Rangkuman Prakarya Kelas 8 Bab 3 Budi Daya Ternak Kesayangan

- Penulis

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

pusatdapodik.com – Rangkuman Kerajinan Kelas 8 Bab III Budidaya Ternak Tercinta yang akan dipelajari pada semester 1.

Sahabat pendidikan, di sekolah khususnya tingkat SMP pasti pernah mendengar yang namanya mata pelajaran kerajinan, dimana mata pelajaran kerajinan ini merupakan mata pelajaran wajib yang sudah ada sejak sekolah menggunakan kurikulum 2013.

Rangkuman Prakarya Kelas 8 Bab 3 Budi Daya Ternak Kesayangan


Nah melalui kesempatan kali ini saya akan membantu teman-teman edukatif dalam menyajikan materi kerajinan khususnya untuk kelas 8 SMP, materi yang akan disampaikan disini adalah materi yang sudah diringkas atau disederhanakan. Materi kerajinan yang akan dirangkum disini adalah materi kelas 8 SMP Bab 3 yang mengulas tentang Budidaya Ternak Berharga. Materi ini akan dipelajari dalam pembelajaran di semester 1.

Jenis bahan yang akan dipelajari di kelas 8 bab 3 prakarya adalah sebagai berikut :

A. Jenis Ternak Favorit
B. Sarana dan Teknik Budidaya Ternak
C. Tahapan Budidaya Ternak Tercinta
4. Pencegahan Hama dan Penyakit
D. Contoh Budidaya Ternak Tercinta

Seperti yang kita ketahui bahwa Mata Pelajaran Kriya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan rasa percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Kerajinan juga merupakan ilmu terapan yang menerapkan berbagai bidang ilmu untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Dengan demikian mempelajari mata pelajaran prakarya tentunya akan sangat penting untuk menambah wawasan dalam berkreativitas.

Dalam mempelajari mata pelajaran prakarya di tingkat SMP, ruang lingkup mata pelajaran prakarya yang akan dipelajari meliputi empat aspek diantaranya sebagai berikut:

1. Aspek Kerajinan

2. Aspek Rekayasa

3. Aspek Budidaya

4. Aspek Pengolahan.

Perlu dipahami bahwa dari keempat aspek tersebut, siswa yang akan mempelajari materi kriya diharapkan mampu membuat produk dengan memanfaatkan potensi alam sekitar.

Sebagai seorang pendidik dan juga sebagai siswa yang akan melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah, buku teks yang memuat materi merupakan salah satu bahan pembelajaran yang sangat penting untuk digunakan.

Dalam pembelajaran mata pelajaran Prakarya, khususnya di tingkat SMP, buku ajar Prakarya Kurikulum 2013 menjadi bahan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dan siswa sebagai jembatan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan.

Pada postingan kali ini saya akan mencoba membagikan materi kerajinan tangan kelas 8 Bab 3 tentang Budidaya Ternak yang akan dipelajari pada semester 1. Materi yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini sudah dirangkum dan juga dilengkapi dengan rangkuman materi sehingga hal tersebut akan memudahkan guru siswa maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Semua rangkuman materi yang disajikan pada postingan kali ini merupakan hasil materi yang bersumber dari buku kerajinan tangan siswa kelas 8 SMP edisi revisi terbaru kurikulum 2013. Semoga kalian yang akan menggunakan materi rangkuman ini bisa sangat membantu dalam memudahkan kalian belajar prakarya di kelas 8 SMP.

Bagi siswa/siswi yang akan mempelajari materi kerajinan tangan kelas 8 SMP Bab 3 Budidaya Ternak Berharga, ada beberapa manfaat dan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai. Berikut adalah beberapa tujuan pembelajaran:

Tujuan pembelajaran :

Setelah mempelajari Bab III, mahasiswa mampu:

1.menyatakan pendapat tentang keanekaragaman ternak peliharaan sebagai ungkapan kebanggaan dan rasa syukur kepada Tuhan dan bangsa Indonesia;

2. mengidentifikasi jenis, sarana produksi, dan teknik budidaya ternak peliharaan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan kepedulian terhadap lingkungan;

Baca Juga :  Ciri-ciri dan Klasifikasi Hewan Vertebrata Beserta dengan Contohnya

3. merancang kegiatan peternakan berdasarkan orisinalitas ide yang jujur ​​pada diri sendiri; Dan

4. melaksanakan, mengamati, dan mempresentasikan serta mempresentasikan hasil kegiatan budidaya ternak di wilayah setempat.

Setelah memahami beberapa tujuan pembelajaran di atas, berikut ini adalah rangkuman lengkap dengan rangkuman materi kerajinan tangan kelas 8 bab 3 Budidaya Ternak Tercinta sebagai berikut:

Bab III Budidaya Ternak

A. Jenis Ternak Favorit

Berikut adalah contoh hewan peliharaan yang biasa dipelihara.

1. Kelinci Hias

Kelinci merupakan ternak kecil serbaguna karena dapat dibudidayakan sebagai ternak untuk diambil daging, kulitnya, dan untuk kepentingan berbagai pekerjaan di laboratorium. Beberapa ras kelinci dikembangkan karena kecantikannya dan dipelihara sebagai binatang peliharaan atau ternak. Bangsa kelinci yang dipelihara untuk kecantikannya memiliki sedikit daging, tetapi kulitnya berharga.

2.Hamster

Hamster adalah hewan kecil yang termasuk dalam ordo Rodentia (hewan pengerat). Hamster berasal dari Timur Tengah dan Eropa Tenggara.

Hamster merupakan hewan yang aktif pada malam hari dan istirahat pada siang hari (nokturnal). Hewan mungil ini tidak tahan panas, dan akan mati jika terkena sinar matahari dalam waktu yang lama. Saat matahari terbenam, barulah hewan ini keluar dari lubang persembunyiannya untuk melakukan aktivitas.

Terdapat 5 jenis hamster di Indonesia dengan beberapa jenis hamster yang banyak dipelihara yaitu: hamster Syria, Campbell, Winter White, Roborovski, dan Chinese.

3. Merpati

Keberadaan burung merpati tersebar luas di seluruh negara di dunia. Jenisnya bermacam-macam, dan memiliki ciri atau ciri tersendiri sesuai dengan kondisi alam tempat tinggalnya. Ada sekitar 200 spesies merpati yang hidup di Eropa, Asia dan Australia.

Di alam, merpati hidup dengan membuat sarang di berbagai tempat, seperti di dahan pohon, celah-celah batu, atap bangunan, atau rumah penduduk. Penetasan dilakukan saat memasuki masa kawin, saat burung merpati betina akan bertelur dan mengerami telurnya. Proses pengeraman dilakukan secara bergantian antara merpati jantan dan betina. Merpati dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu merpati hias, pos, balap dan pedaging yang memiliki karakteristik berbeda.

4. Kicau Burung

Beberapa jenis burung berkicau banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, antara lain murai batu/medan, love bird, kenari, cucak ijo, kacer, poksai, anis, dan jalak. Di habitat aslinya, burung pengicau jantan biasanya hidup berkelompok yang terdiri dari 2-10 ekor.

Jenis burung ini dipelihara untuk menyalurkan hobi, memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif, menambah teman, sekaligus menghasilkan uang (budidaya, lomba).

B. Sarana dan Teknik Budidaya Ternak Tercinta

Fasilitas yang memadai perlu diperhatikan sebelum melakukan usaha budidaya hewan peliharaan. Dibutuhkan cara yang tepat agar hasil yang optimal dapat diperoleh.

Setiap jenis ternak peliharaan memerlukan sarana produksi budidaya yang berbeda sebagai berikut:

1) Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam fasilitas peternakan meliputi:

Hewan yang akan dipelihara

Secara umum pemilihan hewan peliharaan yang baik harus memiliki kriteria seperti : badan tegap, gerakan lincah dan lincah, bulu halus mengkilap tidak rontok, penglihatan tajam, nafsu makan baik, kaki tidak membengkokkan.

Memberi makan

Pakan ternak adalah semua bahan yang diberikan kepada ternak berupa campuran berbagai macam bahan organik dan anorganik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi. Pakan memegang peranan penting dalam budidaya ternak kesayangan. Pengelolaan pakan yang baik memungkinkan pertumbuhan ternak mencapai hasil sesuai target yang ditentukan.

Narkoba

Kegiatan budidaya terkadang mengalami kendala, salah satunya adalah serangan hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan budidaya. Obat-obatan dapat diberikan untuk pencegahan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Baca Juga :  Pengertian Perilaku Menyimpang : Teori, Ciri, Sifat, Penyebab, Bentuk dan Contoh Perilaku Menyimpang

Udara

Air memiliki peran penting dalam peternakan. Air sangat diperlukan untuk melancarkan makanan di saluran cerna, terutama berkaitan dengan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

2. Peralatan

Alat-alat yang dibutuhkan sebagai sarana budidaya ternak peliharaan antara lain: kandang, mangkok minum, tempat pakan, timbangan, penyemprot, dan pembersih kotoran.

C. Tahapan Budidaya Ternak Tercinta

Tujuan beternak hewan peliharaan berbeda-beda, tergantung dari jenis hewan ternaknya. Teknik yang perlu diperhatikan dalam budidaya ternak peliharaan adalah pemeliharaan kandang, pemilihan bibit, pola pakan, dan pencegahan hama dan penyakit.

1. Pemeliharaan Kandang

Kandang yang bersih dan nyaman sangat penting dalam budidaya ternak kesayangan. Kandang harus dibersihkan secara rutin untuk menjaga kelembapan minimal seminggu sekali. Hal ini penting untuk menghindari tumbuhnya jamur atau bakteri penyakit yang tidak diinginkan. Tempat pakan, minum, dan lantai kandang yang terdapat di dalam kandang juga harus dibersihkan secara rutin.

2. Pemilihan Benih

Bibit ternak adalah ternak yang memiliki dan mewariskan sifat unggul dan memenuhi persyaratan tertentu untuk dikembangbiakkan. Pemilihan bibit yang baik merupakan kunci utama keberhasilan budidaya ternak peliharaan. Kandidat benih yang baik dapat diidentifikasi dengan memilihnya.

3. Memberi makan

Pakan merupakan faktor utama penentu produktivitas ternak. Biaya pakan menempati 60%-80% dari total biaya suatu usaha peternakan. Pakan yang diberikan kepada ternak bervariasi, sesuai dengan jenis ternak, umur, dan produktivitas ternak. Pemberian pakan harus memperhatikan jumlah yang dibutuhkan, waktu pemberian, dan cara pemberian pakan.

4. Pencegahan Hama dan Penyakit

Kesehatan ternak merupakan hal yang mutlak diperhatikan. Kesehatan ternak sangat erat kaitannya dengan tingkat produksi yang berpengaruh pada masalah pendapatan usaha peternakan. Secara umum pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan kandang, pemberian pakan yang sesuai dan bergizi, serta pemindahan ternak yang sakit sesegera mungkin.

D. Contoh peternakan tercinta

Memelihara kelinci adalah contohnya.

Kelinci mudah ditemukan di semua daerah dan disukai oleh hampir semua kalangan. Kelinci bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan dengan perawatan dan perhatian yang baik dari pemiliknya. Selain memiliki bentuk tubuh dan perilaku yang lucu, kelinci juga sangat pintar karena bisa dilatih buang air besar di suatu tempat, sehingga kelinci bisa kita tempatkan di dalam rumah.

Demikian rangkuman materi kerajinan kelas 7 bab 3 tentang budidaya ternak peliharaan, sebagai rangkuman, berikut isi rangkuman materi tersebut :

1. Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara karena keunikan dan keunikannya, seperti keindahan bulunya, suaranya, dan tingkah lakunya yang lucu. Contohnya kelinci, hamster, burung, dan lain-lain.

2. Sarana yang harus disiapkan untuk budidaya hewan peliharaan antara lain: bahan yang terdiri dari bibit, pakan, obat-obatan, dan kandang; serta peralatan budidaya seperti mangkok minum, tempat pakan, timbangan, alat penyemprot, dan pembersih kotoran.

3. Teknik budidaya ternak yang harus diperhatikan antara lain: pemeliharaan kandang, pemilihan bibit, pemberian pakan, dan pencegahan hama dan penyakit.

4. Tahapan budidaya ternak meliputi: perencanaan, penyiapan sarana budidaya, dan proses budidaya

Demikian rangkuman dan rangkuman materi kerajinan tangan kelas 8 bab 3 tentang Budidaya ternak tercinta, semoga rangkuman dan rangkuman materi yang disampaikan diatas dapat membantu teman-teman edukatif yang akan belajar kerajinan tangan di kelas 8 SMP.

Demikian dan terima kasih

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB