Rangkuman IPA Kelas 10 BAB 6 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rangkuman/Ringkasan Materi IPA Kelas 10 BAB 6 Kurikulum Merdeka “Energi Terbarukan”. – Setelah mempelajari bab ini, siswa dapat:

  • Mengklasifikasikan bentuk dasar energi.
  • Menganalisis bentuk energi yang terlibat dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menganalisis penerapan Hukum Kekekalan Energi Mekanik dalam peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menemukan masalah ketersediaan energi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
  • Menemukan potensi sumber energi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
  • Merencanakan rancangan pembuatan alat atau prototype penghasil energi sederhana sebagai solusi permasalahan ketersediaan energi.
  • Membuat alat atau prototipe penghasil energi sederhana, dan
  • Menyempurnakan desain alat penghasil energi sederhana atau prototipe yang telah diuji.
8.%20Ringkasan%20Materi%20IPA%20BAB%206%20Kelas%2010%20Kurikulum%20Merdeka

Rangkuman Materi IPA Kelas 10 BAB 6 Kurikulum Mandiri

A.Energi

Selama ini kincir air hanya berfungsi sebagai alat bantu pengairan sawah. Padahal kincir air masih dapat dimanfaatkan lebih lanjut sebagai pembangkit energi listrik.

Pada musim kemarau, para petani di Desa Manggungsari harus memindahkan air dari Sungai Citanduy ke sawahnya. Mereka menggunakan kincir air dengan diameter rata-rata sekitar 5 meter yang dipasang di ujung tabung bambu untuk menjebak air.

Besarnya debit air yang mengalir di Sungai Citanduy dinyatakan dalam jumlah debit yang secara matematis dinyatakan dengan persamaan berikut.

1 min

Aliran air sungai dengan debit tertentu memberikan daya dorong yang dibutuhkan untuk memutar kincir air dan mengangkat air di dalam tabung bambu hingga ketinggian sekitar 5 meter. Tenaga penggerak aliran air sungai tegak lurus dengan kincir air. Gaya yang menyebabkan kincir air berputar disebut torsi. Secara matematis, torsi akibat gaya dorong aliran sungai dinyatakan dengan persamaan berikut.

2 min

Berbisnis berarti bagaimana menggerakkan atau menyalurkan energi. Kerja dan energi memiliki satuan yang sama. Satuan SI adalah Joule (J).

B.Bentuk Energi

Kincir air dapat berputar karena dorongan aliran air. Bentuk energi yang terlibat dalam peristiwa ini adalah energi kinetik. Air yang mengalir keluar dari tabung bambu di dalam kincir air setelah tabung mencapai posisi tertinggi atau puncak kincir air, terjadi karena adanya tarikan gravitasi bumi, sehingga energi yang dipindahkan ke air di dalam tabung bambu adalah energi potensial gravitasi.

1. Energi Kinetik. Energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak lurus disebut energi kinetik. Secara matematis, dinyatakan dengan persamaan.

3.%20Energi%20Kinetik min

2. Energi Potensial Gravitasi. Di bawah pengaruh gaya gravitasi Bumi, benda akan menyimpan energi. Energi ini biasanya disebut sebagai energi potensial gravitasi.

4.%20Energi%20Potensial min

3. Kalori. Ketika terjadi perubahan suhu pada suatu benda, maka terdapat energi yang diserap atau dilepaskan oleh benda tersebut, yaitu kalor. Secara matematis kalor dinyatakan dengan persamaan berikut.

5.%20Kalor min

4. Energi Listrik. Muatan listrik Q memiliki medan listrik, kemudian muatan listrik q yang lain dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain di bawah pengaruh medan listrik Q, sehingga muatan listrik q memiliki energi. Secara matematis dinyatakan dengan persamaan:

6.%20Energi%20Listrik min

C. Hukum Kekekalan Energi dan Konversi Energi

Baca Juga :  Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 6 Kurikulum Merdeka

Energi mekanik adalah energi yang terlibat dalam suatu benda yang berada pada posisi tertentu dan bergerak dalam keadaan tertentu. Sederhananya, energi mekanik dinyatakan dengan persamaan berikut.

7.%20Energi%20Mekanik min

dengan

EM = energi mekanik (J)

EK = energi kinetik (J)

EP = energi potensial gravitasi (J)

Hukum Kekekalan Energi berbunyi sebagai berikut “Energi itu abadi, artinya energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, energi dapat berubah bentuk”.

D. Sumber Energi

Ada berbagai jenis sumber energi yang dapat digunakan saat ini.

1. Energi dari Bahan Bakar Fosil. Bahan bakar fosil terbentuk dari proses ilmiah yang dialami oleh sisa-sisa hewan dan tumbuhan purba dalam jangka waktu yang sangat lama dalam urutan jutaan tahun. Bahan bakar fosil terdiri dari senyawa hidrokarbon. Contoh bahan bakar fosil adalah batu bara, minyak bumi, gas alam, dan lain-lain.

2. Energi Biogas. Energi biogas berasal dari sampah organik yang diolah melalui proses pencernaan anaerobik dengan bantuan bakteri tanpa oksigen, misalnya kotoran sapi, serasah daun dan sampah lainnya yang berasal dari organisme yang baru mati atau organisme hidup.

3. Energi Air. Energi air merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan untuk pembangkit listrik, khususnya di Indonesia. Air ada dimana-mana, jumlahnya tidak pernah habis, dan tetap ada. Prinsip kerjanya adalah aliran air di permukaan bumi dibendung kemudian dialirkan ke tempat yang lebih rendah untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

4. Energi Angin. Energi angin merupakan sumber energi yang memanfaatkan angin untuk memutar kincir angin sehingga menghasilkan listrik.

5. Energi Surya. Energi surya adalah sumber energi yang memanfaatkan sinar matahari untuk menerangi atau memberi energi pada perangkat pelat logam sel surya, sehingga menghasilkan energi listrik.

6. Energi Gelombang Laut. Gelombang laut atau energi gelombang adalah energi yang berasal dari pasang surut gelombang laut. Gerakan naik turun gelombang air memberikan tekanan pada turbin, sehingga turbin dapat berputar dan menghasilkan energi listrik.

7. Energi Pasang Surut. Energi pasang surut adalah energi yang berasal dari proses pasang surut. Ada dua jenis sumber energi pasang surut, yaitu perbedaan tinggi dan rendahnya air laut pada saat pasang dan surut, dan arus pasang surut terutama di selat-selat kecil.

8. Energi Panas Bumi. Salah satu sumber energi yang dapat dikembangkan di Indonesia adalah geothermal atau panas bumi.

E. Sumber Energi Terbarukan dan Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber energi dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan.

Sumber Energi Terbarukan adalah sumber energi yang dapat digantikan oleh proses alam dalam jangka waktu yang sepadan dengan penggunaannya, sehingga tidak akan pernah habis.

Sumber Energi Tak Terbarukan adalah sumber energi yang terbatas dan proses perubahannya dalam jangka waktu yang sangat lama adalah alami, sehingga pada akhirnya dapat habis.

F. Dampak Eksplorasi dan Penggunaan Energi

Sumber energi tersebut tidak ramah lingkungan dan pengolahannya menghasilkan residu karbon yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah terkait penggunaan energi. Penggunaan energi yang tidak bijak juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

 

Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Mata Pelajaran IPA Kelas 10 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Bab-bab lain dapat dilihat secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

 

3.%20Unduh%20Materi,%20Buku%20Guru%20dan%20Siswa%20Mapel%20IPA%20Kelas%2010%20Kurikulum%20Merdeka min
Ini adalah informasi tentang Rangkuman IPA Kelas 10 BAB 6 Kurikulum Mandiri yang bisa Sinau-Thewe.com share, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

www.sinau-thewe.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB