi Kimia

Secara umum, reaksi kimia adalah reaksi yang tidak dapat diubah atau tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula. Reaksi semacam ini tidak terjadi pada perubahan fisika, ya. Contohnya biji kopi yang sudah disangrai, kemudian digiling hingga halus. Apakah proses penggilingan mengubah kandungan kopi? Tentu tidak, ya.

Jenis Perubahan Fisik

Berdasarkan penyebabnya, perubahan Fisik dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

Perubahan Fisik Akibat Perubahan Bentuk

Perubahan wujud meliputi perubahan fisika. Biasanya perubahan keadaan zat ini terjadi karena pengaruh suhu atau pemanasan. Contoh perubahan wujud benda adalah sebagai berikut.

  1. Membekukan
    Membeku adalah perubahan wujud zat dari cair menjadi padat karena penurunan suhu. Contoh peristiwa pembekuan adalah pembekuan air menjadi es, lelehan lilin yang mengeras saat dingin, dan lain sebagainya.
  2. Meleleh
    Mencair adalah perubahan wujud zat dari padat menjadi cair akibat pemanasan. Misalnya, mentega meleleh saat dipanaskan, es meleleh saat diletakkan pada suhu ruangan, cokelat batangan meleleh saat dipanaskan, dan sebagainya.
  3. Mengembun
    Mengembun adalah perubahan wujud zat dari gas menjadi cair karena zat melepaskan energi panasnya. Contoh kondensasi adalah tetesan air pada tanaman di pagi hari.
  4. Menguap
    Menguap adalah perubahan wujud dari cair menjadi gas karena adanya pemanasan. Misalnya, ketika Anda merebus air, semakin lama didiamkan, air akan menyusut hingga habis. Airnya habis karena berubah menjadi uap.
  5. Sublimasi
    Sublimasi adalah perubahan wujud dari padat menjadi gas. Misalnya, kapur barus akan menyusut dan habis saat diletakkan di dalam ruangan.
  6. Kristal
    Kristalisasi adalah perubahan keadaan materi dari uap menjadi padat karena suhu yang terlalu rendah. Misalnya pembentukan salju saat musim dingin.
Baca Juga :  Penjelasan Singkat Mengenai Perbedaan Ghibah Dengan Kritik, Biar Gak Salah Tangkap

Perubahan Fisik Akibat Perubahan Bentuk

Perubahan bentuk benda juga dapat dikategorikan sebagai perubahan fisik. Mengapa demikian? Karena perubahan bentuk tidak mengubah sifat-sifat zat asal. Misalnya kayu jati yang diukir dan dibentuk menjadi lemari atau kursi, kertas yang dipotong berbentuk burung, dan sebagainya.

Perubahan Fisik Akibat Perubahan Ukuran

Selain perubahan bentuk, perubahan fisik juga dapat ditandai dengan perubahan ukuran. Perubahan ukuran ini dapat disebabkan oleh tekanan atau proses penggilingan. Misalnya kopi hitam digiling menjadi bubuk kopi, beras digiling menjadi tepung beras, dan sebagainya.

Perubahan Fisik Akibat Perubahan Volume

Perubahan volume suatu zat juga menunjukkan adanya perubahan fisika. Itu karena kenaikan atau penurunan volume tidak mempengaruhi sifat-sifat zat. Misalnya, air menyusut saat dipanaskan.

Perubahan Fisik Akibat Perubahan Bentuk Energi

Perubahan energi juga mencakup perubahan fisika. Ingat, perubahan energi tidak mengakibatkan perubahan sifat zat awal. Misalnya bilah kipas yang berputar saat dihidupkan.

Perubahan Fisik Akibat Larutan

Proses disolusi dapat mengakibatkan perubahan fisik dan kimia. Perubahan fisik dalam proses pembubaran terjadi jika zat terlarut tidak mengubah komposisi kimianya. Misalnya pasir yang larut dalam air. Apakah pasir akan berubah zat setelah larut? Tentu tidak, ya.

Perbedaan antara Perubahan Fisik dan Perubahan Kimia

Seperti telah dibahas di atas, perubahan fisika adalah perubahan yang tidak disertai dengan pembentukan zat baru. Artinya, perubahan hanya terjadi pada substansi fisik. Sedangkan perubahan kimia adalah perubahan yang disertai dengan terbentuknya zat baru. Artinya, terjadi perubahan secara kimia untuk mengubah sifat zat asal.

Itulah pembahasan Quipper Blog kali ini. Semoga bermanfaat, ya. Untuk mendapatkan materi lengkapnya, buruan gabung dengan Quipper Video. Salam Quippers!

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB