Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

- Penulis

Minggu, 24 September 2023 - 10:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1695524557 0

1695524557 0

pusatdapodik.com

– Rangkuman Materi Pendidikan Agama Islam dan Karakter (PAI & BP) Kelas 4 SD Bab 4″Kurikulum Mandiri Menyongsong Usia Anak”.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hallo sahabat Kherysuryawan yang berbahagia, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera. Selamat datang kembali di blog edukasi ini, pada kesempatan kali ini admin Kherysuryawan akan membahas materi pelajaran pada mata pelajaran PAI Kurikulum Mandiri kelas 4 SD, khususnya materi yang akan dipelajari pada Bab 4 dengan judul Menyambut Masa Dewasa” yang akan dipelajari pada kelas 4 SD pada kurikulum mandiri.

Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Bab 4 materi tentang Menyambut Masa Kecil” akan dipelajari pada kelas 4 semester 1 kurikulum mandiri. Admin sengaja memberikan rangkuman materi ini dengan harapan dapat memudahkan guru dalam mengajar dan tentunya juga memudahkan siswa dalam mempelajarinya.

Kita ketahui bersama bahwa saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum mandiri sehingga ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah, buku pelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan buku pelajaran mata pelajaran yang telah terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum mandiri.

Jika di sekolah Anda pernah menggunakan kurikulum mandiri dan saat ini Anda memerlukan rangkuman atau rangkuman materi pada mata pelajaran tersebut Pendidikan Agama Islam dan Karakter (PAI & BP) Kelas 4 SD, khususnya materi pada Bab 4, rangkuman materi secara lengkap bisa Anda dapatkan melalui artikel ini.

Rangkuman/rangkuman materi PAI kelas 4 Bab 4 tentang “Menyambut Masa Kedewasaan” yang akan disampaikan pada postingan kali ini materinya bersumber dari buku teks Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum Kelas 4 SD Merdeka. Bagi anda yang belum mempunyai buku ajar PAI Kurikulum Mandiri kelas 4 bisa juga mendapatkan filenya melalui postingan ini.

Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran maka diperlukan rangkuman atau rangkuman, maka disini admin Kherysuryawan akan memberikan rangkuman/ringkasan materi mata pelajaran PAI kelas 4 SD Bab 4 dengan judul Menyambut Masa Anak-anak” dengan tujuan untuk membantu siswa dalam belajar agar lebih mudah memahami materi yang ada.

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 4 dengan judul Menyambut Zaman Kedewasaan” maka silahkan simak pemaparannya dibawah ini:

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai siswa pada Bab 4, antara lain sebagai berikut:

  • Sebutkan tanda-tanda pubertas atau kedewasaan dengan benar.
  • Berikan penjelasan yang benar tentang tanda-tanda pubertas dari sudut pandang fiqih dan biologi.
  • Biasakan sikap bersyukur, taat beribadah dan tanggung jawab.

A. Tanda-tanda pubertas menurut fikih Islam

Fiqih adalah ilmu hukum Islam. Fiqih membahas tentang kaidah ibadah yang baik yang berkaitan dengan Allah SWT. atau berhubungan dengan sesama manusia. Diantara pembahasannya adalah tentang tanda-tanda pubertas.

Tanda-tanda pubertas terjadi pada anak laki-laki dan perempuan. Ada juga hal yang khusus terjadi pada wanita saja.

1. Mimpi Basah

Mimpi basah biasanya terjadi saat anda berusia 9 tahun atau lebih.

Jika mimpi basah terjadi maka anda bukan lagi anak-anak melainkan sudah dianggap remaja (dewasa). Mimpi basah juga bisa terjadi pada anak perempuan.

Baca Juga :  Buku Guru dan Buku Siswa Fisika SMA MA Kurikulum Merdeka

Anak yang mengalami mimpi basah sedang mengalami hadas besar disebut junub. Agar bersih dari hadas besar, maka ia wajib mandi.

Tahukah anda apa nama air yang keluar saat mimpi basah? Itu disebut air mani atau sperma.

2. Haid (Menstruasi) Bagi Anak Perempuan

Wajar jika anak perempuan mengalami hal-hal seperti datangnya haid atau haid. Datangnya haid menandakan bahwa Anda telah mencapai kedewasaan.

Datangnya datang bulan sebagai tanda pubertas tidak dapat dijamin. Pada usia berapa Anda akan mengalaminya? Bisa jadi dia datang saat Anda berada di kelas IV, V, atau kelas VI. Untuk itu bersiaplah menyambutnya dengan ilmu dan mental yang kuat.

3. Lima belas tahun

Usia ideal bagi anak laki-laki dan perempuan adalah lima belas tahun berdasarkan perhitungan penanggalan Hijriyah. Anak laki-laki dan perempuan yang telah mencapai usia lima belas tahun telah memasuki masa pubertas meskipun sebelumnya mereka belum mengalami tanda-tanda pubertas lainnya.

Mandi Mandi Bagi yang mempunyai hadas besar

Tata cara mandinya adalah sebagai berikut, disajikan pada gambar di bawah ini:

1695524553 296 Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Berikut larangan bagi yang mempunyai hadas besar, disajikan pada gambar di bawah ini;

1695524554 199 Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 4 Kurikulum Merdeka

B. Tanda-Tanda Pubertas Dilihat dari Ilmu Biologi

Tahukah anda apa itu biologi?

Biologi adalah ilmu yang mempelajari keadaan atau sifat makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan). Biologi secara khusus dan mendalam mempelajari perkembangan manusia. Tahapan perkembangan manusia meliputi masa remaja atau pubertas.

Mari mengenal masa pubertas melalui tanda-tandanya.

1. Untuk anak laki-laki

Pria memiliki hormon testosteron. Hormon ini berguna untuk memproduksi sperma pada testis. Hormon ini juga mengatur adanya tanda-tanda seksual sekunder yang ditandai dengan perubahan fisik. Perubahan fisiknya antara lain wajah yang tumbuh kumis, janggut, dan cambang. Selain itu, bulu kemaluan dan bulu ketiak juga ikut tumbuh. Badan terlihat lebih kuat dan berotot, jakun membesar, dan suara terdengar lebih dalam. Pertumbuhan badan meningkat pesat/cepat besar, gerak menjadi lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak.

Selain fisik, hormon testosteron juga mempengaruhi perkembangan mental. Pria cenderung keren, tenang dan rasional. Ketika ia mengalami masalah, ia cenderung diam dan menyelesaikannya secara praktis.

2. Perempuan

Perkembangan pada wanita dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini berguna untuk mematangkan sel telur dan mengatur perkembangan seksual sekunder. Hal ini ditandai dengan perubahan fisik pada wanita. Perubahan tersebut antara lain pinggul dan payudara mulai membesar, tumbuhnya bulu di kemaluan dan ketiak. Hormon estrogen juga menyebabkan kulit wanita lebih halus dibandingkan pria. Selain itu, wanita juga akan mengalami menstruasi atau menstruasi.

Menstruasi adalah hilangnya sel telur (ovum) karena tidak dibuahi oleh sperma beserta lapisan dinding rahim. Peristiwa ini ditandai dengan keluarnya darah melalui alat kelamin wanita. Menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari sekali. Jadi, kalau Anda sudah memasuki usia remaja dan sedang mengalami menstruasi, jangan takut! Karena hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada wanita.

Hormon progesteron dan estrogen juga dapat mempengaruhi perkembangan mental wanita. Hormon ini mempengaruhi wanita untuk cenderung mengutamakan perasaan, ingin dimanjakan dan diperhatikan. Ketika seorang wanita menghadapi suatu masalah, dia mudah mengeluh, menangis, atau menyesali dirinya sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Makna Disiplin Menurut Para Ahli (Pentingnya Disiplin untuk Meraih Kesuksesan)

Perubahan fisiknya antara lain pertumbuhan tubuh lebih cepat, gerak lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak, dan suara lebih merdu.

C. Kewajiban setelah Usia Pubertas

Jika Anda pernah mengalami tanda-tanda pubertas, berarti Anda pernah mengalaminya disebut mukalaf.

Mukalaf artinya orang dewasa yang wajib mengamalkan syariat agama. Semua aturan agama pasti indah. Aturan dalam aqidah (iman), ibadah, dan akhlak. Segala perbuatan akan dibalas oleh Allah Swt. Perbuatan baik mendapat pahala dan perbuatan buruk disertai dosa.

Di antara aturan yang harus Anda patuhi adalah:

1. Salat Fardu

Doa adalah pilar agama. Orang yang menunaikan shalat berarti dia menjunjung tinggi agama, dan sebaliknya, orang yang meninggalkan shalat berarti dia meruntuhkan agama.

Salat diperintahkan untuk anak-anak sejak usia tujuh tahun. Rasulullah saw. bersabda, “Suruhlah anak-anakmu shalat pada usia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena shalat pada usia sepuluh tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud) Salat bukan sekedar kewajiban melainkan kebutuhan ruhani kita. Salat mengajarkan kita tentang kebesaran Allah SWT, optimisme dalam hidup dan ketundukan pada kehendak Allah SWT.

2. Menutupi bagian intim

Aurat merupakan bagian tubuh manusia yang wajib ditutup sesuai ketentuan syariat. Bagi pria, aurat adalah bagian tubuh antara pusar dan lutut. Sedangkan bagi wanita adalah seluruh tubuh selain wajah dan telapak tangan. Pakaian yang tidak terlalu ketat sehingga memperlihatkan bentuk tubuh dan juga bahan yang tidak tipis sehingga warna kulit terlihat tembus pandang.

Bahwa Islam tidak mewajibkan umatnya untuk mengenakan gaya pakaian khas tertentu untuk menutupi auratnya. Setiap suku dan bangsa mempunyai budaya pakaian yang unik. Gaya pakaian yang kita kenakan mungkin berbeda dengan gaya pakaian orang dari suku dan bangsa lain.

Hal ini tidak menjadi masalah selama aturan syariah dalam menutup aurat terpenuhi. Kita tetap wajib menghargai segala perbedaan, termasuk gaya berpakaian yang menutupi aurat kita.

3. Mencari Ilmu

Setiap muslim laki-laki dan perempuan wajib menuntut ilmu. Kewajiban mencari ilmu adalah sejak seseorang dilahirkan hingga meninggal dunia. Anak-anak yang sudah menginjak usia dewasa terbebani dengan hukum syariah. Oleh karena itu, dia akan menerima pahala sesuai dengan perbuatannya. Pengetahuan hanya dapat diperoleh dengan belajar. Dimulai dengan rajin membaca, terus berlatih dan mengamalkan ilmunya. Namun jangan lupa untuk memperbanyak berdoa agar Allah SWT. memberikan ilmu yang luas dan bermanfaat.

Demikianlah rangkuman materi PAI kelas 4 Bab 4 Kurikulum Mandiri yang dapat admin Kheryuryawan sampaikan dan bagikan melalui artikel kali ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Kurikulum Kelas 4 SD Merdeka, silahkan dapatkan filenya dibawah ini:

  • Buku Guru & Siswa PAI Kurikulum Kelas 4 SD Merdeka – (DI SINI)

Demikian informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran PAI Kelas 4 SD Bab 4 dengan Judul Menyambut Masa Kedewasaan” yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga rangkuman ini dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran pada kurikulum mandiri.

Semoga bermanfaat !

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB