Rangkuman/Ringkasan Materi Informatika Kelas 7 BAB 2 Kurikulum Mandiri “Computational Thinking”. – Pada bab ini, siswa akan belajar tentang berbagai konsep yang ada dalam Informatika, misalnya algoritma, representasi data, penjadwalan, dan lainnya, melalui pertanyaan-pertanyaan yang dekat dengan keseharian Anda.

Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 BAB 2 Kurikulum Mandiri

Computational thinking adalah cara berpikir untuk memecahkan masalah, cara pemecahan yang jika dikembangkan dapat dilakukan oleh komputer. Dengan demikian, kita akan belajar bagaimana memecahkan berbagai masalah dengan cara yang efektif dan efisien.

A. Algoritma

Apa perbedaan antara efisien dan efektif? Berikut ini adalah pengertian dari kedua kata tersebut berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia:

  • Efisien : benar atau tepat untuk melakukan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya); mampu melaksanakan tugas dengan tepat dan cermat; berguna; sesuai; mahir.
  • Efektif : ada efek (akibat, pengaruh, kesan); dapat membawa hasil; efektivitas (tentang usaha, tindakan); efektif.

B. Optimalisasi Penjadwalan

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari jam 07.00-12.00 kita pergi ke sekolah. Sepulang sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lain-lain. Dengan demikian, kita harus bisa memilih kegiatan mana yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya kita juga perlu mengatur jadwal agar kegiatan tersebut tidak bentrok waktu.

Dalam mengelola suatu rangkaian pekerjaan terkadang ditemukan adanya dua atau lebih pekerjaan yang dapat dikerjakan secara paralel. Misalnya, ketika kamu akan mengerjakan pekerjaan rumah, Ibu meminta bantuanmu untuk merebus air dalam panci besar. Anda bisa menyalakan kompor dan meletakkan sepanci air di atas kompor. Tentunya, Anda tidak perlu menunggu air mendidih sebelum memulai pekerjaan rumah. Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah sambil menunggu air mendidih. Ingat, jangan disibukkan dengan pekerjaan rumah sampai airnya habis karena terlalu lama mendidih.

C. Struktur Data

Dalam kehidupan sehari-hari pasti sudah mengenal data yang disusun dalam bentuk daftar (dalam bidang Informatika biasa disebut daftar). Misal: daftar belanja yang ibu bawa saat ibu pergi ke pasar, daftar siswa di suatu kelas. Beberapa dari daftar ini dipesan dan beberapa tidak.

Daftar nama siswa di kelas dapat diurutkan berdasarkan abjad. Daftar belanja Anda mungkin tidak berurutan, jadi tidak masalah jika Anda membeli tomat sebelum membeli wortel, atau Anda membeli keduanya bersamaan, atau Anda membeli wortel sebelum membeli tomat.

D. Representasi Data

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada banyak pilihan. Pilihan dapat terdiri dari dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya ada dua kemungkinan, jawabannya biasanya ya atau tidak.

Misalnya: Apakah Anda sarapan roti hari ini? Jawabannya ya atau tidak. Apakah kemarin hujan? Pertanyaan ini tentunya berbeda dengan pertanyaan: Apa warna kesukaanmu? Soal warna kesukaan tidak bisa dijawab dengan ya atau tidak. Jika pertanyaannya diubah menjadi “Apakah warna favoritmu biru?”, pertanyaannya bisa dijawab dengan ya atau tidak.

Rangkuman Buku & Materi Mata Kuliah Informatika Semester 1 dan Semester 2 Anda dapat melihatnya secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

Ini adalah informasi tentang Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 2 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *