PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rumus COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS & COUNTBLANK Excel

Rumus COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS & COUNTBLANK Excel

Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK Excel

Hai sobat semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas rumus excel COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS dan COUNTBLANK pada Microsoft Excel. Apa kegunaan dari rumus-rumus tersebut?

Sebenarnya rumus penggunaan fungsi ini hampir sama dengan membuat rumus COUNT. COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS dan COUNTBLANK adalah rumus excel yang digunakan untuk menghitung jumlah data atau jumlah sel di Excel yang memenuhi kriteria tertentu.

Misalnya sobat memiliki data yang banyak dan cell kosongnya banyak, lalu sobat ingin menghitung jumlah cell yang diisi dengan angka saja, atau pada suatu acara ingin menghitung jumlah kehadiran di daftar hadir. Tidak mungkin menghitungnya satu per satu. Tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga bukan. Namun, rumus excel COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS dan COUNTBLANK dapat melakukannya dengan lebih mudah dan efisien.

Walaupun sama-sama mengandung kata COUNT, namun penggunaan masing-masing rumus ini sedikit berbeda. Berikut perbedaan dan kegunaan dari masing-masing rumus tersebut.

Sebelum itu, ada hal penting yang perlu diingat. Setiap menulis rumus, baik itu COUNT, COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS, maupun COUNTBLANK, Anda akan selalu menggunakan tanda koma (,) atau titik koma (;) yang berfungsi sebagai pemisah argumen dalam rumus rumus. Namun tanda-tanda ini belum tentu sama di semua komputer. Nah oleh karena itu perlu disesuaikan dengan komputer masing-masing.

rumus COUNT excel

Rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah sel yang isinya hanya angka. Rumus ini tentu saja berbeda dengan SUM() pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung penjumlahan angka.

=COUNT(value1,[value2],[value3],…)
Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Perhatikan contoh di atas. Data pada contoh di atas memiliki beberapa sel kosong. Namun kita hanya ingin menghitung jumlah sel yang berisi angka saja.

Data terdiri dari kolom A dan kolom B dan memiliki delapan baris. Caranya adalah dengan memasukkan rumus =COUNT, lalu blok sel A1 sampai A8 dan B1 sampai B8. Jangan lupa untuk menambahkan tanda kurung untuk mengapit nilai.

Rumusnya adalah =COUNT(A1:A8,B1:B8), A1:A8 adalah nilai1 dan B1:B8 adalah nilai2. Lalu klik masuk. Hasil yang didapatkan akan seperti gambar di bawah ini. Angka 12 menunjukkan bahwa jumlah sel yang berisi data numerik adalah 12 sel.

1688747723 981 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

rumus COUNTA excel

Berbeda dengan rumus COUNT, rumus COUNTA tidak hanya digunakan untuk menghitung sel yang berisi angka, tetapi juga sel yang berisi data teks.

=COUNTA(value1,[value2],…)
1688747723 149 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Pada contoh di atas terdapat sel yang berisi data angka dan data teks. Cara menghitung jumlah sel data adalah dengan menuliskan rumus =COUNTA(A1:A4) atau bisa langsung blok sel yang dimaksud, lalu klik enter. Hasil yang diperoleh seperti gambar di bawah ini.

1688747724 895 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

rumus excel COUNTIF

Rumus COUNTIF excel digunakan untuk menghitung sel yang berisi data yang memenuhi kriteria tertentu. Rumus COUNTIF sangat membantu, misalnya ketika kita ingin menghitung jumlah siswa laki-laki, menghitung jumlah siswa yang ada, dan masih banyak lagi.

=COUNTIF(range,criteria)
1688747724 718 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Perhatikan rumus di atas, argumennya jangkauan dalam rumus untuk menunjukkan rentang atau batas sel yang akan dihitung. Sedangkan argumentasi kriteria diapit tanda kutip (” “) digunakan untuk menunjukkan kriteria yang diinginkan dari data yang diuji dalam rentang. Argumen kriteria tidak hanya digunakan untuk tipe data teks tetapi juga untuk tipe data numerik dan operasi logika seperti “6”, “<8”, dll.

Dalam contoh di atas, kami ingin menghitung jumlah siswa yang hadir. Caranya tuliskan rumus =COUNTIF(B2:B5,”present”) lalu klik enter. Rumus ini hanya akan mendeteksi sel di B2:B5 yang memiliki kriteria “sekarang”. Outputnya adalah angka yang menunjukkan jumlah siswa yang hadir, bukan nama siswa yang hadir seperti di bawah ini.

1688747724 83 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

rumus excel COUNTIFS

Rumus COUNTIFS excel juga dikenal sebagai COUNTIF bersarang. Hal ini dikarenakan fungsi penggunaan rumusnya sama, namun perbedaannya rumus excel COUNTIFS dapat digunakan untuk menghitung dengan kriteria lebih dari satu.

=COUNTIFS(criteria_range1,criteria1,[criteria_range2,criteria2],…)
1688747724 721 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Perhatikan rumus di atas, kriteria_rentang1 adalah rentang pertama yang dihitung. Sedangkan kriteria1 adalah kriteria atau kriteria pertama yang akan diuji pada criteria_range1, dan seterusnya.

Pada contoh di atas kita ingin mengetahui jumlah mahasiswa yang hadir dan memiliki hobi memasak. Cara menghitungnya adalah dengan menulis rumus =COUNTIFS(B2:B5,”present”,C2:C5,”cooking”). Kriteria “sekarang” akan diuji pada B2:B5 sedangkan kriteria “memasak” akan diuji pada C2:C5. Klik enter dan hasil yang didapat akan seperti gambar di bawah ini.

1688747724 145 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Walaupun yang hadir ada 2 orang, pengecekan akan dilanjutkan pada kriteria ke 2 yaitu memasak. Sehingga hanya sel yang memenuhi kedua kriteria tersebut yang dihitung.

Rumus COUNTBLANK di excel

Rumus excel COUNTBLANK adalah kebalikan dari semua rumus di atas. Jika rumus di atas digunakan untuk mengetahui jumlah sel yang terisi, rumus COUNTBLANK digunakan untuk mengetahui jumlah sel yang kosong.

=COUNTBLANK(range)
1688747724 512 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Pada contoh di atas kita ingin menghitung jumlah sel kosong dari data yang diketahui. Caranya tuliskan rumus =COUNTBLANK(A1:A8) lalu klik enter. Penggunaan rumus ini tidak hanya untuk data berupa angka, tetapi juga untuk data berupa teks. Hasil yang diperoleh seperti gambar di bawah ini.

1688747725 15 Rumus COUNTA COUNTIF COUNTIFS COUNTBLANK

Itulah cara menggunakan rumus excel COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS dan COUNTBLANK. Bagaimana teman-teman, mudah bukan? Demikian penjelasan dari kami. Semoga sedikit penjelasan materi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di penjelasan materi berikutnya. Semoga beruntung.

rumuspintar.com

Comment
Share:

Ad