PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa

- Penulis

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pusat dapodik – Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) yang diundur hingga 6 bulan ke depan telah menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan para guru. Program ini seharusnya menjadi angin segar bagi guru-guru yang ingin meningkatkan kompetensi profesional mereka. Namun, keputusan untuk menunda pelaksanaannya justru membuat banyak dari mereka merasa kecewa dan putus asa. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang alasan di balik penundaan ini, dampaknya bagi para guru, serta harapan dan solusi yang bisa diambil untuk mengatasi kekecewaan yang melanda.

Alasan Penundaan PPG Daljab

Penundaan PPG Daljab bukanlah keputusan yang diambil secara sembarangan. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan ini. Pertama, kondisi pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya terkendali menjadi alasan utama. Pemerintah dan pihak terkait merasa perlu untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat. Pelaksanaan PPG Daljab memerlukan pertemuan tatap muka, yang tentu saja berisiko tinggi jika dilaksanakan dalam kondisi pandemi yang belum mereda.

Selain itu, ada juga faktor teknis dan administrasi yang harus dipersiapkan dengan lebih matang. Kurikulum, modul pembelajaran, dan sistem penilaian perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan terbaru. Penyesuaian ini memerlukan waktu yang tidak sedikit, sehingga penundaan dianggap sebagai langkah yang tepat untuk memastikan kualitas pelaksanaan PPG Daljab tetap terjaga.

Dampak Penundaan bagi Para Guru

Penundaan ini tentu saja membawa dampak yang cukup besar bagi para guru yang sudah menantikan pelaksanaan PPG Daljab. Banyak dari mereka merasa kecewa karena harus menunda harapan mereka untuk mendapatkan sertifikasi yang bisa meningkatkan karier dan kesejahteraan mereka. Berikut adalah beberapa dampak yang dirasakan para guru:

  1. Motivasi Menurun: Banyak guru yang merasa motivasi mereka untuk mengikuti PPG Daljab menurun akibat penundaan ini. Mereka merasa usaha dan persiapan yang sudah dilakukan menjadi sia-sia.
  2. Kesejahteraan Tertunda: Sertifikasi dari PPG Daljab dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan finansial para guru. Dengan penundaan ini, peningkatan kesejahteraan yang diharapkan juga harus tertunda.
  3. Perencanaan Karier Terganggu: Banyak guru yang sudah merencanakan langkah karier mereka setelah mendapatkan sertifikasi dari PPG Daljab. Penundaan ini mengganggu perencanaan karier mereka, yang pada akhirnya berdampak pada ketidakpastian masa depan.
  4. Stres dan Tekanan Psikologis: Penundaan ini juga menimbulkan stres dan tekanan psikologis bagi para guru. Mereka harus menghadapi ketidakpastian dan kekhawatiran tentang masa depan mereka dalam dunia pendidikan.
Baca Juga :  5 Beasiswa di Indonesia yang Memberikan Uang Saku dan UKT Gratis, Tertarik?

Reaksi Para Guru

Kekecewaan para guru terhadap penundaan ini bisa dilihat dari berbagai reaksi yang mereka tunjukkan. Di media sosial, banyak guru yang mengungkapkan perasaan mereka dengan postingan-postingan yang menunjukkan kekecewaan dan keputusasaan. Beberapa dari mereka bahkan menganggap bahwa penundaan ini adalah bentuk ketidakadilan terhadap profesi guru.

Namun, ada juga guru yang mencoba melihat sisi positif dari penundaan ini. Mereka berusaha memanfaatkan waktu yang ada untuk lebih mempersiapkan diri dan meningkatkan kompetensi mereka secara mandiri. Ada yang mengikuti pelatihan online, membaca buku-buku pendidikan, atau berdiskusi dengan sesama guru untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Baca Juga :  Mikoriza Merupakan Contoh Simbiosis dalam Dunia Tumbuhan

Harapan dan Solusi

Meski penundaan ini membawa banyak dampak negatif, para guru tetap memiliki harapan agar PPG Daljab dapat dilaksanakan dengan baik di masa depan. Beberapa solusi dan harapan yang mereka inginkan antara lain:

  1. Kepastian Jadwal: Para guru berharap agar pihak terkait memberikan kepastian jadwal pelaksanaan PPG Daljab yang baru. Kepastian ini penting untuk memberikan rasa tenang dan kepastian bagi para guru dalam merencanakan langkah mereka selanjutnya.
  2. Dukungan Psikologis: Para guru juga berharap adanya dukungan psikologis dari pihak terkait. Dukungan ini bisa berupa konseling, seminar motivasi, atau kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi para guru.
  3. Pelatihan Alternatif: Sambil menunggu pelaksanaan PPG Daljab, para guru berharap adanya pelatihan alternatif yang bisa diikuti secara online. Pelatihan ini bisa membantu mereka tetap meningkatkan kompetensi meski belum mengikuti PPG Daljab.
  4. Komunikasi Terbuka: Pihak terkait diharapkan dapat menjaga komunikasi yang terbuka dengan para guru. Informasi yang jelas dan transparan mengenai alasan penundaan dan langkah-langkah yang akan diambil ke depan sangat diperlukan.

Penutup

Penundaan PPG Daljab hingga 6 bulan ke depan memang menjadi pukulan berat bagi para guru. Kekecewaan dan keputusasaan adalah reaksi yang wajar mengingat pentingnya program ini bagi karier dan kesejahteraan mereka. Namun, di balik semua itu, ada harapan dan peluang untuk tetap bergerak maju.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru