Rumus Dasar Hitam | Setelah kita membahas rumus kalor sebelumnya, kini kami akan memberikan informasi tentang rumus prinsip hitam dan juga arti dari prinsip hitam yang mungkin belum anda ketahui, prinsip hitam itu sendiri merupakan salah satu prinsip dalam termodinamika yang memang ditemukan oleh Joseph Black, dan dalam prinsip ini menjelaskan tentang zat yang berbeda dan dicampur bersama

Kini ilmuan yang berasal dari Perancis ini memang menekuni dunia kedokteran agar dapat memahami dan mengeluarkan asas hitam dan juga asas hitam yang membahas tentang panas, ilmuwan tersebut telah melakukan beberapa penelitian seperti mengamati es dan benda lain yang dapat mencair karena sifatnya terkena panas, ia berpendapat bahwa proses mencairnya es atau benda lain ketika terkena panas adalah karena penyerapan panas yang masuk ke dalam es sehingga es dapat berubah menjadi air, dan panas ini akan sama dengan panas yang dilepaskan oleh air selama proses pembentukan kembali menjadi es

rumus dasar hitam

Jika Anda masih kurang jelas tentang uraian asas hitam ini, Anda dapat melihat rangkuman di bawah ini beserta rumus dasar hitam yang telah kami siapkan untuk Anda agar Anda lebih memahami tentang rumus dasar hitam ini.

Jika dua benda yang berbeda suhunya dicampurkan, maka benda yang memiliki kalor akan memberikan kalor pada benda yang dingin sehingga pada akhirnya suhu kedua benda tersebut sama.

Jumlah panas yang diserap oleh benda dingin sama dengan jumlah panas yang dilepaskan oleh benda panas

Benda yang didinginkan akan melepaskan kalor yang sama dengan kalor yang diserap jika benda tersebut dipanaskan

Suara Hitam Dasar

Berikut ini adalah bunyi prinsip hitam:

Dalam pencampuran dua zat, jumlah kalor yang dilepaskan oleh zat yang suhunya lebih tinggi sama dengan jumlah kalor yang diterima oleh zat yang suhunya lebih rendah.

Rumus Dasar Hitam

Dan secara umum rumus dasar hitam ini adalah

Qrelease = Qaccept

Catatan:

Qrelease adalah jumlah panas yang dilepaskan oleh zat
Qreceived adalah jumlah panas yang diterima oleh zat

Dan dibawah ini adalah penjelasan dari rumus dasar warna hitam :

(M1 X C1) (T1-Ta) = (M2 X C2) (Ta-T2)

Atau

(M1 X T1 + M2 X T2) / (M1 + M2)

Catatan:

M1 adalah massa benda yang memiliki tingkat suhu lebih tinggi
C1 adalah kalor jenis suatu benda yang memiliki tingkat suhu lebih tinggi
T1 adalah suhu benda yang memiliki tingkat suhu lebih tinggi
Ta adalah temperatur akhir pencampuran kedua benda
M2 adalah massa benda yang memiliki tingkat suhu lebih rendah
C2 adalah panas spesifik suatu benda yang memiliki tingkat suhu lebih rendah
T2 adalah suhu benda yang memiliki tingkat suhu lebih rendah

Percampuran antara dua zat tersebut sebenarnya memiliki kalor yang hilang ke lingkungan sekitarnya, misalnya wadah atau tempat yang digunakan untuk mencampurkan benda-benda menyerap kalor yang besarnya sama dengan hasil kali massa, kenaikan suhu, dan juga jenis kalor, serta rumus dasar hitam. di atas hanya berlaku untuk dua jenis cairan yang sama, misalnya air dengan air, dan tempat atau wadah pencampurannya tidak menyerapnya

Nah mari kita lanjut ke contoh soal yang menggunakan rumus dasar hitam ini agar anda lebih paham dan juga paham saat mengerjakan soal dengan menggunakan rumus dasar hitam ini.

Contoh soal

Sebuah gelas berisi air dingin bermassa 200 gram pada suhu 20 C. Dicampur dengan air panas yang bermassa 100 gram bermassa 80 C. Jika gelas dianggap tidak menerima kalor, berapakah suhu gelas tersebut? campuran air dingin dan air panas??? ?

Catatan
Perlu Anda perhatikan bahwa yang melepaskan kalor adalah zat yang bersuhu lebih tinggi, dan dalam contoh soal ini adalah air panas, dan yang menerima kalor adalah zat yang bersuhu lebih rendah (air dingin).

Dikenal :

M air dingin = 200 gram
T air dingin = 20 C
M air panas = 100 gram
T air panas = 80 C
C air panas = C air dingin = 1 la;/gr c

diminta
Suhu Campuran Tc = ??

Dijawab:

contoh pertanyaan dasar hitam

baik itu saja Rumus Dasar Hitam lengkap dengan contoh soal yang sudah kami sediakan di Rumrumus.com, anda bisa mengulang membaca dari awal jika masih belum mengerti rumus dasar Black, dan jangan lupa untuk mencoba mempraktekkannya di rumah agar lebih paham dan paham. mampu mengerjakan soal dengan cepat.

rumusrumus.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *