Rangkuman/Ringkasan Materi IPA Kelas 4 Bab 1 “Tanaman Sumber Kehidupan di Bumi”, Kurikulum Merdeka – Pada bab ini siswa akan belajar tentang tumbuhan dimulai dengan mengenal bagian-bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Selain itu, siswa diharapkan dapat melihat bagian tubuh tumbuhan yang berperan dalam proses pertumbuhan, kelangsungan hidup (adaptasi), dan reproduksi. Siswa juga akan mempelajari tentang proses fotosintesis dan hubungannya dengan makhluk hidup lainnya.

Rangkuman Materi IPA Kelas 4 BAB 1 Kurikulum Mandiri

Pada BAB 1, mahasiswa akan mempelajari 3 (tiga) mata kuliah, yaitu:

A. Bagian Tubuh Tumbuhan

Tumbuhan berfungsi sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan. Juga berperan penting dalam ketersediaan udara yang kita hirup untuk bernafas. Sama seperti anggota tubuh kita, bagian tubuh tumbuhan juga memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya:

Akar merupakan bagian penting dari tumbuhan. Jika akarnya dipotong, tanaman tidak dapat mengambil unsur hara dari tanah dan akan mati. Akar pada tumbuhan ada 2 macam yaitu akar serabut dan akar tunggang.

Akar juga bisa menjadi tempat menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan seperti wortel. Tanaman wortel memiliki jenis akar tunggang. Tumbuhan ini menyimpan cadangan makanannya di bagian akar.

Lalu, bagaimana jika cadangan makanan disimpan di akar serabut? Ini akan menjadi seperti tanaman singkong. Setiap akar cabang pada akar serabut akan tumbuh besar menjadi singkong.

Kita bisa menyebut cadangan makanan ini yang disimpan dan diperbesar sebagai umbi-umbian. Wortel dan singkong adalah contoh umbi akar. Kentang dan ubi jalar merupakan contoh umbi batang.

Manfaat Bagian Tumbuhan Bagi Manusia

  • Sebagai sumber makanan.
  • Sebagai bahan furniture, jembatan, dermaga, kapal, layang-layang, dan masih banyak lagi.
  • Sebagai bahan obat-obatan, seperti minyak kayu putih dan jamu tradisional.

B. Fotosintesis, Proses Terpenting di Bumi

Adanya fotosintesis memungkinkan makhluk hidup untuk bernafas dan makan. Inilah yang membuat tumbuhan begitu penting di Bumi ini. Manusia dan hewan bergantung padanya.

Kita dapat menikmati semua tumbuhan yang kita makan karena adanya proses fotosintesis. Agar sayuran tumbuh besar dan siap dipanen, maka tanaman harus tumbuh besar terlebih dahulu. Ini tidak akan terjadi jika tanaman tidak melakukan fotosintesis.

Ada jenis tumbuhan yang tidak memiliki klorofil, seperti bunga Rafflesia Arnoldii dan tali betina. Keduanya tidak dapat melakukan fotosintesis, sehingga mereka perlu menunggang tumbuhan lain dan ikut mengambil makanannya.

C. Perbanyakan Tanaman

Benang sari dan putik merupakan organ reproduksi tumbuhan. Benang sari dan putik dapat ditemukan pada bunga yang sama. Ini disebut bunga sempurna. Contoh bunga sempurna adalah bunga stroberi dan bunga kembang sepatu.

Namun, ada bunga yang benang sari dan putiknya terpisah pada bunga yang berbeda. Ini disebut bunga tidak sempurna. Pada pohon jagung terdapat bunga jantan dan bunga betina.

Bagaimana tumbuhan berbunga bereproduksi? Pernahkah Anda melihat lebah terbang di sekitar bunga? Bunga adalah sumber makanan. Serangga ini sangat senang dengan nektar atau sari bunga. Warna bunga yang cerah dan aromanya yang harum menarik serangga hinggap di bunga.

Lebah dan serangga lainnya kemudian menikmati nikmatnya sari bunga. Saat itu, serbuk sari akan menempel di tubuh serangga. Sesuatu menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga lain.

Saat serangga menikmati nektar pada bunga baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, ada yang disebut penyerbukan. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel pada kepala putik. Ini adalah cara reproduksi tanaman berbunga.

Apa yang terjadi setelah proses penyerbukan? Di dalam putik akan tumbuh benih. Benih-benih ini nantinya dapat digunakan oleh tumbuhan untuk memperbanyak jenisnya. Meskipun tumbuhan tidak memiliki kaki untuk bergerak, ada serangga dan hewan yang membantu tumbuhan bereproduksi.

Sama seperti proses penyerbukan, tumbuhan juga membutuhkan bantuan untuk menyebarkan bijinya. Burung dan mamalia juga dapat membantu penyerbukan bunga.

Ada yang memakan nektar, serbuk sari, atau mencari serangga yang hinggap di bunga. Aktivitas hewan yang bergerak di antara bunga ini membantu penyerbukan tumbuhan.

Ada juga cara memperbanyak tanaman secara artifisial. Metode ini dikembangkan oleh manusia dengan pengetahuan dan perkembangan teknologi yang dimilikinya. Mencangkok dan stek adalah metode perbanyakan buatan.

Untuk Rangkuman Program Studi IPA Semester 1 & 2 Bab-bab lain dapat dilihat secara lengkap dengan mengklik gambar berikut:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *