Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 2 Kelas 8 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Jumat, 18 Agustus 2023 - 10:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 BAB 2 “Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka – Iklan, slogan dan poster, sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media ini, orang menyampaikan informasi kepada publik. Pada Bab II, siswa akan belajar membuat konsep a iklan, slogan, dan poster, dan menggunakannya untuk menyampaikan sebuah informasi.

4.%20Ringkasan%20Materi%20Kelas%208%20Kurikulum%20Merdeka%20Bahasa%20Indonesia%20BAB%202

Materi BAB 2 Kurikulum Indonesia Kelas 8 Merdeka

A. Mengenal Iklan

Iklan merupakan media untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan berupa informasi tentang suatu produk atau tindakan. Iklan dibuat agar orang mengenal produk atau tindakan.

Pesan dalam sebuah iklan sangat beragam. Ada yang berisi ajakan untuk membeli produk atau jasa, ada yang berisi ajakan bertindak. Ada juga jenis iklan yang disebut iklan notifikasi.

Isinya bermacam-macam, misalnya informasi tentang barang yang hilang, pengumuman kelahiran, atau perubahan alamat. Tempat pemasangan iklan juga sangat bervariasi. Anda bisa menemukan iklan ini di media cetak, seperti surat kabar dan majalah; media elektronik seperti televisi dan radio; dan media internet seperti web berita.

Anda dapat melihat bahwa iklan tersebut berisi gambar dan teks. Kedua hal ini disebut unsur periklanan. Iklan di media cetak hanya berisi teks, gambar, atau kombinasi keduanya. Sedangkan iklan yang menggunakan media elektronik seperti televisi dan web memiliki dua unsur tambahan yaitu suara dan gerak.

Iklan yang Anda lihat sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Iklan nonkomersial bertujuan untuk menginformasikan sesuatu atau mengajak orang untuk melakukan tindakan.

Iklan Komersial Dalam kehidupan sehari-hari, Anda menemukan banyak iklan komersial. Iklan ini ditampilkan di banyak tempat, seperti majalah, televisi, radio, web, kendaraan, dan gedung perkantoran.

Baca Juga :  Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Iklan komersial biasanya berisi beberapa informasi berikut:

1. Produk yang akan diperkenalkan

2. Penjelasan produk

3. Keunggulan produk

4. Cara mendapatkan produk

Terkadang sebuah iklan juga memuat harga dan testimonial. Testimonial adalah pernyataan pujian dari pelanggan atas produk yang diiklankan.

B. Pesan Penutup dalam Iklan Komersial

Menurut KBBI, iklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat tentang barang atau jasa yang dijual, yang dipasang di media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Periklanan terbagi menjadi dua, yaitu periklanan komersial dan non komersial.

Iklan yang efektif adalah iklan yang menarik perhatian konsumen. Seperti apakah iklan yang efektif itu?

1. Tampilan iklan baik gambar maupun tulisan harus sesuai dengan keadaan konsumen yang dituju.

2. Tampilan iklan baik gambar maupun tulisan harus sesuai dengan produk yang diiklankan.

C. Pesan Penutup dalam Iklan Nonkomersial

Iklan nonkomersial adalah iklan yang tidak ada hubungannya dengan perdagangan atau perniagaan, misalnya iklan layanan masyarakat, sosial dan budaya. Iklan layanan masyarakat menurut Liliweri (2013) merupakan iklan nirlaba.

Iklan notifikasi adalah iklan yang lebih menitik beratkan pada kepentingan menginformasikan kepada khalayak tentang sesuatu hal, baik itu suatu peristiwa, situasi atau hal lainnya. Iklan jenis ini umumnya dipasang oleh individu, keluarga, dan perusahaan (Kosasih, 2014: 270).

Beberapa contohnya adalah iklan pengumuman rapat perusahaan, pengumuman kelahiran, pengumuman kematian, dan pengumuman kehilangan.

D. Menulis Slogan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, slogan memiliki dua arti, yaitu:

Baca Juga :  70 Soal UAS/PAS IPS Kelas 8 SMP Semester 1&2 Tahun 2022

1. kata atau kalimat pendek yang menarik atau menyolok dan mudah diingat untuk menceritakan atau mengiklankan sesuatu, seperti Solo Berseri (bersih, sehat, indah dan rapi), dan

2. pemberitahuan disampaikan dengan kalimat-kalimat pendek dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu kelompok ideologis, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Jadi, slogan ini memiliki cakupan makna yang cukup luas.

E. Pembuatan Poster

Iklan terkadang ditampilkan dalam bentuk poster. Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Anda dapat menemukan contoh poster yang dipasang di terminal, stasiun, dan tempat umum lainnya. Ukuran poster bervariasi. Ada yang kecil dan ada yang besar. Informasi yang disampaikan oleh poster pun beragam.

F. Membuat Iklan

Langkah-langkah pembuatan iklan:

1. Kenali kelebihan produk yang akan diiklankan

2. Tentukan konsumen produk Anda

3. Tentukan konsumen produk Anda

4. Tentukan pesan yang ingin ditampilkan dalam iklan

G. Penulisan Kalimat Persuasif dan Imperatif pada Gambar Iklan

Sebuah iklan biasanya menggunakan kalimat imperatif dan persuasif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat imperatif adalah kalimat yang menyatakan larangan atau kewajiban untuk melakukan suatu perbuatan, sedangkan kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat persuasif secara halus (agar orang yang dibujuk menjadi yakin).

Untuk Rangkuman/Rangkuman Materi Kelas 8 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka Anda dapat melihatnya secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

1.%20Buku%20Pegangan%20Guru%20dan%20Siswa%20Mapel%20Bahasa%20Indonesia%20Kelas%208%20Kurikulum%20Merdeka min
Ini adalah informasi tentang Rangkuman Kurikulum Merdeka BAB 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

www.sinau-thewe.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru