PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

pusatdapodik.com – Rangkuman materi pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Bab 8 Semester 2 Kurikulum Mandiri.

Salam pendidikan, salam untuk kita semua. Apa kabar hari ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Sahabat pendidikan yang berbahagia, sesuai dengan judul postingan ini, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas sekaligus memberikan rangkuman/rangkuman materi pelajaran yaitu matematika.

Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Seperti yang kita ketahui bahwa matematika seringkali menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian siswa karena materi yang akan dipelajari sangat sulit karena membutuhkan pemahaman yang mendalam dan juga harus dibarengi dengan kecerdasan dalam melakukan perhitungan.

Namun salah satu alternatif untuk memudahkan siswa dalam belajar adalah dengan melakukan pembelajaran dengan membuat ringkasan atau rangkuman dari materi yang akan dipelajari. Rangkuman materi merupakan kumpulan materi yang penting dan hanya berisi materi inti saja sehingga apabila digunakan dalam pembelajaran akan sangat mudah dipahami dan dapat menghemat waktu dalam pembelajaran.

Melalui kesempatan kali ini admin akan mencoba berbagi informasi tentang rangkuman materi pelajaran matematika kelas 10 Bab 8 yaitu materi tentang Peluang.

Sebagai informasi, seluruh materi rangkuman matematika kelas 10 SMA/SMK Bab 8 Semester 2 Kurikulum Mandiri ini semuanya bersumber dari buku teks Matematika kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang di sekolah sudah menerapkan kurikulum mandiri dan akan belajar matematika di kelas 10 SMA, anda bisa menggunakan website ini sebagai sumber belajar yang dapat membantu anda belajar matematika.

Pengalaman belajar yang diharapkan dalam pembelajaran matematika di kelas 10 Bab 8 Materi Peluang Semester 2 Kurikulum Mandiri adalah sebagai berikut:

Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:

1.
Menentukan ruang sampel suatu kejadian;

2.
Membuat distribusi kemungkinan terjadinya;

3.
Membedakan antara kejadian yang saling eksklusif dan kejadian yang tidak dapat dipisahkan;

4.
Gunakan aturan penjumlahan untuk menentukan peluang dari dua kejadian yang saling lepas; dan

5.
Modifikasi aturan penjumlahan untuk menentukan probabilitas bahwa dua kejadian tidak saling lepas.

Untuk lebih jelas tentang materi matematika kelas 10 Bab 8 materi tentang Peluang Berikut adalah pemaparan ringkasan/ringkasan materi matematika kelas 10 Bab 8 yang akan dipelajari pada semester 2 kurikulum mandiri.

BAB 8 PELUANG

Probabilitas adalah ukuran probabilitas bahwa suatu peristiwa akan terjadi (atau tidak terjadi) di masa depan. Dalam bab ini, Anda akan belajar tentang ruang sampel dan distribusi peluang, dan menggunakan aturan penjumlahan untuk mencari peluang terjadinya peristiwa A atau peristiwa B.

A. Distribusi Peluang

Ruang sampel adalah himpunan semua hasil yang mungkin. Untuk dadu yang adil, semua 36 hasil dalam ruang sampel memiliki kemungkinan yang sama untuk terjadi. Kemungkinan yang sama berarti bahwa setiap hasil memiliki peluang yang sama untuk terjadi. Ketika hasil sama-sama mungkin, probabilitas suatu peristiwa ditentukan oleh:

1673609966 292 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

CONTOH:

1673609967 301 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

1673609968 210 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

1673609969 60 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

1673609969 340 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

B. Aturan Penjumlahan

Ada siswa yang hanya menggunakan satu moda transportasi ke sekolah, sedangkan ada siswa yang menggunakan beberapa moda transportasi.

1673609970 225 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Dalam matematika, kata “atau” berarti “salah satu atau keduanya”. Jadi, kejadian seorang siswa menggunakan sepeda atau mengendarai sepeda motor ke sekolah mencakup semua hasil sebagai berikut:

ay Siswa dapat menggunakan sepeda, tetapi tidak dapat menggunakan sepeda motor untuk pergi ke sekolah.

ay Para siswa ini dapat menggunakan sepeda motor, tetapi tidak dapat menggunakan sepeda ke sekolah.

ay Para siswa ini dapat menggunakan sepeda dan sepeda motor ke sekolah.

Dua kejadian dikatakan saling lepas (atau terlepas) jika tidak mungkin keduanya memiliki hasil yang sama.

1. Dua Peristiwa A dan B Berturut-turut

1673609971 385 Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Anda dapat menuliskan aturan secara simbolis untuk menghitung probabilitas bahwa A terjadi atau B terjadi dengan P(AUB ) = P (A atau B). Aturan ini disebut aturan penjumlahan untuk kejadian yang saling lepas.

2. Dua kejadian A dan B tidak saling mengikuti

Perhatikan luas daerah peluang kejadian A dan luas daerah peluang kejadian B pada diagram Venn dan bandingkan dengan luas daerah peluang A atau B.

Anda dapat menulis secara simbolis aturan untuk menghitung P ( AUB ) untuk dua kejadian yang saling lepas sebagai P (AUB) = P(A) + P(B) – P (Ab) . Aturan ini disebut aturan penjumlahan.

Demikian pemaparan materi pelajaran materi pelajaran matematika untuk kurikulum mandiri kelas 10 SMA/SMK semester 2 yang dapat admin hadirkan pada kesempatan kali ini. Bagi kalian yang ingin mempelajari materi matematika kelas 10 Bab 8 yaitu materi Peluang, rangkuman/rangkuman materi yang telah admin berikan ini bisa membantu.

Itu saja dan semoga bermanfaat.

www.pusatdapodik.com

Comment
Share:

Ad